Penjelasan Limbah B3 Infeksi, Contoh dan Penanganannya

0

Jika berbicara tentang limbah B3 infeksius, kebanyakan di dalam jenis atau kriteria limbah B3 ini banyak sekali yang terdapat pada sektor medis. Limbah medis padat yang sudah terkontaminasi organisme patogen yang tidak secara rutin ada di lingkungan, dan organisme tersebut dalam jumlah dan virulensi yang cukup menularkan penyakit pada manusia yang rentan.

Limbah B3 infeksi memang sangat berbahaya jika dibiarkan begitu saja. Penyebabnya adalah kebanyakan dari limbah B3 infeksi ini merupakan limbah yang sudah dipakai untuk menangani pasien yang sakit. Jadi, bisa diindikasikan jika limbah jenis ini memiliki sarang penyakit yang bisa berbahaya bagi manusia.

Maka dari itu, perlu adanya penanganan yang tepat untuk membuat limbah B3 infeksi ini tidak membuat manusia atau lingkungan tercemar atau terkontaminasi virus dan juga bakteri.

Penjelasan Limbah B3 Infeksi

Barang buangan yang dapat menyebabkan tusukan atau luka dan yang telah digunakan dalam perawatan atau pengobatan pasien hewan atau manusia, atau di apotek atau laboratorium medis, penelitian atau industri, termasuk ke dalam limbah B3 infeksi. Namun tidak terbatas pada, jarum suntik, jarum suntik dengan jarum terpasang, pisau bedah, lanset dan pecahan kaca yang bisa membawa virus dan juga bakteri yang berbahaya bagi manusia atau makhluk hidup yang terkontaminasi.

Bagi sebagian besar sektor seperti rumah sakit ataupun puskesmas memiliki regulasinya tersendiri untuk mengelola limbah B3. Ini memang sudah sangat jelas, bagaimanapun juga limbah B3 infeksi tidak harus dibuang secara sembarangan.

Bayangkan saja Anda membuang jarum suntik yang bekas pengidap penyakit menular seperti TBC, dan tidak sengaja jarum suntik tersebut diinjak oleh pencari barang daur ulang, itu bisa berakibat fatal dan dia bisa terinfeksi TBC juga.

Contoh Limbah B3 Infeksi dan Penanganannya

Limbah medis dianggap berpotensi menyebabkan penyakit menular jika terkontaminasi oleh organisme yang mungkin bersifat patogen bagi manusia yang sehat. Hal ini berlaku jika organisme tersebut tidak umum dan bebas ditemukan di lingkungan sekitar, serta memiliki kemampuan yang signifikan untuk hadir dalam jumlah yang cukup dan memiliki tingkat keganasan yang memadai untuk menyebabkan penularan penyakit.

Ada beberapa contoh limbah B3 infeksi serta penanganannya yang tepat, di antaranya:

  • Limbah yang timbul akibat perawatan pasien yang memerlukan isolasi penyakit menular atau perawatan intensif, serta limbah laboratorium yang terkait.
  • Limbah yang mencakup benda-benda tajam seperti jarum suntik, peralatan intravena, pipet pasteur, dan pecahan kaca.
  • Limbah patologi yang meliputi sisa-sisa jaringan tubuh yang dihasilkan dari prosedur bedah atau otopsi.
  • Limbah yang dihasilkan dari pembiakan dan penyimpanan bahan infeksius, organisme hewan percobaan, serta bahan lain yang telah diinokulasi, terinfeksi, atau berkontak dengan bahan yang sangat berpotensi menular.
  • Limbah sitotoksik, yaitu limbah yang berasal dari bahan yang terkontaminasi selama persiapan dan pemberian obat sitotoksik untuk kemoterapi kanker yang memiliki kemampuan untuk membunuh atau menghambat pertumbuhan sel hidup.

Untuk penanganannya, semua limbah yang bersifat infeksius tersebut tidak bisa dibuang secara sembarangan di TPA (Tempat Pembuangan Akhir). Harus ada petugas yang mengangkut secara khusus limbah B3 infeksius tersebut menggunakan APD lengkap agar tidak tertular. Penimbunan biasanya akan dilakukan untuk limbah B3 infeksi.

Simbol Limbah B3 Infeksi

Jika Anda melihat simbol di atas untuk berbagai B3 infeksi, Anda seharusnya sudah paham untuk tidak memegangnya secara langsung menggunakan tangan kosong. 

Dengan background warna putih dan juga bentuk segi lima di bawahnya menandakan jika limbah B3 infeksius ini memang sangat berbahaya.

Kesimpulan

Bagaimana? Anda sudah paham tentang limbah B3 infeksi? Jika Anda sudah paham bagaimana bahayanya dan juga penanganannya, sekarang adalah giliran Anda untuk lebih bijak lagi dalam pengelolaan dari limbah B3 infeksi agar tidak menimbulkan hal yang tidak diinginkan.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.