Pedoman dan Peraturan Kalibrasi Alat Kesehatan

0

Majunya teknologi di bidang kesehatan mengharuskan para praktisi medis untuk selalu memanfaatkan alat kesehatan yang akurat dan handal. Adanya penggunaan alat ukur yang andal dalam bidang kesehatan juga harus didukung dengan performa alat yang mumpuni.

Kemampuan sebuah alat untuk menghasilkan akurasi yang tinggi dalam hal pengukuran, perlu didukung dengan adanya proses kalibrasi. Dalam proses kalibrasi pun tidak bisa dilakukan dengan cara sembarangan. Untuk itu, peraturan kalibrasi alat kesehatan penting untuk dipahami dan diterapkan dengan baik. Inilah yang menjadi topik utama pembahasan kita kali ini.

Penjelasan Peraturan Kalibrasi Alat Kesehatan

Peraturan kalibrasi alat kesehatan yang digalangkan kemenkes kalibrasi menggaris bawahi beberapa poin penting yang bertujuan untuk memastikan akurasi dan keamanan penggunaan alat kesehatan. Berdasarkan Peraturan Menkes, tujuan pengujian dan kalibrasi antara lain untuk memastikan kesesuaian karakteristik terhadap spesifikasi dari suatu bahan ukur atau instrumen dan menjamin hasil – hasil pengukuran sesuai dengan standar Nasional maupun Internasional.

Manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan pengujian dan kalibrasi adalah memastikan kondisi instrumen ukur dan bahan ukur tetap terjaga sesuai dengan spesifikasinya. Sejalan dengan Peraturan Menkes, Permenkes No.54 Tahun 2015 menetapkan bahwa alat kesehatan yang dipergunakan di sarana pelayanan kesehatan wajib diuji atau dikalibrasi secara berkala, sekurang-kurangnya 1 kali setiap tahun.

Peraturan kalibrasi alat kesehatan ini juga menekankan bahwa pengujian dan kalibrasi alat kesehatan hanya dapat dilaksanakan oleh tenaga profesional, menggunakan alat ukur dan besaran standar yang terkalibrasi.

Pedoman Kalibrasi Alat Kesehatan

Manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan pengujian dan kalibrasi adalah memastikan kondisi instrumen ukur dan bahan ukur tetap terjaga sesuai dengan spesifikasinya. Sejalan dengan Peraturan Menkes, Permenkes No.54 Tahun 2015 menetapkan bahwa alat kesehatan yang dipergunakan di sarana pelayanan kesehatan wajib diuji atau dikalibrasi secara berkala, sekurang-kurangnya 1 kali setiap tahun.

Peraturan kalibrasi alat kesehatan ini juga menekankan bahwa pengujian dan kalibrasi alat kesehatan hanya dapat dilaksanakan oleh tenaga profesional, menggunakan alat ukur dan besaran standar yang terkalibrasi sesuai pedoman kalibrasi alkes yang berlaku.

Dasar Dasar Hukum Kalibrasi Alat Kesehatan

Dalam konteks hukum, peraturan kalibrasi alat kesehatan mengacu pada sejumlah undang-undang dan regulasi yang ada. Ini mencakup Peraturan Menkes dan Permenkes yang telah disebutkan sebelumnya. Dasar hukum ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua alat kesehatan yang digunakan dalam pelayanan kesehatan telah melalui proses kalibrasi dan pengujian yang tepat.

Kriteria Alat Kesehatan yang Wajib di Kalibrasi

Berdasarkan peraturan kalibrasi alat kesehatan, ada beberapa kriteria alat kesehatan yang wajib dikalibrasi, antara lain:

  • Belum memiliki sertifikat dan tanda lulus pengujian atau kalibrasi.
  • Masa berlaku sertifikat dan tanda lulus pengujian atau kalibrasi telah habis.
  • Diketahui penunjukannya atau keluarannya atau kinerjanya (performance) atau keamanannya (safety) tidak sesuai lagi, walaupun sertifikat dan tanda masih berlaku.
  • Telah mengalami perbaikan, walaupun sertifikat dan tanda masih berlaku.
  • Telah dipindahkan bagi yang memerlukan instalasi, walaupun sertifikat dan tanda masih berlaku.

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, peraturan kalibrasi alat kesehatan merupakan elemen penting dalam bidang kesehatan untuk memastikan akurasi dan keamanan alat kesehatan sudah sesuai standar kalibrasi alat kesehatan. Dengan memahami dan menerapkan peraturan ini, praktisi kesehatan dapat memastikan bahwa semua alat medis yang digunakan telah melalui proses pengujian dan kalibrasi yang tepat, dan karena itu, memberikan hasil yang paling akurat dan aman bagi pasien. Dengan demikian, keberadaan dan penerapan peraturan kalibrasi alat kesehatan ini sangat penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan kepuasan pasien.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.