Panduan Analisa Proses Bisnis Hotel Secara Sistematis

0

Analisa proses bisnis hotel merupakan salah satu cara untuk mengevaluasi kinerja dan efisiensi dari setiap proses yang ada di hotel. Dengan menganalisa proses bisnis, hotel dapat mengetahui bagian-bagian yang perlu diperbaiki dan dioptimalkan sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada tamu.

analisa proses bisnis hotel
imagesource : hrs

Melakukan analisa proses bisnis juga dapat membantu hotel dalam mengurangi biaya operasional. Hotel dapat mengidentifikasi proses yang tidak efisien dan mencari cara untuk mengoptimalkan proses tersebut sehingga dapat mengurangi biaya operasional tanpa mengurangi kualitas pelayanan yang diberikan kepada tamu.

Ada 3 hal yang perlu dipahami dalam suatu analisa proses bisnis hotel, yaitu:

  • Analisa sebelum memulai bisnis hotel
  • Proses dan prosedur bisnis hotel
  • Analisa proses bisnis hotel yang sedang berjalan

Tanpa perlu berlama-lama, yuk simak kesemua analisa tersebut.

Hal yang Perlu Dianalisa Sebelum Memulai Bisnis Hotel

Melakukan analisis sebelum memulai bisnis hotel sangatlah penting karena akan memberikan informasi yang diperlukan untuk membuat keputusan. Selain itu, analisa akan membantu mengidentifikasi peluang dan risiko dalam bisnis yang akan diambil.

Beberapa analisa yang perlu diperhatikan dalam proses bisnis hotel antara lain:

Pasar

Analisis pasar akan membantu menentukan lokasi yang tepat, target pasar, dan kebutuhan pasar yang harus dipenuhi oleh hotel.

Pesaing

Analisis pesaing akan membantu menentukan posisi kompetitif hotel dan strategi untuk meningkatkan daya saing.

Kebutuhan Modal

Analisis kebutuhan modal akan membantu menentukan dana yang diperlukan untuk memulai bisnis dan sumber dana yang tersedia.

Proyeksi Pendapatan

Analisis proyeksi pendapatan akan membantu menentukan jumlah tamu yang diharapkan dan pendapatan yang diharapkan dari hotel.

Risiko

Analisis risiko akan membantu mengidentifikasi potensi risiko yang mungkin terjadi dan mengambil tindakan untuk mengurangi risiko tersebut.

Semua informasi yang diperoleh dari analisis ini akan membantu dalam perencanaan bisnis. Tingkat keberhasilan dari bisnis hotel juga akan meningkat jika semuanya telah dianalisa dengan baik..

Proses dan Prosedur Bisnis Hotel

Analisa bukan hanya soal mencari informasi dan memperhitungkan semuanya berdasarkan informasi yang telah didapat. Analisa harus dibarengi dengan persiapan untuk proses-proses selanjutnya.

Proses bisnis hotel ini meliputi beberapa tahap yang terdiri:

Pembuatan Rencana Bisnis

Meliputi analisis pasar, perencanaan strategis, dan pengembangan rencana operasional. Pembuatan desain dan konstruksi: meliputi desain arsitektur, interior, dan teknis hotel.

Pembelian Peralatan dan Perlengkapan

Meliputi pembelian peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk operasional hotel. Juga detail barang-barang untuk mendukung keamanan.

Rekrutmen dan Pelatihan Staf

Meliputi rekrutmen dan pelatihan staf yang diperlukan untuk operasional hotel. Prosedur penerimaan dan pelatihan. Serta detail KPI kerja untuk setiap staf.

Prosedur Operasional Hotel

Meliputi prosedur penerimaan tamu, reservasi, pembayaran, dan layanan lainnya yang ditawarkan hotel.

Pemasaran dan Promosi

Meliputi berbagai aktivitas pemasaran dan promosi untuk meningkatkan jumlah tamu dan pendapatan hotel.

Pemeliharaan dan Perbaikan

Meliputi pemeliharaan dan perbaikan fisik hotel serta peralatan dan perlengkapan yang digunakan.

Penilaian Kinerja

Meliputi evaluasi kinerja hotel dan tindakan perbaikan yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas layanan dan kinerja hotel.

Setelah semua proses tersebut telah berjalan maka langkah selanjutnya adalah analisa proses bisnis hotel. Tahap ketiga akan sangat penting karena akan mempengaruhi kelangsungan usaha perhotelan yang sedang dijalankan.

Melakukan Analisa Proses Bisnis Hotel

Tahap yang sangat penting bagi para pengusaha hotel. Terutama bagi yang merasa bisnis hotelnya seperti jalan ditempat. Dalam analisa proses bisnis hotel untuk pengembangan bisnis, beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain:

Identifikasi Proses

Melakukan identifikasi proses yang ada di hotel, termasuk proses front office, housekeeping, dan lainnya.

Pengukuran Kinerja

Menganalisa kinerja proses yang ada di hotel, termasuk waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses, tingkat kepuasan tamu, dan lainnya.

Identifikasi Masalah

Mencari dan mengidentifikasi masalah yang ada dalam proses bisnis hotel, termasuk kendala yang dihadapi oleh staf dan tamu.

Optimisasi Proses

Mencari cara untuk mengoptimalkan proses bisnis hotel agar lebih efisien dan meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada tamu.

Analisa Biaya

Menganalisa biaya yang dikeluarkan untuk setiap proses bisnis hotel dan mencari cara untuk mengurangi biaya operasional tanpa mengurangi kualitas pelayanan.

Implementasi Perbaikan

Melakukan perbaikan yang diperlukan setelah melakukan analisa proses bisnis hotel.

Monitoring dan Evaluasi

Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap perbaikan yang telah dilakukan untuk mengevaluasi efektivitas perbaikan dan menentukan tindak lanjut yang diperlukan.

Demikianlah panduan singkat mengenai analisa proses bisnis hotel yang perlu kita ketahui bersama. Semoga dapat bermanfaat sehingga kita bisa membuka lebih banyak kesempatan kerja dan menjadi berkah untuk sesama.

Dapatkan Ebook - Ralali Business Solution

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.