Peluang Bisnis Food & Beverage di 2023 Menurut Para Ahli

0

Pandemi membuat peluang bisnis food & beverage kurang diminati. Tetapi di tahun 2023 ini kondisinya sudah berbeda. Pandemi covid sudah mulai mereda, vaksinasi sudah meluas, dan sudah ada pelonggaran aturan terkait covid.

bisnis food n beverage
imagesource : nlp tech

Bisnis Food and Beverage (F&B) adalah sebuah industri yang menangani produksi, distribusi, dan penjualan makanan dan minuman. Ini termasuk restoran, katering, pabrik makanan, dan berbagai jenis toko makanan. Bisnis ini dapat berupa usaha kecil atau besar, dan dapat beroperasi di lingkungan offline atau online.

Di tahun 2023 bisnis F&B mulai menggeliat. Banyak bisnis terkait F&B mulai menjamur. Franchise baru di bidang makanan terus bertambah dan melakukan ekspansi. Namun apakah ekspansi F&B tersebut merupakan bisnis dengan peluang untung yang menjanjikan di tahun 2023 ini?

Bisnis Food & Beverage di Masa Pandemi

Seperti banyak sektor lainnya, bisnis Food and Beverage (F&B) telah terpengaruh oleh pandemi COVID-19 sepanjang tahun 2020-2021. Beberapa dampak yang diterima oleh bisnis F&B meliputi:

Penurunan Permintaan

Banyak restoran dan kafe harus menutup karena pembatasan sosial, yang menyebabkan penurunan permintaan makanan dine-in.

Peningkatan Permintaan untuk Makanan dalam Kemasan

Banyak orang yang lebih memilih untuk memesan makanan untuk dibawa pulang atau diantar (takeaway/delivery) selama masa pembatasan sosial.

Pergeseran dari Dine-in ke Pemesanan Online

Banyak restoran dan kafe yang mengadaptasi model bisnisnya dengan menambahkan opsi pemesanan online dan pengiriman untuk mengatasi penurunan permintaan dine-in.

Peningkatan Permintaan untuk Makanan Sehat

Banyak orang yang lebih memperhatikan aspek kesehatan dalam pilihan makanannya selama pandemi.

Pergeseran dari Dine-in ke Masak di Rumah

Banyak orang yang lebih memilih untuk memasak makanan sendiri di rumah selama masa pembatasan sosial.

Secara keseluruhan, pergeseran-pergeseran di atas telah membuat bisnis F&B mengalami kesulitan selama pandemi. Pandemi juga juga telah memaksa bisnis F&B untuk menemukan cara beradaptasi dan bertahan. Terutama memaksa agar bisnis F&B menyediakan layanan pengiriman makanan dan makanan serta memungkinkan makanan agar bisa dikemas secara aman untuk dikirim ke rumah/kantor.

Peluang Bisnis Food & Beverage di Tahun 2023

Peluang bisnis “food and beverage” di tahun 2023 ketika dunia diprediksi akan mengalami resesi, namun pandemi COVID-19 makin mereda, bisa saja menjadi peluang yang menarik. Salah satu cara untuk meningkatkan peluang bisnis dalam situasi ini adalah dengan mengoptimalkan pengalaman pelanggan melalui layanan yang baik dan menawarkan produk yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Selain itu, bisnis yang memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan situasi, seperti pengiriman makanan atau pemesanan online, juga akan lebih mungkin untuk sukses.

Ada beberapa alasan mengapa bisnis Food and Beverage (F&B) diprediksi akan berkembang secara online pada tahun 2023:

Dampak Pandemi

Pandemi COVID-19 telah mempercepat pergeseran dari dine-in ke online, sehingga banyak restoran dan kafe telah memperluas layanan pemesanan online dan pengiriman mereka selama masa pandemi. Bisnis dengan adanya layanan pengiriman online di tahun 2023 akan semakin sukses.

Kenyamanan

Pemesanan makanan online menyediakan kenyamanan bagi pelanggan karena mereka dapat memesan makanan tanpa harus keluar rumah.

Pilihan yang Lebih Luas

Pelanggan dapat memesan makanan dari berbagai restoran dan kafe tanpa harus pergi ke tempat. Hal ini akan menarik bagi para pekerja kantoran. Terutama yang jarak antara kantornya jauh dari tempat makan.

Data dan Analitik

Bisnis F&B yang beroperasi secara online dapat mengumpulkan data pelanggan dan menganalisisnya untuk memahami preferensi dan kebiasaan pelanggan, yang dapat digunakan untuk meningkatkan layanan dan meningkatkan pendapatan.

Inovasi Teknologi

Ada banyak teknologi baru yang tersedia untuk membantu bisnis F&B berkembang secara online, seperti aplikasi pemesanan, sistem pembayaran, dan sistem pengiriman yang lebih efisien.

Secara keseluruhan, bisnis F&B yang berkembang secara online diharapkan akan menjadi tren yang akan terus berkembang di masa depan. Namun itu tidak berarti restoran dine-in dan kafe akan hilang, tetapi dine-in dan online akan saling melengkapi.

Demikianlah beberapa hal seputar peluang bisnis food & beverage di Indonesia. Terutama di tahun 2023 yang nampaknya akan menjadi tahun-tahun terakhir pandemi covid. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.