Metode Kalibrasi : Penjelasan dan Jenis Metode yang Digunakan Secara Umum

0

Kalibrasi atau standardisasi menentukan hubungan antara respon analitik dari instrumen dan konsentrasi analit. Hubungan ini kemudian memungkinkan untuk menentukan konsentrasi analit dalam sampel yang tidak diketahui. Ada beberapa metode kalibrasi. Kalibrasi merupakan bagian integral dari kontrol kualitas dan jaminan kualitas. Ini menjamin bahwa instrumen dan atau metode bekerja dengan baik dan sesuai harapan.

Melaksanakan kalibrasi memang sangat penting untuk menggunakan metode yang tepat. Setiap ruang lingkup kalibrasi alat ukur memiliki metode kalibrasi yang berbeda, bahkan satu alat ukur memiliki lebih dari satu metode. Itu merupakan tugas dari pelaksana kalibrasi agar bisa menentukan mana metode yang paling efektif dan juga paling akurat. Apa saja yang perlu Anda ketahui tentang metode kalibrasi?

Penjelasan Metode Kalibrasi

Metode kalibrasi merupakan sebuah cara yang akan dilakukan oleh pelaksana kalibrasi untuk bisa melaksanakan kalibrasi alat ukur dengan baik dan benar. Setiap alat ukur memiliki metode kalibrasi yang berbeda-beda. Perlu juga adanya validasi metode kalibrasi agar bisa tahu bahwa metode kalibrasi yang digunakan sudah tepat atau belum.

Metode kalibrasi terkait khususnya dengan analisis kuantitatif merupakan aspek kritis dalam praktek analitik. Berbagai pendekatan telah dikembangkan dan digunakan secara luas untuk memastikan keakuratan hasil pengukuran.

Jenis-jenis Metode Kalibrasi Paling Umum Digunakan

Metode kalibrasi terkait khususnya dengan analisis kuantitatif merupakan aspek kritis dalam praktek analitik. Berbagai pendekatan telah dikembangkan dan digunakan secara luas untuk memastikan keakuratan hasil pengukuran. Beberapa metode yang umum digunakan adalah metode standar eksternal (atau dikenal sebagai metode kurva kalibrasi), metode penambahan standar, dan metode standar internal.

Apa saja penjelasan dari jenis-jenis metode kalibrasi yang sudah disebutkan di atas tadi?

Metode Kurva Kalibrasi

Metode standar eksternal, juga dikenal sebagai metode kurva kalibrasi, melibatkan pembuatan kurva kalibrasi dengan menggunakan standar eksternal dengan konsentrasi yang diketahui. Dalam metode ini, hubungan antara konsentrasi standar dan respons analitik ditentukan untuk menghitung konsentrasi sampel yang tidak diketahui.

Metode Penambahan Standar

Untuk metode penambahan standar, melibatkan penambahan jumlah standar yang diketahui secara bertahap ke dalam sampel yang akan diuji. Dengan mengukur respons analitik setiap kali standar ditambahkan, konsentrasi sampel dapat dihitung berdasarkan perubahan respons yang terjadi.

Metode Standar Internal

Sementara itu, metode standar internal menggunakan standar internal yang telah diketahui konsentrasinya sebagai referensi. Standar internal ditambahkan ke dalam sampel dan digunakan untuk mengoreksi perbedaan dalam kondisi analisis yang mungkin mempengaruhi respons analitik.

Kesimpulan

Pemilihan metode kalibrasi yang tepat sangat penting untuk memastikan akurasi dan keandalan hasil analisis kuantitatif. Penggunaan metode kalibrasi yang tepat akan memberikan hasil yang lebih akurat dan dapat diandalkan dalam berbagai aplikasi analitik.

Dengan adanya metode kalibrasi yang tepat, pelaksanaan dari kalibrasi alat ukur bisa dilaksanakan dengan hasil yang optimal dan juga bisa dipercaya oleh semua pihak untuk alat ukur yang sudah dilakukan kalibrasi.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.