7 Pilihan Peluang Bisnis Cafe Kekinian Paling Hitz

0

Ada beberapa alasan pebisnis memilih bisnis cafe. Meski terkesan bisnis musiman namun peluang bisnis cafe kekinian memiliki potensi profitnya sangat besar. Cafe merupakan salah tempat nongkrong yang cukup digemari oleh masyarakat saat ini. Hal ini dikarenakan cafe dapat menyediakan tempat untuk bersantai, berkumpul dengan teman-teman, atau hanya sekedar me-refresh otak setelah bekerja. Namun, di tengah persaingan yang cukup ketat, cafe harus mampu menawarkan sesuatu yang unik dan menarik untuk dapat bersaing.

peluang bisnis cafe kekinian
imagesource : hipwee

Cafe kekinian merupakan peluang bisnis yang baik karena menawarkan potensi keuntungan yang cukup besar. Hal ini dikarenakan cafe kekinian cenderung lebih mudah dikenal oleh masyarakat dan sesuai dengan jiwa anak-anak muda. Dengan demikian, cafe dapat menarik lebih banyak pengunjung.

Oleh karena itu, jika Anda ingin membuka usaha cafe, maka cafe kekinian merupakan pilihan yang tepat. Namun, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki komitmen yang kuat dan kreativitas yang tinggi untuk dapat menawarkan sesuatu yang unik dan menarik bagi pengunjung. Dengan begitu, Anda dapat menikmati potensi keuntungan yang cukup besar dari usaha cafe kekinian.

Peluang Bisnis Cafe Kekinian

Membuka cafe kekinian bukan hanya sekedar ikut-ikutan tren jenis makanan yang sedang populer. Sedang beken es kepal Milo, maka membuka cafe dengan menu utama es kepal Milo. Sedang beken ayam geprek maka membuka restoran ayam geprek. Ketika masa cafe dengan menu utama mie, maka membuka cafe dengan menu mie. Ketika sedang populer es krim murah, maka membuka cafe dengan menu es krim.

Bukan, cafe kekinian bukanlah itu.

Cafe kekinian adalah cafe yang menawarkan pengalaman yang unik dan menarik, seperti konsep yang inovatif, interior yang Instagramable, dan menu yang menarik. Cafe kekinian juga cenderung lebih mengutamakan kualitas daripada kuantitas, sehingga dapat memberikan pengalaman yang lebih memuaskan bagi pengunjung. Ada beberapa contoh ide bisnis cafe kekinian yang bisa anda coba:

Cafe Ramah Lingkungan

Merupakan cafe yang menyediakan makanan dan minuman yang didasarkan pada konsep “sustainability” atau ramah lingkungan. Contohnya, menggunakan bahan-bahan organik dan ramah lingkungan, serta mengurangi sampah dengan mengadopsi sistem “bring your own container”.

Cafe Proud of Indonesia

Cafe ini menyediakan makanan dan minuman dari bahan-bahan lokal dan tradisional. Contohnya, menyajikan masakan khas daerah setempat yang jarang ditemukan di cafe lain.

Cafe Escape Room

Sebuah konsep unik dimana cafe yang menyediakan pengalaman dengan konsep “escape room” bagi para pengunjung. Di cafe ini pengunjung harus menyelesaikan teka-teki untuk bisa keluar dari cafe.

Cafe Sehat

Cafe yang menyediakan makanan dan minuman yang didasarkan pada konsep “health and wellness”, contohnya menyediakan makanan sehat dan bergizi, serta menyediakan aktivitas olahraga seperti yoga atau Pilates. Jika perlu, ada tabel berapa besar kalori tiap menu makanan, dan berikan juga pilihan menu makanan dengan jumlah kalori tertentu sehingga cocok untuk mereka yang sedang diet.

Cafe si Kutu Buku

Cafe yang menyediakan pengalaman unik dengan konsep “book club”, di mana pengunjung dapat berkumpul untuk membaca buku dan berdiskusi. Sediakan juga beberapa ruangan yang cukup instagramable dimana pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang rak-rak buku, atau benda-benda yang mewakili semangat membaca. Misalnya patung sarjana burung hantu.

Seni di Cafe

Merupakan cafe yang menyediakan pengalaman unik dengan konsep “artsy”, di mana pengunjung dapat menikmati makanan dan minuman sambil menyaksikan pertunjukan seni atau mengejar hobi seni mereka sendiri. Bisa juga dengan konsep dimana terdapat galeri seni berupa lukisan yang terpasang di dinding-dinding cafe. Anda bisa bekerjasama dengan mahasiswa seni untuk menjadikan cafe anda galeri seni para mahasiswa. Dengan cara ini maka lukisan di dinding cafe bisa berganti tiap minggunya.

Cafe Ramah Hewan

Cafe yang menyediakan pengalaman unik dengan konsep “pet-friendly”, di mana pengunjung dapat membawa hewan peliharaan mereka dan menikmati makanan dan minuman bersama.

Itulah beberapa peluang bisnis cafe kekinian yang bisa anda coba. Semoga bisa membantu anda memilih konsep cafe, atau membantu anda mengembangkan konsep cafe yang sedang anda bangun. Terimakasih.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.