Perkembangan Bisnis Hotel di Indonesia Setelah Covid Berakhir

0

Banyak orang yang masih takut masuk bisnis hotel di Indonesia di era covid ini. Namun ada juga yang justru ekspansi. Walaupun covid, terus membuka beberapa cabang hotel lainnya.

Mengapa hal tersebut terjadi?

Tentunya karena beberapa pebisnis dan investor melihat prospek bisnis hotel di Indonesia akan kembali meningkat jika pandemi COVID-19 telah berakhir. Hal ini karena permintaan akan tempat menginap akan kembali meningkat seiring dengan pemulihan ekonomi dan kembalinya aktivitas pariwisata. Selain itu, banyak wisatawan yang telah menunda liburan mereka selama pandemi akan kembali bepergian dan mencari tempat untuk menginap.

bisnis hotel di indonesia
imagesource : travelagewest

Selain itu, dengan pemerintah yang berupaya untuk meningkatkan pariwisata di Indonesia, prospek bisnis hotel akan mengalami peningkatan yang signifikan. Beberapa program pemerintah seperti destinasi wisata unggulan, pembangunan fasilitas pariwisata dan peningkatan infrastruktur akan memberikan dorongan bagi pertumbuhan bisnis hotel. Pemerintah juga akan memberikan insentif fiskal bagi pengembangan bisnis pariwisata, termasuk bisnis hotel.

Namun perlu diingat bahwa pemulihan bisnis hotel akan memerlukan waktu dan akan tergantung pada kecepatan dan efektivitas dari pemulihan ekonomi secara keseluruhan. Beberapa hotel mungkin harus menyesuaikan strategi bisnis mereka untuk menyesuaikan diri dengan situasi pasar yang berubah.

Tantangan Bisnis Hotel di Indonesia

Walaupun peluang bangkitnya bisnis hotel semakin terasa, namun ada beberapa tantangan yang perlu dihadapi bersama. Beberapa tantangan yang dihadapi oleh bisnis hotel di Indonesia, diantaranya:

Kompetisi yang ketat

Bisnis hotel di Indonesia sangat kompetitif karena banyak pesaing yang berlomba-lomba untuk mendapatkan tamu.

Biaya tinggi

Bisnis hotel di Indonesia memerlukan investasi yang cukup besar, termasuk biaya pembuatan, perawatan, dan operasional.

Infrastruktur yang kurang baik: Infrastruktur yang kurang baik di beberapa area di Indonesia dapat menjadi kendala dalam menarik wisatawan dan meningkatkan permintaan akan tempat menginap.

Kurangnya aksesibilitas

Kurangnya aksesibilitas dari beberapa daerah yang potensial sebagai destinasi pariwisata dapat menjadi kendala dalam meningkatkan prospek bisnis hotel.

Kurangnya SDM yang berpendidikan

Kurangnya sumber daya manusia yang berpendidikan di bidang pariwisata dapat menjadi kendala dalam meningkatkan kualitas layanan hotel.

Resiko pandemi

Bisnis hotel sangat rentan terhadap pandemi seperti covid-19 yang dapat menyebabkan penurunan permintaan dan kerugian besar.

Menghadapi Tantangan Bisnis Hotel yang Terjadi di Indonesia

Setiap bisnis memiliki tantangannya masing-masing. Mau tidak mau, tantangan tersebut harus dihadapi. Keberlangsungan bisnis akan sangat bergantung pada bagaimana seorang pebisnis dan pengusaha beradaptasi.

Ada beberapa cara untuk menghadapi tantangan-tantangan dalam bisnis perhotelan, diantaranya:

Menciptakan strategi pemasaran yang kuat

Menciptakan strategi pemasaran yang kuat untuk meningkatkan brand awareness dan menarik tamu baru.

Menciptakan pengalaman tamu yang luar biasa

Menciptakan pengalaman tamu yang luar biasa melalui layanan yang baik, fasilitas yang menarik, dan desain yang unik.

Menciptakan nilai tambah

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk membuat hotel memiliki nilai tambah. Cara yang biasa dilakukan adalah dengan menyediakan layanan tambahan seperti spa, restoran, dan fasilitas olahraga.

Menjaga dan memperbaiki aset

Menjaga dan memperbaiki aset secara berkala untuk meningkatkan kualitas layanan dan mengurangi biaya perawatan jangka panjang dapat menjadi solusi. Selain itu, aset yang terjaga dengan didukung kebersihan hotel dapat menjadikan tamu terkesan dan mau untuk datang kembali.

Mencari sumber pendanaan yang efektif

Beberapa cara mencari sumber pendanaan yang efektif seperti pinjaman bank, pendanaan saham, atau mencari investor. Jika anda memang memiliki keyakinan kuat mengenai prospek bisnis hotel yang akan dijalankan, tidak harus terlalu memaksakan diri untuk membangun hotel dengan 100% modal dari anda. Bahkan patungan (crowd-funding) dapat menjadi solusi yang lebih baik dan aman dimana anda bahkan dapat memiliki saham hotel dari nilai “Good-Will” proposal bisnis yang anda miliki.

Meningkatkan efisiensi operasional

Mencari cara untuk mengurangi biaya operasional dengan mengurangi pemborosan, meningkatkan efisiensi, dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya.

Meningkatkan kualitas SDM

Menyediakan pelatihan dan pendidikan yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas SDM di bidang pariwisata dapat menjadi solusi akan kurangnya SDM berkualitas di perhotelan. Tetapi mungkin ada beberapa pebisnis yang takut jika setelah memiliki pelatihan, karyawannya pindah ke hotel lainnya. Hal ini dapat diatasi dengan cara memberikan pelatihan yang dilakukan secara berkala dan dengan memberikan bonus serta kenaikan jabatan yang adil.

Menyiapkan diri dengan berbagai skenario

Mempersiapkan diri dengan berbagai scenario yang mungkin terjadi, termasuk pandemi dan krisis ekonomi dan menyiapkan strategi yang tepat untuk mengatasinya.

Itulah beberapa hal yang perlu kita ketahu bersama mengenai bisnis hotel di Indonesia dan bagaimana menghadapi tantangan-tantangan bisnis perhotelan di Indonesia. Khususnya setelah pandemi covid-19 ini berakhir. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Khususnya bagi anda yang sedang ingin masuk ke dunia perhotelan. Terimakasih.

Dapatkan Ebook - Ralali Business Solution

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.