Hal-hal yang Harus Ada pada Kartu Kontrol Kalibrasi

0

Dalam kegiatan sehari-hari, terutama yang berkaitan dengan industri dan kesehatan, kalibrasi adalah proses yang sangat penting dan perlu dilakukan secara berkala untuk memastikan kualitas dan keakuratan alat ukur. Dalam proses ini, adanya suatu bentuk laporan atau catatan menjadi hal yang tak kalah pentingnya. Melalui catatan ini dapat dijadikan sebagai patokan atau acuan untuk membantu proses kalibrasi menjadi lebih mudah dilakukan. Nah, disinilah peran dari apa yang disebut sebagai Kartu Kontrol Kalibrasi, untuk penjelasan lebih lanjutnya mari kita simak artikel di bawah ini.

Penjelasan Kartu Kontrol Kalibrasi

Kartu kontrol kalibrasi merupakan salah satu bentuk laporan ataupun catatan yang memiliki fungsi untuk menunjukan proses dan perkembangan kalibrasi. Hal ini dilakukan untuk memenuhi standar dan regulasi kalibrasi yang sudah ditetapkan. Setelah melakukan pelaporan yang disusun secara sistematis, dilakukan juga proses lanjutan untuk memudahkan pengamatan dan pengecekan dengan membuat kartu kontrol kalibrasi, dengan kartu ini maka pelaksana kalibrasi akan terbantu dalam melakukan kalibrasi dengan benar.

Apa Aja Sih Isi dari Kartu Kontrol Kalibrasi?

Lalu, apa saja yang seharusnya ada di dalam Kartu Kontrol Kalibrasi? Berikut ini adalah empat hal penting yang harus Anda perhatikan:

  1. Nama Alat yang Dikalibrasi: Seperti namanya, ini adalah nama dari alat yang akan atau sudah dikalibrasi. Identitas ini penting untuk membedakan alat satu dengan yang lainnya, apalagi jika Anda memiliki berbagai jenis alat ukur yang berbeda.
  2. Tanggal Dilakukannya Kalibrasi: Tanggal ini penting sebagai penanda kapan proses kalibrasi dilakukan. Dengan informasi ini, Anda bisa membuat jadwal untuk proses kalibrasi berikutnya, memastikan bahwa proses ini dilakukan secara berkala sesuai dengan yang dibutuhkan.
  3. Kondisi Alat: Informasi ini memberikan gambaran tentang kualitas alat. Apakah alat dalam kondisi prima atau ada beberapa bagian yang memerlukan perbaikan? Dengan mengetahui kondisi alat, Anda bisa menentukan langkah apa yang harus dilakukan selanjutnya.
  4. Paraf Petugas Pemeriksa: Paraf atau tanda tangan dari petugas pemeriksa menjadi penanda bahwa proses kalibrasi telah dilakukan dengan baik dan memiliki penanggung jawab. Jika ada kesalahan atau masalah, Anda bisa langsung menghubungi petugas tersebut.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Kartu Kontrol Kalibrasi bukan hanya sekedar kartu, melainkan alat penting dalam memastikan proses kalibrasi berjalan dengan baik dan sistematis. Dengan adanya kartu ini, Anda bisa dengan mudah melacak dan memantau kapan dan bagaimana proses kalibrasi dilakukan, serta apa saja yang perlu diperbaiki atau diperhatikan untuk proses selanjutnya.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.