Penjelasan Seputar Masa Berlaku Sertifikat Kalibrasi

0

Tahukah Anda bahwa setiap sertifikat kalibrasi memiliki masa berlakunya? Kenapa harus diberi masa berlaku? Dan apa saja yang mempengaruhi masa berlaku sertifikat ini?. Pada dasarnya sertifikat kalibrasi sendiri digunakan sebagai mata rantai yang dapat menghubungkan suatu alat ukur dengan standar kalibrasinya. Sehingga secara mata rantai alat ukur akan tetap selalu terhubung dengan standar yang lebih tinggi dan mengetahui seberapa akurat dan ketidakpastian pada alat ukur tersebut. Nah mari kita lanjutkan pembahasan tentang masa berlaku sertifikat kalibrasi di artikel ini.

Apa Sih Masa Berlaku Sertifikat Kalibrasi Itu?

Masa berlaku sertifikat kalibrasi adalah periode waktu dimana sertifikat kalibrasi dianggap masih valid atau berlaku. Periode ini biasanya ditentukan berdasarkan berbagai faktor dan beragam persyaratan. Sertifikat ini penting karena memastikan bahwa alat ukur yang digunakan masih berfungsi secara akurat dan sesuai standar yang telah ditentukan.

Apa Saja Faktor Penentu Masa Berlakunya?

Beberapa faktor yang menentukan masa berlaku sertifikat kalibrasi antara lain:

  • Rekomendasi Pembuat Alat: Pembuat alat seringkali memberikan rekomendasi tentang kapan alat tersebut harus dikalibrasi kembali.
  • Beban Kerja Alat: Alat yang digunakan secara intensif mungkin memerlukan kalibrasi lebih sering daripada alat yang jarang digunakan.
  • Cara Pemakaian Alat: Bagaimana alat tersebut digunakan juga dapat mempengaruhi masa berlaku sertifikat kalibrasi. Misalnya, alat yang digunakan dengan cara yang tidak tepat mungkin perlu dikalibrasi lebih sering.
  • Kondisi Lingkungan Pemakaian: Lingkungan tempat alat digunakan juga dapat mempengaruhi masa berlaku sertifikat kalibrasi. Misalnya, alat yang digunakan dalam lingkungan dengan suhu atau kelembaban ekstrim mungkin perlu dikalibrasi lebih sering.
  • Rancangan Pemeliharaan terhadap Alat: Pemeliharaan yang baik terhadap alat dapat memperpanjang masa berlaku sertifikat kalibrasi.
  • Tujuan Penggunaan: Tujuan penggunaan alat juga dapat mempengaruhi masa berlaku sertifikat kalibrasi. Misalnya, alat yang digunakan untuk tujuan yang memerlukan tingkat akurasi yang sangat tinggi mungkin perlu dikalibrasi lebih sering.

Tujuan Diberlakukannya Masa Berlaku Sertifikat Kalibrasi 

Adapun tujuan dari diberlakukannya masa berlaku sertifikat kalibrasi adalah:

  • Menjamin Akurasi Sesuai Standar: Kalibrasi memastikan bahwa alat ukur berfungsi dengan akurasi yang telah ditentukan oleh standar.
  • Menjaga Kualitas Alat: Kalibrasi membantu menjaga kualitas alat ukur, sehingga dapat berfungsi dengan baik dan akurat selama masa pemakaian.
  • Informasi Alat Selalu Diperbarui: Dengan melakukan kalibrasi secara teratur, informasi tentang kondisi dan performa alat ukur selalu diperbarui.

Cara Menentukan Masa Berlaku Sertifikat Kalibrasi

Masa berlaku sertifikat kalibrasi biasanya ditentukan berdasarkan beberapa cara, antara lain:

  1. Bisa menggunakan masa berlaku kalender, misalnya 6 bulan sekali, atau bisa 1 tahun sekali.
  2. Bisa menggunakan waktu pemakaian alat ukur, misalnya setelah pemakaian 1000 jam pakai, atau 5000 jam pakai.
  3. Bisa juga menggunakan kedua cara diatas, misalnya 6 bulan atau 1000 jam pakai, tergantung mana yang lebih dulu tercapai.

Kesimpulan

Pada dasarnya, Masa berlaku sertifikat kalibrasi adalah aspek penting dalam penggunaan alat ukur. Masa berlaku ini ditentukan berdasarkan berbagai faktor dan tujuannya adalah untuk memastikan bahwa alat ukur berfungsi dengan baik dan akurat. Selain itu, kalibrasi juga membantu menjaga kualitas alat dan memastikan informasi tentang kondisi dan performa alat selalu diperbarui. Perlu untuk diketahui, selain lab yang membutuhkan sertifikat kalibrasi, tenaga ahli juga membutuhkan sertifikasi kalibrasi. Simak penjelasan mengenai sertifikasi kalibrasi pada halaman berikut ini: Penjelasan, Jenis, dan Manfaat Dari Sertifikasi Kalibrasi

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.