Syarat Pengajuan Akreditasi Sesuai Pedoman KAN Kalibrasi

0

Melaksanakan kalibrasi harus di jasa kalibrasi yang sudah memiliki akreditasi dari KAN (Komite Akreditasi Nasional). Pasti Anda sering mendengar perkataan tersebut ketika Anda ingin melaksanakan kalibrasi pada alat ukur Anda. Akan tetapi, hal tersebut memang tidak mudah bagi laboratorium kalibrasi itu sendiri.

Sebagai pengelola laboratorium kalibrasi atau layanan jasa kalibrasi, membuat laboratorium kalibrasinya bisa mendapatkan akreditasi dari KAN tentu saja adalah hal yang sulit dan harus melalui proses yang panjang.

Akan tetapi, dengan adanya akreditasi dari KAN ini memang bisa membuktikan bahwa laboratorium kalibrasi sudah bisa melaksanakan kalibrasi dengan jaminan standar internasional. Bagaimana prosedur pengajuan akreditasi sesuai dengan pedoman KAN? Mari kita bahas lebih lanjut di sini!

Syarat Pengajuan Akreditasi kepada KAN

Untuk bisa mendapatkan akreditasi dari KAN, laboratorium kalibrasi sebenarnya harus memenuhi berbagai persyaratan untuk pengajuan akreditasi. Adapun untuk persyaratannya ada sistem manajemen mutu, kebijakan yang berlaku, dan juga sudah memiliki partisipasi dalam uji profisiensi.

Untuk persyaratan pengajuan akreditasi kepada KAN ini sudah ditulis di dalam “Syarat dan Aturan Akreditasi Laboratorium dan Lembaga Inspeksi” yang diterbitkan KAN dengan nomor penerbitan 4 Februari 2012 dan masih berlaku sampai sekarang. Apa saja persyaratan tersebut?

Harus Memiliki Sistem Manajemen Mutu

Yang pertama adalah harus memiliki sistem manajemen mutu. Jika melihat pada persyaratan dari KAN, 

“Laboratorium/lembaga penilaian harus memiliki sistem manajemen mutu dan kompetensi teknis yang memenuhi persyaratan SNI ISO/IEC 17025:2008, SNI ISO 15189:2009 atau SNI 19-17020-1998 yang memperbaiki dalam panduan mutu laboratorium/lembaga pajak. 

Sistem manajemen mutu harus telah diimplementasikan secara efektif dalam setiap pengujian, kalibrasi dan/atau pemeriksaan yang diajukan dalam ruang lingkup permohonan minimal selama 3 (tiga) bulan sebelum mengajukan permohonan, dan paling tidak satu kali audit internal dan satu kali kaji ulang manajemen telah selesai dilaksanakan”

Harus Memenuhi Seluruh Kebijakan

Selanjutnya adalah persyaratan untuk pemenuhan adalah seluruh kebijakan. Menurut prosedur akreditasi dari buku pedoman akreditasi dari KAN, menyebutkan bahwa, 

“Laboratorium/lembaga inspeksi harus memenuhi seluruh kebijakan dan persyaratan yang sesuai yang yang ditetapkan oleh KAN terkait dengan akreditasi laboratorium/lembaga inspeksi (lihat Lampiran Daftar Dokumen Persyaratan Akreditasi KAN)”

Harus Telah Berpartisipasi dalam Uji Profisiensi

Dan terakhir adalah persyaratan dalam partisipasi dalam uji profisiensi. Masih sama dengan persyaratan yang disebutkan di syarat dan aturan akreditasi KAN yang diterbitkan pada 4 Februari 2012 menyebutkan bahwa

“Laboratorium/lembaga inspeksi harus telah berpartisipasi dalam uji profisiensi dan/atau uji banding antar laboratorium/lembaga inspeksi yang dikelola oleh KAN dan/atau institusi lain yang mempunyai reputasi baik dalam pengelolaan program uji profisiensi/uji banding antar laboratorium/lembaga inspeksi sesuai dengan Kebijakan KAN mengenai Uji Profisiensi (lihat bagian 3 tentang Uji Profisiensi).”

Kesimpulan

Itulah tadi pembahasan tentang prosedur dan pengajuan akreditasi sesuai pedoman KAN kalibrasi untuk laboratorium kalibrasi. Memang ini adalah sebuah kepentingan untuk laboratorium kalibrasi agar bisa membuktikan bahwa selama ini prosedur dari kalibrasi yang mereka lakukan sudah sesuai dengan standar ISO 17025.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.