Faktor dan Cara Menentukan Kapan Kalibrasi Dilakukan

0

Bagi Anda sebagai pengguna alat ukur di perindustrian maupun laboratorium, mungkin Anda sering bertanya-tanya, kapan kalibrasi dilakukan?, apakah setiap bulan, setahun sekali, atau bahkan setiap sepuluh tahun? Jawabannya, tidak ada aturan pasti. Setiap industri memiliki karakteristik dan kebutuhan masing-masing yang mempengaruhi jadwal kalibrasi tersebut. 

Kalibrasi sendiri adalah proses penyetelan atau penyesuaian alat ukur atau alat uji agar dapat memberikan pembacaan yang akurat dan sesuai standar. Kini, mari kita bahas lebih dalam faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi waktu kalibrasi dan bagaimana menentukan kapan kalibrasi dilakukan.

Faktor yang Mempengaruhi Waktu Kalibrasi

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kapan kalibrasi dilakukan pada alat ukur, diantaranya:

  • Waktu Penggunaan Alat
    Semakin sering alat digunakan, maka kebutuhan kalibrasi pun akan semakin sering. Alat yang digunakan secara intensif harus dikalibrasi lebih sering dibandingkan dengan alat yang jarang digunakan. Hal ini karena penggunaan yang intensif bisa mempengaruhi akurasi alat tersebut.
  • Lingkungan Tempat Alat Ukur Digunakan
    Lingkungan penggunaan alat juga mempengaruhi frekuensi kalibrasi. Apabila alat tersebut digunakan di lingkungan yang keras atau dengan suhu dan kelembaban yang berubah-ubah, kalibrasi harus dilakukan lebih sering. Sebab, lingkungan tersebut bisa mempengaruhi akurasi alat ukur.
  • Tingkat Keakuratan yang Dibutuhkan
    Semakin tinggi tingkat akurasi yang dibutuhkan, maka frekuensi kalibrasi pun harus lebih sering. Alat yang digunakan dalam pengukuran yang membutuhkan akurasi yang tinggi, seperti dalam pengukuran laboratorium, harus dikalibrasi secara lebih sering.
  • Standar Industri dan Regulasi Alat Ukur
    Terkadang, standar industri dan regulasi tertentu menetapkan frekuensi kalibrasi alat ukur. Oleh karena itu, perusahaan harus memastikan bahwa alat pengukur yang digunakan memenuhi standar dan regulasi yang berlaku.

Setelah memahami faktor-faktor yang mempengaruhi waktu kalibrasi, selanjutnya kita perlu mengetahui cara menentukan interval atau waktu kalibrasi.

Cara Menentukan Interval Kalibrasi

Menentukan interval atau waktu kalibrasi bukanlah hal yang bisa dilakukan sembarangan. Ada beberapa cara yang bisa dipertimbangkan:

1. Sesuai Kalender

Interval kalibrasi bisa ditentukan berdasarkan waktu kalender, misalnya setiap enam bulan sekali atau setahun sekali. Ini merupakan metode yang umum digunakan dan mudah dipahami oleh banyak orang.

2. Sesuai Waktu

Selain itu, interval kalibrasi juga bisa ditentukan berdasarkan waktu penggunaan, seperti setelah 1000 jam penggunaan atau 5000 jam penggunaan. Ini berguna untuk alat yang digunakan secara intensif.

Setelah mengetahui interval waktu dan kapan kalibrasi dilakukan, mungkin Anda tertarik dalam memahami uji kalibrasi secara lanjutan yang bisa dibaca di artikel berikutnya.

Kesimpulan

Secara keseluruhan pembahasan diatas dapat kita simpulkan bahwa, Mempertahankan keakuratan alat ukur dan uji adalah hal yang penting dalam industri. Salah satu cara untuk memastikan keakuratan ini adalah dengan melakukan kalibrasi secara teratur. 

Namun, menentukan kapan kalibrasi dilakukan bisa berbeda-beda tergantung pada beberapa faktor, seperti frekuensi penggunaan alat, lingkungan tempat alat digunakan, tingkat keakuratan yang dibutuhkan, dan standar industri atau regulasi. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk memahami dan mempertimbangkan faktor-faktor ini dalam menentukan jadwal kalibrasi alat ukur dan uji mereka.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.