Tahapan Pekerjaan Kalibrasi, Penting untuk Diketahui!

0

Apakah Anda tahu tentang apa itu kalibrasi alat ukur? Siapakah yang dapat melakukan pekerjaan kalibrasi? Lalu bagaimana tahapan-tahapan untuk melakukan kalibrasi pada alat ukur tersebut? Untuk dapat menjawab semua pertanyaan Anda, pada artikel ini kita akan menjelaskan satu persatu mengenai pertanyaan tersebut. Simak penjelasan dibawah ini dengan baik.

Penjelasan Pekerjaan Kalibrasi

Sebelumnya mari kita bahas mengenai apa itu kalibrasi alat ukur? Kalibrasi alat ukur adalah suatu proses untuk memastikan bahwa alat ukur yang telah Anda gunakan dapat memberikan hasil yang akurat. Kalibrasi alat ukur ini dilakukan dengan cara membandingkan hasil pengukuran pada alat ukur dengan standar yang telah ditetapkan. Kemudian siapakah yang dapat melakukan pekerjaan kalibrasi alat ukur ini? Yang dapat melakukan pekerjaan kalibrasi ini adalah laboratorium yang memiliki para pekerja kalibrasi yang telah ahli dalam bidang tersebut.

Tahapan Melakukan Pekerjaan Kalibrasi

Lalu bagaimana tahapan untuk melakukan pekerjaan kalibrasi pada alat ukur tersebut? Untuk melakukan kalibrasi pada alat ukur dapat bervariasi tergantung dengan jenis alat ukur dan juga standar kalibrasi yang digunakan. Namun, pada umumnya proses kalibrasi alat ukur akan melibatkan beberapa tahapan dasar yang perlu Anda lakukan, yaitu sebagai berikut ini: 

  1. Persiapkan peralatan kalibrasi: Pada saat melakukan proses kalibrasi pastikan bahwa Anda telah memiliki peralatan kalibrasi yang sesuai dengan alat ukur yang akan di kalibrasi. dan juga Anda perlu memastikan bahwa peralatan tersebut dalam kondisi yang baik dan telah dikalibrasi ulang dijak diperlukan. 
  2. Tentukan titik kalibrasi: Selanjutnya Anda harus menentukan titik kalibrasi pada alat ukur tersebut. titik kalibrasi dapat berupa nilai tertentu baik batas atas dan bawah dari kisaran pengukuran. 
  3. Kalibrasi: Kini Anda telah siap untuk melakukan kalibrasi. Hubungkan alat kalibrasi ke alat ukur dan juga atur nilai kalibrasi pada titik kalibrasi yang telah ditentukan sebelumnya. Anda harus mengikuti instruksi pada alat kalibrasi agar dapat menyelesaikan proses kalibrasi dengan baik. 
  4. Pengukuran: Lakukan pengukuran dengan standar kalibrasi menggunakan alat ukur. Anda juga harus memastikan bahwa pengukuran dilakukan dengan akurat dan harus tepat. 
  5. Perhitungan: Hitung selisih antara nilai yang telah diukue oleh alat ukur dengan nilai standar kalibrasi. apabila terdapat sesilih yang signifikan, maka alat ukur Anda perlu melakukan kalibrasi ulang. 
  6. Evaluasi hasil kalibrasi: Apabila proses kalibrasi telah selesai, Anda harus melakukan evaluasi hasil kalibrasi. Pastikan ulang bahwa nilai yang dihasilkan telah sesuai dengan nilai yang diharapkan. 
  7. Pencatatan Hasil Kalibrasi: Tahap yang terakhir yaitu Anda harus mencatat hasil kalibrasi pada lembar kerja ataupun buku catatan. Anda harus menuliskan tanggal kalibrasi dan juga nilai kalibrasi yang telah dihasilkan. Hal ini dapat menjadi referensi di lain waktu pada saat Anda melakukan kalibrasi ulang pada alat tersebut. 

Pengendalian Sesudah Pekerjaan Kalibrasi Selesai

Adapun pengendalian yang harus Anda lakukan sesudah pekerjaan kalibrasi selesai. Hal ini perlu dilakukan agar dapat menjadi evaluasi bagi Anda. Apa saja pengendalian tersebut? Dibawah ini merupakan beberapa pengendalian yang harus dilakukan, yaitu sebagai berikut ini: 

  • Tanggung jawab dan kewenangan untuk pengelolaan pekerjaan yang tidak sesuai ditentukan serta tindakan ditetapkan dan dilaksanakan bila ditemukan pekerjaan yang tidak sesuai. 
  • Evaluasi terhadap signifikansi ketidaksesuaian pekerjaan pengujian dan/atau kalibrasi dilakukan.
  • Dst

Kesimpulan

Bagaimana apakah sudah cukup jelas mengenai pekerjaan kalibrasi tersebut? Ternyata untuk melakukan kalibrasi alat ukur juga harus melewati beberapa tahapan yang harus anda lakukan dengan baik. Hal ini dilakukan agar alat ukur tersebut dapat terkalibrasi dengan baik juga. Selanjutnya ketahui juga tanggung jawab petugas kalibrasi yang bisa Anda simak di halaman berikut ini: Kenali Tanggung Jawab Petugas Kalibrasi

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.