Kenali Tanggung Jawab Petugas Kalibrasi

0

Sebagian orang mungkin telah mengetahui apa itu kalibrasi. Akan tetapi mungkin tidak semua orang mengetahui tentang apa saja tugas dan tanggung jawab para petugas kalibrasi tersebut. Pada artikel ini, kita akan membahas satu persatu dengan jelas. Agar pengetahuan Anda tentang kalibrasi tidak hanya sekedar tahu saja, akan tetapi Anda akan paham tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan kalibrasi.  

Penjelasan Petugas Kalibrasi

Apakah Anda tahu suatu layanan kalibrasi tentunya memiliki teknisi kalibrasi dan juga staff kalibrasi. Untuk melakukan proses kalibrasi para teknisi pasti membutuhkan bantuan dari para staff. Menjadi seorang teknisi dan juga staff pada kalibrasi tidaklah mudah, karena Anda harus dapat menjalankan tugas dengan baik dan juga harus memiliki tanggungjawab yang besar. Agar setiap proses kalibrasi yang dilakukan dapat terselesaikan dengan sempurna. 

Apa Saja Tugas dan Tanggungjawab Petugas Kalibrasi?

Selanjutnya untuk dapat menjadi teknisi kalibrasi yang ada di laboratorium terakreditasi, Anda harus dapat menjalankan setiap tugas kalibrasi dengan baik. Tidak hanya itu saja, Anda juga harus memiliki rasa tanggungjawab yang tinggi, karena hal tersebut harus dimiliki oleh setiap para petugas kalibrasi. Berikut adalah tugas dan tanggungjawab yang harus Anda miliki, yaitu: 

  • Mengatur dan mengkoordinasi seluruh kegiatan pengelolaan instrumen, peralatan dan kalibrasi
    Setiap teknisi dan staff harus dapat bekerja sama untuk mengatur serta mengkoordinasi seluruh kegiatan pengelolaan instrumen, peralatan, dan juga kalibrasi. Sehingga proses kalibrasi tersebut dapat terkoordinasi sesuai dengan baik.
  • Melakukan pemantauan kegiatan pengelolaan instrument, peralatan dan kalibrasi secara berkala
    Teknisi dan staff juga memiliki tugas untuk selalu memantau pada saat proses kegiatan pengelolaan instrumen, peralatan, dan kalibrasi itu berlangsung. Agar setiap tahap pengecekkan benar-benar berproses sempurna. 
  • Memberikan tugas pengelolaan instrument, peralatan dan kalibrasi kepada anggota tim
    Tetap harus saling berbagi tugas antara teknisi dan staff, agar kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar. 
  • Memonitoring dan evaluasi pelaksanaan pengelolaan instrument, peralatan dan kalibrasi
    Setelah proses pengelolaan tersebut telah selesai para teknisi dan staff harus melakukan evaluasi agar dapat mengetahui apakah terjadi kesalahan atau tidak.
  • Menyusun amprahan rutin kebutuhan pelaksanaan pengelolaan instrument, peralatan dan kalibrasi
    Tidak hanya itu saja, para teknisi dan starr juga harus menyusun amprahan secara rutin untuk memenuhi kebutuhan pelaksanaan pengelolaan tersebut. 
  • Melakukan koordinasi dengan bendahara barang
    Sebuah kegiatan dapat berlangsung dengan baik, apabila setiap orang melakukan koordinasi dengan baik pula. Oleh sebab itu pada saat melakukan proses kalibrasi setiap teknisi maupun staff harus tetap melakukan koordinasi dengan bendahara barang, untuk dapat menghindari hal yang tidak diinginkan.
  • Melakukan pencatatan dan pelaporan
    Selalu melakukan pencatatan dan juga pelaporan, pada setiap tahap kegiatan. Hal ini perlu dilakukan agar apabila terdapat penyimpangan pada alat ukur tersebut, catatan ini dapat membantu untuk melakukan proses kalibrasi ulang. Laporan kalibrasi atau bisa disebut bukti kalibrasi merupakan hal yang sangat penting, silahkan baca detailnya pada halaman berikut ini: Mengenal Bukti Kalibrasi dan Fungsinya!

Kesimpulan

Ternyata untuk menjadi petugas kalibrasi tidaklah mudah. Untuk menjadi seorang teknisi kalibrasi ataupun staff kalibrasi Anda harus dapat menjalankan semua tugas dengan baik dan benar. Tidak hanya itu saja, Anda juga harus memiliki tanggungjawab yang besar, agar semua proses kalibrasi pada alat ukur yang Anda lakukan dapat dipertanggungjawabkan bila terdapat kesalahan atau hal lainnya. Oleh sebab itu petugas kalibrasi harus sudah memiliki sertifikasi kalibrasi, simak penjelasan mengenai sertifikasi kalibrasi pada artikel berikut ini: Penjelasan, Jenis, dan Manfaat dari Sertifikasi Kalibrasi

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.