Simak Langkah-langkah Kalibrasi Sesuai Standar Berikut Ini

0

Kalibrasi alat ukur adalah proses membandingkan pembacaan alat ukur dengan alat yang telah diketahui keakuratannya. Keakuratan suatu alat ukur dapat berubah dari waktu ke waktu. Hal ini dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, seperti kontaminasi, kerusakan, atau penyimpangan alami dari sebuah sensor. Dalam pelaksanaan kalibrasi untuk mencapai hasil yang terpercaya harus mengikuti langkah-langkah kalibrasi yang jelas dan juga sesuai dengan standar.

Perlu Anda garis bawahi, kalibrasi alat ukur setidaknya harus menggunakan jasa kalibrasi yang sudah terpercaya. Hal ini dikarenakan kalibrasi memiliki ilmu pengukuran yang sangat advance sehingga tidak semua bisa melakukannya. Selain itu, tempat dari kalibrasi juga harus ada standarnya sendiri. 

Laboratorium kalibrasi adalah lembaga yang berhak untuk melaksanakan kalibrasi sesuai dengan prosedurnya. Bagaimana cara dari kalibrasi pada umumnya? Mari kita cari tahu di sini!

Kenali Langkah-langkah Kalibrasi Berikut

Pelaksanaan dari kalibrasi alat ukur harus dilakukan di jasa kalibrasi yang sudah mendapatkan akreditasi dari KAN (Komite Akreditasi Nasional). Hal ini memang sangat penting karena akurasi dari alat ukur atau alat uji Anda harus dipertimbangkan secara matang.

Anda harus tahu juga bahwasannya laboratorium kalibrasi ini memiliki tempat kalibrasi yang sudah sesuai dengan standar internasional dan nasional menurut ISO dan juga SNI. Selain itu, pelaksana kalibrasi juga dibekali dengan pengetahuan langkah-langkah kalibrasi sebuah instrumen dengan benar.

Setiap alat ukur memiliki langkah-langkah kalibrasi yang berbeda. Akan tetapi, secara garis besar, langkah-langkahnya ditunjukkan dengan urutan dan juga penjelasan di bawah ini.

Persiapan Kalibrasi

Prosedur kalibrasi yang pertama adalah dengan melakukan persiapan kalibrasi. Persiapan kalibrasi ini adalah dengan mempersiapkan alat ukur yang akan dikalibrasikan dan juga dengan standar acuan yang sesuai.

Persiapan ini juga memerlukan adanya pelaksana kalibrasi yang sudah bersertifikat serta metode dan juga rentang ukur yang sesuai dengan instrumen yang akan dikalibrasikan.

Pelaksanaan Kalibrasi dan Pengamatan

Setelah semua sudah siap, saatnya untuk melaksanakan kalibrasi. Yang pertama adalah dengan melakukan pengamatan pada alat ukur. Pengamatan ini dilaksanakan dengan seksama untuk alat ukur terhadap standar acuannya. 

Pengukurannya disesuaikan dengan rentang ukur setiap alat ukur yang semuanya berbeda-beda dan memang sudah disesuaikan dengan standar yang berlaku. 

Perhitungan Data Kalibrasi

Hasil penghitungan tersebut akhirnya akan dianalisis, diamati, dan juga diteliti. Perhitungan data kalibrasi ini perlu dicatat agar tahu apakah ada pengukuran yang berbeda dengan standar acuannya atau tidak.

Penyimpangan nilai alat ukur dengan standar acuan disebut dengan deviasi. Deviasi inilah yang menentukan alat ukur perlu dilakukan pembenaran hasil pengukuran atau tidak.

Penentuan Nilai Ketidakpastian Kalibrasi

Setelah nilai deviasi sudah tidak ada atau setidaknya alat ukur mencapai pengukuran dengan batas yang bisa diterima selanjutnya dilakukan penentuan nilai ketidakpastian kalibrasi. Penentuan nilai ketidakpastian ini meliputi seperti suhu ruangan, kelembapan ruangan, kondisi dari alat ukur, dan masih banyak lagi.

Pembuatan Laporan Hasil Kalibrasi

Buat laporan dari dokumentasi kalibrasi yang sudah dilakukan. Laporan hasil kalibrasi instrumen ini akan sangat berguna untuk selanjutnya dibuatkan sertifikat kalibrasi alat ukur.

Pada sertifikat kalibrasi tersebut, nantinya Anda akan mengetahui jadwal selanjutnya alat ukur Anda akan dilaksanakan kalibrasi kembali. Setiap instrumen memiliki interval kalibrasi yang berbeda-beda.

Kesimpulan

Pelaksanaan kalibrasi alat ukur akan sangat penting mengikuti langkah-langkah kalibrasi yang sesuai dengan prosedurnya dan juga standarnya. Selama mengikuti langkah-langkah tersebut, maka proses kalibrasi akan berjalan dengan lancar dan juga menghasilkan laporan hasil kalibrasi yang akurat serta dapat dipertanggung jawabkan. Simak juga penjelasan mengenai pentingnya kalibrasi di berbagai sektor, agar industri Anda semakin naik kualitas serta performanya!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.