Mengenal Apa Saja Prinsip Kalibrasi, Simak Detailnya!

0

Pada saat kita melakukan pengukuran baik pada pengukuran berat badan maupun tinggi badan, tentunya kita memerlukan alat ukur bukan. Tidak hanya itu saja, suatu usaha industri juga memerlukan suatu alat ukur untuk membantu meringankan pekerjaan mereka. Apakah Anda tahu, suatu alat ukur yang layak untuk digunakan perlu melakukan kalibrasi terlebih dahulu. Akan tetapi apakah itu kalibrasi? Namun untuk dapat memahami kalibrasi dan dapat melakukannya dengan maksimal, Anda perlu mengetahui prinsip dari kalibrasi terlebih dahulu. 

Pentingnya Mengetahui Prinsip Kalibrasi

Pada bagian ini mari kita bahas tentang apa itu kalibrasi? Kalibrasi adalah kegiatan untuk menentukan kebenaran konvensional nilai yang ditunjukan oleh alat ukur dan bahan ukur dengan cara membandingkan dengan standar yang mampu tertelusur ke standar nasional maupun standar internasional, dan juga menggunakan bahan-bahan acuan bersertifikat. Adapun prinsip-prinsip yang akan digunakan pada saat melakukan kalibrasi, untuk prinsip tersebut akan kita bahas pada pembahasan selanjutnya. 

Berikut Adalah Beberapa Prinsip Kalibrasi Yang Harus Diketahui

Adapun beberapa prinsip kalibrasi itu sendiri. Pada dasarnya prinsip kalibrasi sama dengan syarat kalibrasi. Agar Anda dapat lebih memahami tentang kalibrasi. mari kita bahas satu persatu mengenai prinsip-prinsip yang harus digunakan sebagai landasan melakukan kalibrasi pada alat ukur. Simak dengan baik untuk setiap poin prinsip kalibrasi. Berikut ini merupakan penjelasannya, yaitu:

Adanya Obyek Ukur

Hal pertama harus Anda perhatikan yaitu obyek ukur. Untuk melakukan proses kalibrasi tentu Anda harus memiliki obyek ukur yang akan digunakan sebagai pembanding antara alat ukur milik Anda dengan obyek ukur ini. Dengan begitu Anda memiliki obyek untuk membandingkan hasil pengukuran pada alat tersebut. 

Adanya Standar Ukur Kalibrasi

Untuk prinsip selanjutnya yaitu standar ukur kalibrasi yang mengacu ke standar kalibrasi internasional, atau prosedur yang dikembangkan sendiri oleh laboratorium tersebut. Yang tentunya telah divalidasi oleh KAN (lembaga Komite Akreditasi Nasional). Standarisasi ini sangat penting, karena apa bila Anda melakukan kalibrasi akan tetapi tidak menggunakan standarisasi yang telah ditetapkan maka alat ukur tersebut belum memiliki bukti layak digunakan. 

Tim Kalibrasi atau Personil Kalibrasi Yang Kompeten

Kemudian mengenai tim atau personil yang akan menangi proses kalibrasi harus memiliki kemampuan yang telah dibuktikan dengan sertifikat, Dengan begitu dapat meminimalisir kesalahan pada saat proses kalibrasi berlangsung dan juga hasil kinerja yang mereka dapat memberikan hasil yang sempurna. 

Lingkungan Kalibrasi Yang Dikondisikan

Adapun prinsip selanjutnya yaitu mengenai lingkungan kalibrasi harus dapat terkondisikan. Mengenai suhu dan juga kelembaban harus selalu dikontrol, karena dengan begitu gangguan faktor lingkungan luar dapat diminimalisir. Hal ini penting untuk dikondisikan, karena dapat mempengaruhi pengujian kalibrasi. Maka dari itu, sebelum Anda melakukan kalibrasi sebaiknya Anda selalu mengecek seluruh keadaan yang ada di ruang laboratorium tersebut. 

Kesimpulan

Untuk melakukan proses kalibrasi ini memang tidak boleh asal melakukannya saja. Sebelum itu kita harus telah memahami berbagai prinsip yang menjadi landasan untuk melakukan kalibrasi. Setiap poin prinsip yang telah kita bahas, harus benar-benar kita pahami. Karena jika tidak proses kalibrasi yang Anda lakukan tidak akan menghasilkan alat ukur tersebut menjadi meningkat keakuratannya, justru mungkin dapat menghasilkan dampak buruk bagi Anda sendiri. 

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.