7 Kesalahan Strategi Bisnis Cafe yang Bikin Bangkrut

0

Strategi bisnis cafe yang baik akan membuat cafe ramai. Namun kesalahan strategi dapat menyebabkan cafe bangkrut. Bahkan banyak hutang. Hal tersebut tentu sangat mengerikan dan tidak boleh terjadi.

imagesource : pantau

Sayangnya banyak cafe yang melakukan kesalahan strategi. Menyebabkan jumlah cafe yang bangkrut setiap bulannya sangatlah tinggi. Padahal jumlah anak muda yang butuh tempat nongkrong tidak pernah berkurang.

Kesalahan dalam Strategi Bisnis Cafe yang Kerap Tidak Disadari

Kesalahan strategi kerap kali terjadi karena seseorang salah menerapkan strategi. Namun kesalahan strategi tersebut kerap tidak disadari. Celakanya, kesalahan tersebut kemudian terulang lagi, dan lagi. Berikut adalah daftar kesalahan yang sering dilakukan oleh pebisnis saat membangun dan mengelola usaha cafe:

Kurangnya Perencanaan Bisnis

Tanpa perencanaan yang baik, pebisnis seringkali kehilangan arah dan tidak memahami apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuannya. Termasuk didalamnya tidak ada manajemen risiko untuk mengantisipasi maupun mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Menjual Produk dan Jasa yang Tidak Sesuai

Banyak pebisnis yang membuat kesalahan dengan menjual produk dan jasa yang tidak sesuai dengan target pasar mereka. Misalnya menjual kopi dengan harga terlalu tinggi di area yang lebih banyak anak-anak muda yang belum bekerja.

Kurangnya Promosi dan Pemasaran

Promosi dan pemasaran adalah hal penting untuk membuat bisnis cafe sukses. Tanpa pemasaran yang baik, bisnis cafe tidak akan pernah dikenal oleh target pasar. Sayangnya banyak yang berpikir bahwa membuat banner cafe saja sudah cukup. Banyak juga yang berpikir bahwa promosi itu harus beriklan berbayar dan biayanya besar. Hal ini keliru karena sebenarnya promosi dan pemasaran bisa sangat murah bahkan gratis dengan melakukan digital marketing organik.

Menjual Produk dengan Harga Terlalu Tinggi

Harga terlalu tinggi dapat mengurangi daya tarik produk dan jasa, dan akhirnya menurunkan jumlah pelanggan. Alih-alih menjual dengan harga tinggi, anda sebenarnya bisa mengakali dengan memberikan beberapa jenis makanan yang menarik dan unik sehingga membuat pelanggan membeli lebih banyak setiap kali datang.

Tidak Memperhatikan Keamanan dan Kesehatan Makanan

Keamanan dan kesehatan makanan adalah hal yang sangat penting bagi bisnis cafe. Neglecting ini dapat membahayakan pelanggan dan merusak reputasi bisnis.

Kurangnya Inovasi

Bisnis cafe yang tidak memperkenalkan menu makanan dan minuman baru secara teratur akan ketinggalan jaman dan kalah bersaing dengan bisnis lain. Untuk promosi, anda bisa mengakali dengan memberikan kartu bagi setiap pelanggan. Kartu tersebut jika terkumpul dalam jumlah tertentu dapat ditukar dengan menu terbaru sehingga pelanggan tersebut akan merasa terapresiasi.

Kurangnya Pengelolaan Keuangan

Tanpa pengelolaan keuangan yang baik, bisnis cafe seringkali mengalami kesulitan untuk mengelola pengeluaran dan pendapatan dengan efisien. Mempercayakan keuangan pada orang yang salah dapat berakibat fatal pada bisnis.

Kurangnya Pengawasan dan Pengendalian

Banyak pebisnis cafe yang mengalami kesulitan dalam mengendalikan bisnis mereka karena kurangnya pengawasan dan pengendalian. Maka dari itu, pastikan menempatkan orang terpercaya dalam bisnis. Selain itu, lakukan audit dan penilaian kepada setiap karyawan secara berkala.

Audit dan penilaian harus terdiri dari audit dan penilaian yang anda lakukan sendiri, yang rekan satu divisinya lakukan, dan audit penilaian dari rekan-rekan di divisi lainnya. Dengan cara ini, audit dan penilaian akan lebih adil dan objektif. Teknik ini sudah dilakukan oleh berbagai perusahaan besar.

Berdasarkan hal di atas, maka dapat disimpulkan bahwa untuk menghindari kesalahan strategi pada bisnis cafe pebisnis harus memastikan perencanaan bisnis sudah tepat dan baik, pastikan juga untuk mempromosikan dan memasarkan bisnis dengan baik, memperhatikan keamanan dan kesehatan makanan, dan melakukan pengelolaan keuangan yang baik. Semoga informasi seputar kesalahan strategi bisnis cafe ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.