Pentingnya Kalibrasi Alat Kesehatan Dilakukan

0

Setiap alat kesehatan tentunya dapat mengalami ketidakakuratan, setiap alat ukur pasti akan mengalami masa di mana pengukurannya akan tidak akurat lagi dan tidak sesuai dengan standar yang berlaku. Hal ini pun juga akan dialami oleh berbagai alat kesehatan yang selalu digunakan untuk melayani pasien dan juga untuk membuat obat bagi pasien. Pengukuran yang tepat adalah krusial di sektor kesehatan.

Untuk menghindari berbagai hal yang merugikan karena kesalahan dalam pengukuran alat kesehatan, perlu dilaksanakan kalibrasi. Kalibrasi alat kesehatan akan sangat penting demi mengembalikan pengukurannya menjadi lebih akurat lagi dan memberikan pelayanan yang optimal. Sudahkah Anda menyadari betapa pentingnya kalibrasi alat kesehatan? Jika belum, Oleh karena itu berikut adalah pentingnya kalibrasi alat kesehatan yang perlu untuk Anda ketahui.

Peralatan Dalam Dunia Kesehatan

Alat kesehatan memiliki peran krusial dalam menyediakan pelayanan kesehatan yang berkualitas. Dengan kemajuan teknologi medis, alat kesehatan menjadi semakin canggih dan inovatif. Teknologi tersebut telah membawa perubahan signifikan dalam dunia medis, dari alat sederhana hingga perangkat tingkat tinggi, dan digunakan baik di fasilitas kesehatan maupun di rumah tangga. 

Perkembangan industri alat kesehatan senantiasa beriringan dengan kemajuan teknologi produk nasional untuk meningkatkan kualitas layanan dan pelayanan kesehatan secara keseluruhan. Alat kesehatan merupakan peranan yang sangat penting demi kesehatan masyarakat.

Tidak heran jika alat kesehatan yang harus digunakan pada pelayanan masyarakat merupakan alat kesehatan dengan kualitas yang tinggi. Akan tetapi, walaupun berkualitas tinggi, melaksanakan kalibrasi secara rutin tentu saja sama pentingnya.

Pentingnya Kalibrasi Alat Kesehatan

Bagi rumah sakit dan klinik, kesehatan dan keselamatan pasien tetap menjadi prioritas utama. Dengan ini, dokter dan perawat mengandalkan keakuratan dan ketepatan instrumen yang mereka gunakan untuk memantau pasien. Oleh karena itu, ketepatan dan keakuratan suatu perangkat sangat penting dan menjadi tujuan kalibrasi alat kesehatan

Berikut ini adalah berbagai poin pentingnya kalibrasi alat kesehatan yang perlu untuk Anda ketahui.

Mempertahankan Alat Kesehatan Tetap Sesuai Standar

Untuk melayani pengguna dan memastikan kesehatan dan keselamatan publik tidak terganggu, industri perangkat medis diatur dengan standar yang ketat. Sampai sekarang ini, Permenkes no.54 tahun 2015 masih menjadi peraturan yang mengatur jika alat kesehatan harus sesuai dengan standar ISO dan juga SNI.

Meningkatkan Kinerja Badan Kesehatan

Kalibrasi alat kesehatan juga bisa membantu untuk meningkatkan kinerja dari badan kesehatan. Karena alat kesehatan dan juga alat laboratoriumnya bisa bekerja dengan baik dan sesuai dengan standar, ini akan memberikan diagnosa yang tepat sehingga citra dari badan kesehatan akan bisa dipandang baik oleh masyarakat.

Menjaga Keakuratan Alat Kesehatan

Dan yang terakhir, tentu saja adalah menjaga akurasi dari alat kesehatan. Alat kesehatan yang dilakukan kalibrasi dengan seksama dan juga dilakukan di laboratorium kalibrasi terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional atau KAN bisa melaksanakan kalibrasi alat kesehatan sesuai dengan prosedur. Hal ini akan berpengaruh pada hasil kalibrasi alat kesehatan yang lebih akurat dan bisa dipertanggung jawabkan.

Kesimpulan

Itulah tadi pembahasan tentang pentingnya kalibrasi alat kesehatan. Pastinya, dengan adanya kalibrasi alat kesehatan yang diterapkan di semua sektor pelayanan kesehatan masyarakat, Anda akan bisa aman dan juga tenang setiap kali berkunjung untuk berobat.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.