Perkiraan Modal untuk Membuka Bisnis Hotel di Indonesia

0

Membuka bisnis hotel merupakan salah satu cara untuk menjadi pengusaha sukses dalam industri pariwisata. Namun, sebelum memulai bisnis tersebut, ada hal yang sangat penting yang harus diperhatikan, yaitu mempersiapkan modal yang cukup. Tanpa modal yang memadai, bisnis hotel akan kesulitan untuk berkembang dan bahkan bisa mengalami kegagalan.

perkiraan modal bisnis hotel
imagesource : nowbali

Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat rencana keuangan yang matang dan mengumpulkan dana lebih dari cukup. Dana lebih dari cukup sangat diperlukan untuk menghindari adanya biaya-biaya tidak terduga di awal-awal usaha membuka bisnis hotel.

Perkiraan Modal Bisnis Hotel di Kota Besar

Biaya membangun hotel akan berbeda antara di kota besar dengan di kota kecil atau pedesaan. Biayanya juga bisa berbeda antara antara tahun lalu, tahun ini, dan di tahun depan karena adanya perubahan-perubahan seperti nilai mata uang, harga barang, dan kenaikan UMR tiap-tiap daerah.

Namun secara kasar modal bisnis hotel di Indonesia dibagi 3, yaitu biaya membangun hotel kecil, sedang, dan besar (mewah). Untuk hotel kecil di kota besar di Indonesia dapat berkisar antara Rp. 500 juta hingga Rp. 2 miliar. Modal untuk hotel menengah dapat berkisar antara Rp. 2 miliar hingga Rp. 10 miliar, sedangkan modal untuk hotel besar dapat mencapai lebih dari Rp. 10 miliar.

Namun, modal tersebut dapat berubah tergantung pada faktor seperti lokasi, jumlah kamar, fasilitas yang ditawarkan, dan kondisi pasar.

Hotel Kecil

Hotel kecil biasanya memiliki jumlah kamar yang terbatas, dengan fasilitas yang sederhana dan harga yang lebih murah dibandingkan dengan hotel sedang atau hotel besar. Hotel kecil umumnya digunakan oleh tamu yang mencari penginapan sementara dengan harga yang terjangkau.

Pembangunan hotel kecil bahkan kini bisa dilakukan dengan bekerjasama dengan beberapa start up yang dapat melakukan penggalangan dana (crowd-funding). Membangun hotel kecil biayanya berkisar antara 500 juta hingga 2 milyar rupiah, diluar biaya membeli tanah dan bangunan.

Selain modal membangun hotel, pastikan juga harus memiliki dana tambahan sekitar 100-200 juta rupiah untuk hal-hal seperti biaya pemasaran dan biaya tidak terduga. Selain itu, dana tersebut juga akan penting karena seiring operasional hotel pastinya akan ada beberapa hal yang perlu ditambahkan untuk memastikan hotel benar-benar siap 100%.

Hotel Ukuran Sedang

Hotel berukuran sedang memiliki jumlah kamar yang lebih banyak dibandingkan hotel kecil, dengan fasilitas yang lebih lengkap dan harga yang lebih tinggi. Hotel ini digunakan oleh tamu yang mencari penginapan yang nyaman dengan harga yang masuk akal.

Hotel berukuran sedang ini biasanya biaya pembangunannya berkisar 2 sampai 10 milyar rupiah. Namun biaya tersebut belum termasuk pembelian tanah dan bangunan.

Jika ingin membangun bisnis hotel berukuran sedang, selain dana 2-10 milyar tersebut, siapkan juga dana cadangan sebesar 1-2 milyar rupiah. Tujuannya adalah untuk kebutuhan seperti pemasaran, biaya tidak terduga, dan mempersiapkan hal-hal tambahan yang hotel butuhkan di 3-6 bulan kedepan. Selain itu, dengan dana cadangan tersebut nantinya akan dipergunakan juga untuk melakukan pelatihan karyawan dan memastikan operasional hotel bisa bertahan minimal 1 tahun kedepan.

Hotel Besar dan Mewah

Hotel besar atau hotel mewah memiliki jumlah kamar yang jauh lebih banyak, dengan fasilitas yang sangat lengkap, dan dengan pegawai yang memiliki pelatihan yang baik dalam menerima dan melayani setiap tamu yang datang. Hotel berukuran besar dan mewah biasanya digunakan oleh tamu yang mencari penginapan yang mewah dengan fasilitas yang luar biasa tanpa memikirkan berapa biaya yang harus mereka keluarkan.

Biaya minimal membangun sebuah hotel mewah ini adalah 10 milyar rupiah. Biaya ini tentunya belum termasuk biaya membeli tanah dan bangunan. Adapun biaya tanah dan bangunan bisa jauh lebih tinggi berdasarkan tempat dimana hotel akan dibangun.

Selain biaya untuk membangun hotel, pastikan juga untuk menyiapkan dana cadangan minimal 2-4 milyar rupiah untuk biaya operasional hotel selama 1 tahun kedepan. Terutama biaya membayar gaji pegawai, maintenance hotel, pelatihan, dan biaya pemasaran.

Itulah beberapa perkiraan modal bisnis hotel yang perlu anda persiapkan. Semoga konten ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih telah menyempatkan waktu membaca.

Dapatkan Ebook - Ralali Business Solution

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.