Inilah 6 Manfaat Sertifikasi Kalibrasi

0

Sertifikat kalibrasi adalah dokumen yang Anda dapatkan bersama dengan instrumen yang Anda kirimkan untuk kalibrasi. Kalibrasi adalah proses membandingkan akurasi instrumen dengan standar terbukti yang diketahui. Kalibrasi sangat penting dalam berbagai industri yang menggunakan alat ukur. Beberapa sistem manajemen mutu memiliki aturan saat perangkat memerlukan kalibrasi.

Oleh karena itu, sertifikat kalibrasi adalah pernyataan hasil kalibrasi. Detail pada sertifikat kalibrasi bervariasi tergantung pada fasilitas kalibrasi.

Setiap Anda ingin memilih jasa kalibrasi, pastikan Anda memilih yang memiliki hak untuk mengeluarkan sertifikat kalibrasi untuk alat ukur Anda. Selain itu, sertifikasi pada laboratorium kalibrasi juga harus Anda perhatikan. Bagi pengelola laboratorium kalibrasi, ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari sertifikasi kalibrasi, apa saja itu? 

Menjamin Alat Ukur Layak Digunakan

Yang pertama adalah adanya jaminan alat ukur yang layak digunakan. Laboratorium kalibrasi yang memiliki sertifikasi kalibrasi tentu saja akan membuat jaminan alat ukur yang digunakan untuk melaksanakan kalibrasi. 

Selain itu, tentu saja ketika melaksanakan kalibrasi, hasil dari alat ukur yang sudah dikalibrasi ini jika memang hasilnya masih layak untuk digunakan kembali, hasil tersebut masih bisa dipertanggung jawabkan oleh konsumen.

Kredibilitas Laboratorium Terjaga

Karena sertifikasi ini berguna untuk performa dari laboratorium, sertifikat kalibrasi disiapkan oleh laboratorium bersertifikasi ISO yang melakukan kalibrasi untuk menunjukkan bahwa perangkat telah dikalibrasi dengan standar yang ditentukan pengguna dan diuji akurasinya. 

Dengan hal tersebut, tentu saja kredibilitas dari laboratorium bisa terjaga dengan baik. Dari ruang kalibrasi, pelaksana kalibrasi, dan juga semua mitra yang sudah mendapatkan sertifikasi akan meningkatkan kredibilitas dari laboratorium kalibrasi.

Memudahkan Kerjasama Antar Laboratorium

Adanya sertifikat kalibrasi ini juga bisa memudahkan kerjasama antar laboratorium. Kerjasama yang dibuat ini akan bisa memberikan standar kompetensi baru dan juga bisa memberikan sharing metode kalibrasi yang benar antara satu metode dengan lainnya.

Standar kompetensi yang tinggi tentu saja akan berimbas kepada kepercayaan konsumen kepada laboratorium kalibrasi.

Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Mengantongi sertifikat kalibrasi memiliki manfaat yang signifikan, tidak hanya bagi penyedia jasa kalibrasi, tetapi juga bagi konsumen yang menggunakan alat ukur yang dikalibrasi. Pertama, sertifikat kalibrasi dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap akurasi dan keandalan alat ukur yang mereka gunakan. 

Dengan sertifikat kalibrasi yang sah, konsumen dapat yakin bahwa alat ukur tersebut telah diuji dan dikalibrasi sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Sebagai Perbandingan Antar Laboratorium Lain

Selain itu, sertifikat kalibrasi juga berguna sebagai perbandingan antara laboratorium kalibrasi yang berbeda. Konsumen dapat membandingkan kualitas kalibrasi yang ditawarkan oleh beberapa laboratorium sebelum memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. 

Sertifikat kalibrasi menjadi indikator penting dalam menilai keandalan dan keunggulan suatu laboratorium dalam menyediakan layanan kalibrasi yang berkualitas.

Sebagai Tempat Mengembangkan Keterampilan Personil Kalibrasi

Dan terakhir untuk manfaat sertifikasi kalibrasi, ini juga berperan sebagai alat untuk mengembangkan keterampilan personil yang terlibat dalam proses kalibrasi. Dalam rangka mempertahankan sertifikat kalibrasi, personil kalibrasi harus terus meningkatkan kompetensinya, mengikuti perkembangan teknologi, dan memahami standar-standar terbaru.

Hal ini memastikan bahwa personil yang terlibat dalam kalibrasi memiliki kualifikasi yang memadai dan dapat memberikan hasil kalibrasi yang akurat dan andal.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.