Tips Jika Mau Mengambil Peluang Bisnis Supplier Restoran

0

Peluang bisnis suplier restoran sebenarnya sangat menjanjikan. Apalagi jika sudah mendapatkan beberapa pelanggan setia. Tingkat persaingan bisnis ini juga ternyata tidak terlalu tinggi.

peluang bisnis supplier restoran
imagesource : darta

Suplier restoran adalah perusahaan atau individu yang menyediakan bahan baku atau barang-barang yang dibutuhkan oleh sebuah restoran. Dalam hal ini termasuk bahan-bahan makanan seperti:

  • Daging
  • Sayuran
  • Bahan-bahan baku
  • Peralatan masak, dan
  • Peralatan dapur lainnya.

Suplier restoran juga dapat menyediakan layanan seperti pengiriman dan pengepakan. Pada intinya suplier restoran berperan penting dalam memastikan bahwa restoran dapat terus beroperasi dengan lancar.

Peluang Bisnis Supplier Restoran di Indonesia

Peluang menjadi supplier restoran di Indonesia cukup baik karena ada banyak restoran di Indonesia. Baik itu restoran mewah, restoran di dalam hotel, kantin di sekolah, hingga warung makan pinggir jalan. Namun, persaingan dalam industri ini juga cukup ketat karena ada banyak perusahaan atau individu yang juga berlomba-lomba untuk menjadi supplier restoran. Untungnya, berdasarkan penelitian, ternyata masih sangat banyak restoran yang belum mendapatkan suplier restoran yang tepat.

Untuk membuat diri Anda lebih menonjol di antara pesaing, anda harus memastikan bahwa anda menyediakan bahan-bahan yang berkualitas tinggi dan harga yang kompetitif. Selain itu, anda juga harus memperhatikan layanan purna jual, seperti pengiriman yang tepat waktu dan dukungan teknis yang baik.

Anda juga harus mencari cara untuk membuat diri Anda dikenal oleh restoran-restoran di sekitar, misalnya dengan mengikuti pameran atau acara-acara yang berhubungan dengan industri restoran, atau dengan menawarkan promosi atau diskon kepada restoran-restoran yang baru. Serta pastikan anda memahami regulasi yang berlaku di bidang ini, seperti persyaratan legal, sertifikasi, standar kualitas, dan persyaratan legal lainnya.

Tips Menjadi Suplier Restoran

Menjadi suplier restoran maka anda harus memiliki nilai lebih jika dibandingkan dengan restoran mencari sendiri kebutuhannya. Adapun beberapa nilai lebih yang bisa anda coba tawarkan kepada pelanggan antara lain:

  • Cari Masalah Restoran di Sekitar Anda
    Sebelum memilih jenis produk atau jasa ke restoran-restoran, ada baiknya lakukan survey lebih dahulu apa yang banyak restoran sekitar anda butuhkan. Misalnya bahan baku makanan tertentu dengan harga murah, atau bahan baku makanan tertentu dengan kualitas yang lebih baik.
  • Cari Tahu Suplier Restoran di Sekitar Anda
    Mencoba mengambil peluang bisnis supplier restoran harus terlebih dahulu tahu siapa saja pemain di bisnis ini. Terutama mereka yang ada di sekitar anda. Jangan jadikan mereka sebagai saingan namun sebagai rekanan dan jika memungkinkan cari tahu apa saja kelebihan dan kekurangan mereka sehingga anda bisa menjadi lebih baik dari mereka.
  • Jangan Perang Harga
    Kesalahan terbesar bisnis supplier restoran adalah perang harga. Padahal daripada perang harga anda bisa memberikan penawaran lebih kepada restoran. Misalnya jaminan pengiriman tepat waktu, ataupun jaminan kualitas barang.
  • Cari Kelebihan yang Bisa Bisnis Anda Tawarkan
    Anda tidak bisa menawarkan produk dan jasa ke restoran-restoran jika tidak tahu apa kelebihan barang dan jasa yang anda tawarkan. Pastikan anda membriefing sales dengan apa saja kelebihan produk dan jasa anda. Namun pastikan kelebihan tersebut memang nyata, bukan klaim yang dapat menyebabkan masalah suatu hari nanti.
  • Mulai Atur Legalitas
    Banyak restoran yang ingin menjalin kerjasama dengan supplier hanya jika supplier memiliki legalitas dan bisa memberikan faktur pajak. Oleh sebab itu, siapkan legalitas sehingga bisnis anda bisa masuk ke berbagai jenis restoran dengan mudah.

Itulah beberapa hal seputar peluang bisnis supplier restoran di Indonesia. Ralali saat ini membuka peluang bagi suplier restoran untuk dapat menjadi suplier bagi restoran – restoran yang menjadi partner ralali. info lebih lanjut kamu bisa klik di sini.

Semoga informasi ini bisa membantu anda untuk mau mencoba menjadi supplier restoran. Terimakasih.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.