Cara dan Persyaratan Pengumpulan Limbah B3

0

Dalam dunia perindustrian, limbah atau sisa produksi yang memiliki sifat berbahaya dan beracun termasuk dalam kategori limbah bahan berbahaya dan beracun B3 yang memerlukan pengelolaan yang sesuai dengan aturan. Pengelolaan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) merupakan suatu kegiatan yang penting dalam menjaga lingkungan dan kesehatan masyarakat. Dalam pengumpulannya, terdapat beberapa cara dan persyaratan yang harus dipenuhi sesuai dengan peraturan yang berlaku. Artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai cara dan persyaratan pengumpulan limbah B3.

2 Cara Pengumpulan Limbah B3

Berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2021 Tentang Tata Cara Dan Persyaratan Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya Dan Beracun. Pengumpulan limbah B3 perlu dilakukan secara sistematis dan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Ada dua aspek penting dalam pengumpulan limbah B3 ini, yaitu segregasi dan penyimpanan limbah. Hal ini dicantumkan di Bab V Pengumpulan Limbah Bahan Berbahaya Dan Beracun pasal 81 ayat 1 dan 2 dengan penjelasan berikut ini.

Segresi Limbah B3

Segregasi atau pemisahan limbah B3 merupakan tahap awal dalam proses pengumpulan limbah. Menurut Pasal 81 Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2021, segregasi limbah B3 dilakukan berdasarkan nama dan karakteristik limbah tersebut.

Nama limbah merujuk pada Lampiran IX Peraturan Pemerintah Nomor 22 tahun 2021. Sementara karakteristik limbah B3 yang perlu dipertimbangkan meliputi sifat mudah meledak, mudah menyala, reaktif, infeksius, korosif, dan/atau beracun. Segregasi yang tepat memastikan bahwa setiap jenis limbah ditangani dengan cara yang paling aman dan efektif.

Penyimpanan Limbah B3

Setelah segregasi, langkah selanjutnya adalah penyimpanan limbah B3. Sesuai dengan Pasal 81 ayat 3, penyimpanan limbah B3 harus dilaksanakan sesuai dengan ketentuan penyimpanan limbah B3 yang berlaku. Hal ini penting untuk memastikan bahwa limbah disimpan dengan aman dan tidak membahayakan lingkungan sekitar atau masyarakat.

Syarat Teknis Pengumpulan Limbah B3

Sebagaimana tercantum pada pasal 227 yang mengatakan bahwa untuk memastikan pengumpulan limbah B3 berlangsung dengan baik, ada beberapa persyaratan teknis yang harus dipenuhi.

Lokasi Fasilitas Pengumpulan Limbah 

Menurut Pasal 227, lokasi fasilitas pengumpulan limbah B3 harus memenuhi persyaratan tertentu. Lokasi ini harus diubah jika terjadi perubahan persyaratan teknis untuk kegiatan pengumpulan limbah B3. Lokasi juga bisa berupa tempat atau wadah yang harus disesuaikan dengan syarat teknis, seperti bebas banjir, rekayasa lokasi agar tidak terjadi tumpahan atau kebocoran, hingga syarat teknis lainnya yang berdasarkan dengan aturan masing-masing lokasi.

Desain dan Kapasitas Fasilitas Pengumpulan Limbah

Selain lokasi, desain dan kapasitas fasilitas pengumpulan limbah juga harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Perubahan dalam desain dan kapasitas fasilitas pengumpulan limbah B3 juga memerlukan persetujuan teknis. Dimana desain dari tempat pengumpulan limbah B3 ini harus disesuaikan dengan jenis dari limbah tersebut dan syarat teknis seperti terdapatnya tanggul di sekitar pengumpulan limbah B3.

Skala Pengumpulan Limbah B3

Skala pengumpulan limbah B3 juga menjadi syarat teknis yang harus dipenuhi. Skala ini perlu disesuaikan dengan kapasitas fasilitas dan persyaratan teknis lainnya. Di mana skala juga sangat berpengaruh terhadap kapasitas penampungan limbah yang sesuai dengan jumlah atau kuantitas dari limbah itu sendiri.

Kesimpulan 

Pengumpulan limbah B3 merupakan proses yang perlu dilakukan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Ada beberapa cara dan persyaratan yang harus dipenuhi dalam proses ini, mulai dari segregasi, penyimpanan, lokasi fasilitas, desain dan kapasitas fasilitas, hingga skala pengumpulan limbah. Memahami dan menerapkan semua ini dengan benar dapat membantu dalam upaya pengelolaan limbah B3 yang lebih efektif dan aman bagi lingkungan dan masyarakat.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.