Pemanfaatan Sampah B3 dan Beberapa Contohnya

0

Melakukan pengolahan pada sampah B3 memang sangat penting. Mungkin di beberapa kasus memang tidak bisa semua sampah B3 dilakukan pengolahan, akan tetapi setidaknya ada beberapa bahan yang bisa digunakan untuk bisa dimanfaatkan menjadi berbagai barang yang berguna. Tentu saja ini sangat bagus demi menjaga lingkungan.

Menggunakan limbah adalah sebuah usaha untuk mengurangi volume, konsentrasi, tingkat toksisitas, serta risiko penyebaran di lingkungan. Hal ini dicapai melalui praktik penggunaan ulang (reuse), daur ulang (recycle), dan pemulihan (recovery) dari limbah tersebut.

Mari kita cari tahu sebenarnya apa saja pemanfaatan sampah B3 dan beberapa contohnya sehingga bisa meminimalisir adanya pencemaran lingkungan.

Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2014

Pemanfaatan sampah B3 merupakan salah satu isi dari Peraturan Pemerintah nomor 101 tahun 2014. Peraturan Pemerintah ini sangat mendorong untuk semua pihak yang menghasilkan sampah B3 untuk bisa diserahkan kepada pihak terkait jika tidak bisa mengolah sampah B3 tersebut menjadi barang yang bermanfaat.

Berdasarkan Pasal 53 sampai pasal 54 pada Peraturan Pemerintah nomor 101 tahun 2014 menyebutkan jika pemanfaatan Limbah B3 meliputi:

  • Pemanfaatan Limbah B3 sebagai substitusi bahan baku
  • Pemanfaatan Limbah B3 sebagai substitusi sumber energi
  • Pemanfaatan Limbah B3 sebagai bahan baku
  • Pemanfaatan Limbah B3 sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pemanfaatan sampah B3 dilakukan dengan mempertimbangkan:

  • Ketersediaan teknologi
  • Standar produk apabila hasil Pemanfaatan sampah B3 berupa produk
  • Baku mutu atau standar lingkungan hidup

Contoh Pemanfaatan Limbah B3

Melihat Peraturan Pemerintah yang memang sangat ketat tersebut dalam hal pemanfaatan sampah B3, maka memang sudah seharusnya bagi siapapun yang menghasilkan limbah B3 untuk memanfaatkan limbah B3 tersebut. 

Ada beberapa contoh pemanfaatan limbah B3 yang ternyata dari contoh yang ada di bawah ini Anda bisa tidak sadar ternyata yang selama ini Anda anggap sebagai limbah B3 yang sudah tidak berguna lagi tersebut ternyata masih ada pemanfaatannya.

Oli Bekas

Oli bekas ternyata masih bisa dimanfaatkan lagi, bentuk pemanfaatannya adalah menjadi oli kembali, base oil, dan juga bisa menjadi bahan bakar alternatif. Untuk skala industri besar dan menengah, oli memang bekas yang mereka hasilkan diharapkan untuk diolah kembali daripada mencemari lingkungan.

Copper Slag

Copper slag yang merupakan bahan tambahan untuk beton ini ternyata merupakan limbah industri tembaga. Selain bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku beton, copper slag bisa digunakan untuk bahan baku pembuatan semen sebagai ganti dari pasir besi dan juga sandblasting.

Aki Bekas

Siap sangka jika aki bekas yang seringkali Anda anggap sebagai limbah B3 itu sebenarnya masih bisa diolah kembali? sebenarnya, aki bekas ini bisa dimanfaatkan dari segi plastiknya yang akan dilebur. Selain itu, di dalam aki yaitu timah (ingot pB) bisa dimanfaatkan kembali juga.

Fly Ash

Fly ash atau abu yang terbentuk dari sisa pembakaran batu bara juga merupakan limbah B3. Daripada mencemari udara dan juga membuat sesak nafas saat dihirup, lebih baik dimanfaatkan menjadi material konstruksi dan juga bahan baku untuk pembuatan semen.

Sludge IPAL

Sludge IPAL adalah limbah B3 berupa lumpur dan padatan tersuspensi yang terdiri dari limbah cair dan mikroorganisme. Sludge IPAL bisa menjadi bahan bakar alternatif dan juga bisa menjadi kertas daur ulang walaupun memang menjadi kertas yang memiliki kualitas yang rendah.

Sludge Oil

Sludge oil yang biasanya menjadi limbah B3 pada industri besar sampai kecil ini ternyata masih bisa dimanfaatkan kembali untuk menjadi bahan bakar alternatif.

Slag Besi

Partikel kecil yang terjadi pada saat proses peleburan logam ini termasuk sebagai limbah B3. Ini bisa dimanfaatkan kembali untuk:

  • Sand blasting
  • Bahan campuran industri semen
  • Material konstruksi

Spent Earth

Spent earth adalah limbah B3 yang dihasilkan dari proses pemurnian minyak goreng. Untuk penggunaan dari spent earth ini sebenarnya bisa sebagai recovery minyak palm dan juga bisa dilakukan daur ulang bleaching earth.

Limbah Elektronik

Untuk berbagai limbah elektronik, biasanya akan diambil beberapa unsur logam yang berharga (Au, Cu, V, Ag, Pt, Pl, Pb, Sn).

Katalis Bekas

Untuk katalis bekas, pemanfaatan dari limbah B3 ini adalah sebagai berikut:

  • Recovery logam berharga (Pt, V, Ti, Ni, Co)
  • Raw material bangunan

Kesimpulan

Jadi, itulah bagaimana beberapa material yang masih bisa dimanfaatkan dari sampah B3. Dengan adanya pemanfaatan sampah B3 yang benar, maka lingkungan sekitar akan menjadi lebih sehat dan juga menyadarkan kepada Anda bagaimana bijaknya dalam menggunakan sampah B3.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.