Cara Kalibrasi Flow Meter Liquid dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Flow Meter Liquid Terakreditasi

0

Saat ini kita akan membahas topik dari salah satu alat ukur di ruang lingkup arus dan aliran yang bernama flow meter liquid. Seperti namanya bahwa alat ukur ini untuk mengukur aliran cairan yang dapat digunakan untuk mengukur volume atau jumlah material yang mengalir baik itu gas, air, ataupun zat lainnya.

Biasanya alat ukur flow meter liquid ini digunakan untuk mengukur kecepatan dan volume aliran air PDAM, aliran bahan bakar pada pompa, ataupun, memantau aliran listrik. Dengan pengukurannya yang cukup sensitif ini memerlukan kalibrasi untuk dapat memastikan keakuratannya. Makanya pembahasan kali ini kita akan membahas bagaimana cara kalibrasi flow meter liquid dan juga jasa kalibrasi flow meter liquid yang kredibel untuk Anda.

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Flow Meter Liquid

Dalam memahami bagaimana cara kalibrasi flow meter liquid ini, kita perlu mengikuti sejumlah aturan atau standar acuan dan juga metode yang digunakan. Tujuannya tentu untuk memastikan bahwa hasil kalibrasi tersebut sudah akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Flow Meter Liquid

Standar acuan dalam cara kalibrasi flow meter liquid adalah MK-06/05:EURAMET Cg.17-V4.0:2019. Standar ini ditetapkan dengan rentang ukur antara 100 l/min hingga 300 l/min. Standar ini memberikan pedoman mengenai parameter-parameter yang perlu disesuaikan dan diukur selama proses kalibrasi.

Prosedur Cara Kalibrasi Flow Meter Liquid

Proses atau cara kalibrasi flow meter liquid dapat dibagi menjadi beberapa tahapan utama yakni:

  • Tahap pertama adalah persiapan, dimana alat yang akan dikalibrasi dipersiapkan dan diperiksa kondisi fisiknya. Pada tahap ini juga, lingkungan kalibrasi disesuaikan agar stabil dan sesuai dengan standar yang berlaku.
  • Tahap kedua adalah pelaksanaan. Di sini, parameter-parameter pada flow meter liquid diatur sesuai dengan standar acuan. Parameter ini meliputi kecepatan rotasi, waktu pengendapan, dan pengaturan lainnya. Setelah pengaturan selesai, pencatatan data mengenai kinerja flow meter dilakukan.
  • Tahap ketiga adalah pengolahan data. Data yang telah terkumpul dihitung dan dianalisis untuk mengetahui deviasi, membuat persamaan regresi, menentukan nilai rata-rata, nilai maksimum dan minimum, serta menghitung ketidakpastian. Semua ini dilakukan untuk menentukan batas toleransi pengukuran.
  • Tahap cara kalibrasi flow meter liquid terakhir adalah pembuatan dan penerbitan laporan. Laporan kalibrasi ini mencakup informasi mengenai hasil kalibrasi, deviasi, ketidakpastian, dan catatan lainnya. Laporan ini menjadi bukti bahwa flow meter telah dikalibrasi sesuai standar yang berlaku.

Frekuensi Kalibrasi untuk Flow Meter Liquid

Berbicara soal frekuensi kalibrasi pada flow meter liquid, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti misalnya seberapa sering alat ini digunakan dan juga kondisi lingkungannya. Tetapi sangat disarankan bahwa Anda menyerahkannya atau setidaknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada ahlinya untuk menentukan interval kalibrasi yang cocok untuk alat ini. Untuk memudahkan Anda, di bawah ini ada banner untuk menghubungi Kalibrasi.com untuk Anda berkonsultasi dengan ahli profesional. 

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Melakukan cara kalibrasi flow meter liquid tentunya bukan pekerjaan yang mudah dan sederhana. Meskipun bisa dilakukan sendiri, penggunaan jasa kalibrasi memberikan sejumlah keuntungan yang mungkin tidak dapat kita peroleh saat melakukan kalibrasi secara mandiri.

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Jasa kalibrasi flow meter liquid bekerja dengan menggunakan standar tertelusur dan sudah sesuai dengan standar yang berlaku. Dengan demikian, hasil kalibrasi yang mereka lakukan bisa dipastikan memiliki akurasi dan kepercayaan yang tinggi.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Salah satu keuntungan lain yang bisa didapatkan saat menggunakan jasa kalibrasi flow meter liquid adalah mendapatkan sertifikat kalibrasi. Sertifikat ini berfungsi sebagai bukti bahwa flow meter liquid yang Anda miliki sudah dikalibrasi dan sudah sesuai dengan standar yang berlaku.

Layanan Jasa Kalibrasi Flow Meter Liquid Terakreditasi KAN

Cara kalibrasi flow meter liquid adalah proses yang rumit dan memerlukan keahlian khusus. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menggunakan jasa kalibrasi dari ahli yang sudah berpengalaman dan terakreditasi, seperti Kalibrasi.com. Layanan yang disediakan oleh Kalibrasi.com meliputi berbagai macam perangkat, termasuk jasa kalibrasi flow meter liquid. Selain itu, semua mitra kerja Kalibrasi.com sudah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Flow Meter Liquid di Kalibrasi.com

Kalibrasi.com memiliki ruang lingkup yang luas, termasuk di dalamnya adalah ruang lingkup arus dan aliran yang terdapat  jasa kalibrasi flow meter liquid. Beberapa mitra kerja Kalibrasi.com, seperti PT. Kalima, PT. Dinamika Kalibrasi Indonesia, PT. Delta Instrumentasi, PT. Trusur Unggul Teknusa, dan PT Mutuagung Lestari, sudah memiliki pengalaman dan kredibilitas tinggi dalam melakukan proses kalibrasi. Semua mitra tersebut sudah terakreditasi oleh KAN dan siap membantu Anda dalam proses kalibrasi.

Kelebihan Jasa Kalibrasi Flow Meter Liquid dari Kalibrasi.com

Jasa kalibrasi flow meter liquid dari Kalibrasi.com menawarkan sejumlah kelebihan, di antaranya adalah standar acuan yang jelas, metode yang sesuai, prosedur yang jelas, opsi pembayaran yang fleksibel, dan logistik yang dapat diandalkan. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir tentang proses dan hasil kalibrasi.

Jika Anda membutuhkan jasa kalibrasi flow meter liquid, jangan ragu untuk bekerja sama dengan Kalibrasi.com. Cukup isi formulir yang ada di bawah ini, dan tim Kalibrasi.com akan segera menghubungi Anda untuk membantu proses kalibrasi Anda. Dengan menggunakan jasa kalibrasi, Anda tidak hanya memastikan keakuratan perangkat Anda, tetapi juga membantu memastikan keberlanjutan proses kerja Anda.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.