Cara Kalibrasi Thermometer Infra Merah dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Thermometer Infra Merah Terpercaya

0

Thermometer infra merah merupakan alat ukur yang biasa digunakan untuk mengukur suhu tubuh secara digital dengan mendeteksi temperatur secara optic kemudian digambarkan dalam bentuk suhu. Sebagaimana thermometer dan alat ukur lain, keakuratan thermometer infra merah harus terus dijaga.

Oleh karena itu, thermometer infra merah harus dikalibrasi secara berkala. Kalibrasi thermometer infra merah juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan melainkan harus sesuai dengan standar acuan, metode, dan cara kalibrasi yang telah ditentukan. Lalu, bagaimana standar acuan, metode, dan cara kalibrasi thermometer infra merah yang tepat? mari kita bahas!

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Thermometer Infra Merah

Standar acuan, metode, dan cara kalibrasi thermometer infra merah sangat berpengaruh terhadap hasil kalibrasinya. Untuk mendapat hasil kalibrasi yang akurat dan terakreditasi, kalibrasi thermometer infra merah harus menggunakan standar acuan, metode, dan cara kalibrasi yang tepat. Berikut ini adalah penjelasan mengenai standar acuan, metode, dan cara kalibrasi thermometer inframerah yang tepat:

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Thermometer Infra Merah

Kalibrasi thermometer inframerah harus menggunakan standar acuan dan metode kalibrasi yang sesuai dengan dokumen Komite Akreditasi NAsional (KAN). Berdasarkan dokumen KAN standar acuan thermometer inframerah meliputi rentang ukur dan nilai ketidakpastian. Rentang ukur thermometer infra merah berdasarkan dokumen KAN mulai dari 50°C hingga 500°C dengan nilai ketidakpastian 2.1°C, 2.7°C, dan 2.8°C. Metode yang digunakan untuk kalibrasi thermometer infra merah adalah metode ASTM E 2847-21.

Prosedur Cara Kalibrasi Thermometer Infra Merah

Cara kalibrasi thermometer infra merah terdiri atas beberapa tahap, yaitu tahap persiapan kalibrasi, pelaksanaan kalibrasi, perhitungan data kalibrasi, penentuan ketidakpastian kalibrasi, serta penerbitan dan pembuatan laporan hasil kalibrasi.

Persiapan kalibrasi dilakukan dengan mempersiapkan thermometer infra merah yang akan dikalibrasi dan peralatan yang digunakan untuk melakukan kalibrasi. Kemudian, pelaksanaan kalibrasi harus dilaksanakan oleh teknisi kalibrasi yang kompeten.

Setelah kalibrasi dilaksanakan, data hasil kalibrasi dihitung dengan objektif. Lalu, ketidakpastian kalibrasi ditentukan. Setelah penentuan ketidakpastian kalibrasi, laporan hasil kalibrasi thermometer infra merah dapat dibuat dan diterbitkan. Pembuatan laporan hasil kalibrasi thermometer infra merah harus mengacu pada SNI 19-17025.

Frekuensi Kalibrasi untuk Thermometer Infra Merah

Frekuensi kalibrasi untuk thermometer infra merah artinya jarak waktu yang diperlukan untuk melaksanakan kalibrasi thermometer infra merah selanjutnya yang dihitung sejak kalibrasi terakhir. Frekuensi kalibrasi thermometer infra merah tidak boleh ditentukan dengan sembarangan. Oleh karena itu, kami menyarankan untuk melakukan konsultasi mengenai frekuensi kalibrasi thermometer infra merah pada jasa kalibrasi yang terakreditasi dan berkualitas.

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Kalibrasi dapat dilakukan secara individu atau dengan menggunakan jasa kalibrasi. Namun, pelaku kalibrasi secara indivisu harus memiliki pemahaman kalibrasi yang cukup agar kalibrasi dilakukan ssuai standar. Meskipun begitu, kalibrasi dengan menggunakan jasa kalibrasi memiliki banyak keuntungan, yaitu sebagai berikut:

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Dengan menggunakan jasa kalibrasi, kalibrasi akan dilakukan sesuai dengan standar yang berlaku dan telah tertelusur pada standar nasional maupun internasional. Hasil kalibrasi yang tertelusur dan sesuai standar akan diterima dan dapat digunakan di berbagai tempat.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Jasa kalibrasi dapat memberikan bukti sertifikat kalibrasi yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kepercayaan terhadap hasil pengukuran yang dikeluarkan oleh alat ukur yang telah dikalibrasi. Selain itu, bukti sertifikat kalibrasi juga memiliki berbagai manfaat lain yang sangat menguntungkan.

Layanan Jasa Kalibrasi Thermometer Infra Merah Terakreditasi KAN

Pada artikel kali ini, kami akan merekomendasikan jasa kalibrasi thermometer infraerah yang telah terakreditasi KAN dan berkualitas yaitu dari kalibrasi.com. Kalibrasi.com menyediakan berbagai layanan yang sangat menarik. Layanan kalibrasi.com adalah sebagai berikut:

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Thermometer Infra Merah di Kalibrasi.com

Kalibrasi.com menyediakan berbagai ruang lingkup kalibrasi termasuk ruang lingkup untuk kalibrasi thermometer infra merah. Luasnya ruang lingkup kalibrasi menandakan kalibrasi.com memiliki pengetahuan yang luas mengenai aspek kalibrasi sehingga dapat dipercaya.

Kelebihan Jasa Kalibrasi Thermometer Infra Merah dari Kalibrasi.com

Kalibrasi.com sebagai penyedia jasa kalibrasi thermometer inframerah yang terakreditasi memiliki banyak kelebihan. Klebihan kalibrasi.com antara lain adalah menggunakan standar acuan yang jelas, opsi pembayaran fleksibel, metode sesuai standar, prosedur yang jelas, dan layanan logistik yang dapat diandalkan.

Oleh karena itu, jika Anda berminat untuk menggunakan jasa kalibrasi dari kalibrasi.com, Anda dapat menghubungi kalibrasi.com dan mengajukan permintaan kalibrasi dengan cara mengisi form yang telah disediakan berikut ini.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.