Memahami Racun B3 dan Tata Cara Memperlakukannya

0

Sebenarnya sebelum menjadi limbah, B3 ini akan dimanfaatkan dengan baik dan benar. Akan tetapi yang namanya limbah atau bahan yang sudah tidak berguna ini pasti akan selalu ada dan memiliki berbagai sifat, salah satu sifat dari bahan ini adalah racun B3 yang dapat membahayakan bagi makhluk hidup.

Zat beracun adalah zat yang dapat meracuni atau menyebabkan efek kesehatan. Orang-orang umumnya khawatir tentang bahan kimia seperti bifenil poliklorinasi (PCB) dan dioksin yang dapat ditemukan di beberapa lokasi limbah berbahaya.

Agar racun pada bahan ini dapat dihindari maka ada tata cara untuk memperlakukannya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan bagi lingkungan dan makhluk hidup. Apa saja yang perlu Anda ketahui tentang racun B3? Mari kita bahas secara mendalam di halaman ini!

Darimana Sumber Racun B3 Berasal?

Mengejutkannya, ternyata untuk sumber racun dari B3 ini bisa berasal dari produk yang sering kita gunakan sehari-hari. Produk yang kita gunakan sehari-hari, seperti pembersih rumah tangga, obat resep dan obat bebas, bensin, alkohol, pestisida, bahan bakar minyak dan kosmetik, juga bisa menjadi racun. Bahan kimia apa pun bisa menjadi racun atau berbahaya dalam kondisi tertentu.

Memang secara universal kita akan menganggap semua B3 itu beracun, akan tetapi dengan pengelolaan yang benar dan penggunaan yang benar B3 tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik. 

Kembali lagi, tidak semua B3 ini bisa dimanfaatkan seluruhnya. Misalkan pembersih lantai. Memang itu bisa membersihkan lantai, akan tetapi bekas dari perasan pembersih lantai tersebut merupakan racun B3 yang dapat mencemari lingkungan. Akan tetapi, racun tersebut memang tidak setinggi itu sehingga bisa memperparah lingkungan dan makhluk hidup.

Tingkatan Racun B3 yang Perlu Dipahami

Sebenarnya racun yang ada pada bahan berbahaya dan beracun ini ini memiliki tingkatannya tersendiri yang harus dipahami. Pemahaman akan tingkatan ini akan berguna sekali untuk mengetahui sebenarnya penanganan seperti apa racun B3 dengan tingkatan yang tinggi dan bagaimana yang rendah.

Berikut ini adalah tingkatan racun B3 yang perlu dipahami:

UrutanKelompokLD 50 (mg/kg)
1Amat sangat beracun (extremely toxic)<1
2Sangat beracun (highly toxic)1 – 50
3Beracun (moderately toxic)51 – 500
4Agak beracun (slightly toxic)501 – 5.000
5Praktis tidak beracun (practically non-toxic)5001 – 15.000
6Relatif tidak berbahaya (relatively harmless)> 15.000

Tata Cara yang Benar Dalam Memperlakukan Racun B3

Selama Anda sudah tahu darimana racun pada B3 itu berasal dan tingkatannya seperti apa, Anda akan bisa mengurangi dampak yang paling buruk dari racun B3 ini, bahkan bisa sampai menghilangkan efek buruk dari racun B3.

Ada pula tata cara yang benar dalam memperlakukan racun B3, yaitu dengan melalui tata cara berikut ini:

  1. Mengetahui apa yang kita kerjakan atau hasilkan dari pekerjaan kita adalah penting agar kita dapat memperlakukannya dengan benar.
  2. Selalu gunakan peralatan pelindung diri yang diperlukan sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan.
  3. Pasang identifikasi seperti simbol dan label pada bahan-bahan tersebut untuk mencegah penggunaan yang salah.
  4. Tempatkan bahan atau limbah pada tempat yang sesuai dan ditentukan untuk menghindari penyalahgunaan atau kontaminasi.
  5. Buang sisa atau kemasan bahan sesuai dengan peraturan yang berlaku, mengikuti prosedur pengelolaan limbah yang tepat.
  6. Jangan pernah mencampur bahan-bahan tersebut secara sembarangan, karena dapat menyebabkan reaksi berbahaya atau tidak terduga.

Simbol Racun B3 yang Perlu Diketahui

Untuk mendefinisikan B3 akan selalu digunakan simbol. Simbol ini bisa menjadi sebuah penanda apa yang menjadi sifat dari B3 tersebut. Simbol B3 ini sangat berguna untuk memahami pembacanya untuk bisa bertindak sesuai dengan yang disyaratkan dan sebagai penjelasan bagaimana nanti mengelola racun B3.

Warna dasar putih dengan garis tepi tebal berwarna merah. Simbol berupa gambar tengkorak dan tulang bersilang. Simbol ini menunjukkan suatu bahan yang memiliki karakteristik sebagai bahan yang dapat memicu gangguan kesehatan bahkan kematian.

Kesimpulan

Sudah paham dengan racun B3? Selalu ingat untuk memahami berbagai jenis B3 lainnya agar bisa menanganinya dengan bijak dan juga Anda bisa terhindari dari bahaya yang selalu ada di semua jenis limbah B3.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.