Program Pemeliharaan Preventif dan Kalibrasi untuk Memastikan Keandalan pada Alat

0

Produk yang berkualitas dihasilkan oleh peralatan ukur yang memiliki pengukuran yang akurat. Setidaknya dengan pikiran seperti itu maka Anda akan tersadar bagaimana pentingnya untuk menjaga akurasi dari pengukuran alat ukur yang ada di industri Anda. Terlebih, dengan produk yang berkualitas tentu saja akan menguntungkan bagi industri Anda dalam jangka panjang. Maka dari itu, dibutuhkanlah pemeliharaan preventif terhadap alat ukur.

Selain pemeliharaan secara preventif, alat ukur juga perlu adanya kalibrasi untuk memastikan keandalan alat ukur. Mari kita cari tahu program pemeliharaan preventif dan kalibrasi untuk bisa memastikan keandalan dari sebuah instrumen.

Tujuan dari Program Pemeliharaan Preventif dan Kalibrasi

Kalibrasi adalah bagian penting dari pemeliharaan preventif, karena memastikan peralatan dan instrumen Anda akurat, andal, dan konsisten. Namun, kalibrasi juga dapat menimbulkan kesalahan atau masalah yang mempengaruhi kualitas pemeliharaan preventif Anda, jika tidak dilakukan dengan benar atau cukup sering. 

Pemeliharaan preventif memiliki tujuan untuk memperkecil kemungkinan terjadinya kerusakan. peralatan yang mengalami kerusakan dengan atau tanpa penggantian suku cadang tentu saja akan memberikan kehematan untuk pemeliharaan instsrumen Anda.

Dan juga, akan dibantu dengan kalibrasi. Kalibrasi memiliki tujuan yang sangat pasti yaitu agar pengukuran dari sebuah alat ukur memiliki akurasi yang tepat dan juga sesuai dengan standar.

Adanya kedua hal tersebut akan membantu alat ukur memiliki akurasi yang baik dan juga dengan operasional industri yang terjaga.

Manfaat Jika Menjalankan Program Pemeliharaan Preventif dan Kalibrasi

Bagaimana dengan manfaatnya? Dengan tujuan dari pemeliharaan preventif dan diiringi dengan kalibrasi secara rutin, ini akan memberikan banyak manfaat, di antaranya:

Dapat Mencegah Perbaikan yang Lebih Besar

Dengan adanya pemeliharaan preventif tentu saja alat ukur Anda bisa Anda ketahui apakah ada kerusakan atau tidak. Apabila Anda mengabaikannya, satu kerusakan yang seharusnya tidak mengeluarkan biaya yang besar, malah akan memakan biaya yang besar karena kerusakan semakin parah.

Meningkatkan Efisiensi Kerja Mesin

Kalibrasi dan pemeliharaan preventif akan meningkatkan efisiensi dari kerja mesin. Mesin bisa bekerja dengan efisien dan ini akan memberikan produk yang berkualitas.

Mengoptimalkan Tingkat Produktivitas

Selain kualitas, tentu saja Anda ingin kuantitas. Kalibrasi dan juga program preventif bisa membantu untuk mengoptimalkan tingkat produktivitas dari mesin dan juga pekerja.

Mengurangi Penggunaan Energi Berlebih

Dengan adanya kalibrasi dan juga pemeliharaan preventif, tentu saja akan memberikan mesin memiliki efisiensi energi. Anda bisa mengerti apa saja yang seharusnya Anda pasang selama masa produksi agar tidak membuang-buang energi yang seharusnya tidak Anda butuhkan.

Dapat Meminimalisir Downtime

Karena mesin dan juga berbagai alat ukur dilakukan pemeliharaan preventif dan juga kalibrasi, mesin atau alat ukur bisa memberikan hasil kerja yang sangat optimal. Dengan kata lain, tidak akan ada yang namanya downtime atau waktu henti yang akan merugikan perusahaan Anda.

1 jam mesin berhenti karena rusak dan dibenarkan, tentu saja akan merugikan produktivitas bukan?

Kesimpulan

Itulah tadi pentingnya program pemeliharaan preventif dan kalibrasi. Setiap perusahaan manufaktur dan juga industri yang lainnya seperti sektor kesehatan juga perlu menerapkan program ini. Pemeliharaan preventif dan kalibrasi harus dilakukan secara beriringan demi produktivitas dari industri barang dan juga jasa.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.