Inilah Alasan dan Manfaat Pentingnya Kalibrasi pada Alat Ukur

0

Memahami konsep dan pentingnya kalibrasi dalam dunia industri adalah hal yang sangat krusial terutama dalam konteks pemanfaatan alat ukur yang akurat dalam operasional perindustrian. Kalibrasi didefinisikan sebagai rangkaian aktivitas pengukuran instrumen ukur dengan membandingkan pengukuran alat ukur dengan standar acuan yang digunakan baik secara nasional maupun internasional. Hal ini juga termasuk dalam tujuan kalibrasi yang mana memastikan agar alat ukur tersebut memiliki nilai ketelusuran ke standar yang lebih tinggi.

Fungsi kalibrasi sendiri secara umum adalah untuk menjaga dan meningkatkan kualitas produk dan jasa yang ditawarkan oleh perindustrian maupun laboratorium tersebut. Itulah mengapa dilakukan kalibrasi secara berkala. Kemudian apa saja pentingnya kalibrasi, seperti manfaat penting dari melakukan kalibrasi? Mari kita lanjut ke pembahasan di bawah ini. 

Manfaat Melakukan Kalibrasi Alat Ukur

Kalibrasi memiliki peranan yang sangat penting dalam bisnis. Setiap perusahaan memiliki tujuan untuk menjaga kualitas produknya, dan kalibrasi dapat membantu mewujudkan tujuan tersebut. Berikut adalah beberapa manfaat kalibrasi pada alat ukur.

Memenuhi Standar Kalibrasi Internasional

Alat ukur yang telah dikalibrasi sesuai standar internasional akan menghasilkan pengukuran yang akurat dan diterima di manapun di dunia. Mengapa? Karena hasil ukuran tersebut sudah berstandar Internasional, yang artinya memiliki standarisasi yang diakui oleh seluruh dunia.

  • Mengurangi Tingkat Kegagalan Produksi
    Dengan melakukan kalibrasi, kita bisa meminimalisir kemungkinan adanya penyimpangan dalam proses pengukuran. Hal ini penting karena penyimpangan tersebut bisa berpotensi menyebabkan kegagalan dalam proses produksi yang kemudian menghasilkan produk cacat.
  • Meningkatkan Akurasi
    Pentingnya kalibrasi membantu memastikan bahwa instrumen yang digunakan bisa bekerja dengan akurat dan presisi. Alhasil, produk yang beredar di pasaran memiliki kualitas yang baik.
  • Meningkatkan Kualitas Produksi
    Pentingnya kalibrasi membantu menentukan kelayakan alat ukur yang digunakan, apakah masih layak atau sudah mengalami penyusutan kualitas. Dengan alat ukur yang baik, kualitas produk pun akan meningkat.
  • Menghemat Biaya Audit
    Kalibrasi berkala membantu menghemat biaya audit perusahaan karena alat-alat ukur Anda telah tersertifikasi sesuai standar.

Setelah memahami manfaatnya, pertanyaan selanjutnya adalah kapan sebaiknya kita melakukan kalibrasi?

Kapan Kalibrasi dilakukan pada Alat Ukur

Pentingnya kalibrasi alat ukur perlu dilakukan secara berkala. Untuk sebagian besar industri, standarnya adalah mengkalibrasi setiap tahun. Namun ada beberapa situasi yang membuat kalibrasi perlu dilakukan tanpa harus menunggu waktu tertentu. Berikut adalah beberapa situasi spesifik kapan kalibrasi perlu dilakukan:

  • Saat ada Peralatan Ukur Baru
    Alat ukur dalam keadaan baru belum tentu memiliki keakuratan yang sesuai standar, maka dari itu perlu dilakukan kalibrasi untuk memastikan keakuratannya.
  • Saat Alat Ukur Selesai Diinstalasi
    Alat ukur ada yang perlu di instal manual, setelah di instal ini biasanya perlu dikalibrasi terutama bagi peralatan laboratorium kesehatan yang memerlukan keakuratan yang tinggi.
  • Peralatan Ukur yang Masih Digunakan
    Peralatan yang sering digunakan berpotensi mengalami penurunan kualitas dan pentingnya kalibrasi secara berkala.
  • Peralatan Pasca Perbaikan
    Tidak jarang peralatan yang setelah dilakukan perbaikan memerlukan kalibrasi untuk mengembalikan fungsinya seperti sedia kala.
  • Peralatan yang Habis Masa Kalibrasinya
    Ketika masa kalibrasi habis, peralatan perlu dikalibrasi kembali untuk memastikan fungsinya kembali optimal.
  • Peralatan yang Mengalami Kelainan Fungsi
    Jika peralatan mengalami kelainan fungsi atau mengalami penyimpangan pada hasil pengukurannya, proses kalibrasi perlu segera dilakukan untuk mengembalikan fungsinya agar lebih akurat.
  • Peralatan dengan Hasil Pengamatan yang Masih Dipertanyakan
    Terkadang alat ukur yang tidak mengalami kerusakan, namun masih saja diragukan dan dipertanyakan hasil pengukurannya maka disinilah letak pentingnya kalibrasi.

Apa itu ketertelusuran kalibrasi

Ketertelusuran kalibrasi adalah proses yang menunjukkan bahwa skala alat ukur sesuai dengan standar ukur tingkat nasional atau internasional. Ketertelusuran adalah kunci untuk memastikan bahwa pengukuran yang dihasilkan oleh suatu alat adalah akurat dan dapat diandalkan.

Kesimpulan

Mengingat pentingnya kalibrasi dalam menjaga kualitas dan akurasi pengukuran, setiap perusahaan harus memastikan bahwa semua alat ukurnya dikalibrasi secara berkala dan sesuai standar yang berlaku. Dengan demikian, perusahaan dapat meminimalisir kesalahan, meningkatkan efisiensi, dan tentunya menjaga kepercayaan konsumen terhadap produk atau jasa yang mereka tawarkan.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.