Ruang Lingkup Kalibrasi Akustik dan Vibrasi dan Daftar Alat Ukurnya

0

Dalam sebuah industri terdapat berbagai macam pengukuran, hal ini dikarenakan sesuai dengan kebutuhan yang berada di pasaran. Contohnya saja alat yang akan kita pelajari pada artikel ini yaitu ruang lingkup kalibrasi akustik dan vibrasi.

Ruang lingkup kalibrasi akustik dan vibrasi merupakan alat ukur yang digunakan untuk mengukur getaran dan juga suara, hal ini biasanya digunakan ada bidang kedirgantaraan, otomotif, dan manufaktur.

Dalam ruang lingkup kalibrasi akustik dan vibrasi terdapat berbagai macam alat ukur, rentang pengukuran dan juga mitra jasa kalibrasi yang dapat menyuplai kebutuhan kalibrasi pada alat-alat ukur akustik. Hal ini lah yang akan kita bahas lebih mendalam pada ulasan berikut ini.

Ruang Lingkup Kalibrasi Akustik dan Vibrasi

Pengukuran ruang lingkup akustik dan vibrasi melibatkan pengukuran dan analisis getaran dan suara pada berbagai objek, terutama mesin industri. Tujuan pengukuran ini adalah untuk mendeteksi potensi kerusakan dan mengukur kondisi mesin agar dapat dijaga dan diperbaiki dengan tepat.

Alat-alat yang digunakan dalam ruang lingkup ini termasuk vibration analyzer, transduser acceleration, dan peralatan pengukuran suara lainnya. Pengukuran vibrasi dilakukan dengan menggunakan satuan harga peak to peak dan harga root means square (RMS) untuk mengukur amplitudo dan energi efektif getaran.

Pentingnya kalibrasi pada alat ukur di ruang lingkup ini tidak dapat diabaikan. Kalibrasi perlu dilakukan secara berkala untuk memastikan keakuratan dan ketepatan alat ukur. Tanpa kalibrasi yang tepat, hasil pengukuran dapat mengalami deviasi, menyebabkan kesalahan dalam penilaian kondisi mesin dan dapat berakibat pada kerugian yang lebih besar.

Daftar Alat Ukur pada Ruang Lingkup Kalibrasi Akustik dan Vibrasi

Berikut ini adalah daftar beberapa alat ukur yang umumnya digunakan dalam ruang lingkup kalibrasi akustik dan vibrasi. Dengan memahami peran dan fungsi masing-masing alat ini, Anda akan siap untuk mengambil langkah yang diperlukan dalam memastikan akurasi pengukuran di bidang ini. Berikut adalah daftarnya:

  1. Vibration Meter
  2. Sound Meter
  3. Noise Meter
  4. Sound Level
  5. Sound Calibrator
  6. Exciter
  7. Vibration Calibrator dan Meja Vibrasi

Sektor yang Menggunakan Alat Ukur pada Ruang Lingkup Akustik dan Vibrasi

Alat-alat ukur dalam ruang lingkup akustik dan vibrasi sering digunakan pada sektor industri, terutama industri manufaktur, otomotif, penerbangan, perkapalan, serta sektor-sektor lain yang menggunakan mesin dan peralatan yang memerlukan pemantauan dan evaluasi getaran dan suara.

Penting untuk mengingat bahwa alat-alat ukur ini harus selalu dikalibrasi secara berkala untuk memastikan keakuratan pengukuran dan kesesuaiannya dengan standar yang berlaku.

Mitra Terakreditasi KAN pada Ruang Lingkup Kalibrasi Akustik dan Vibrasi

Untuk melakukan kalibrasi alat-alat ukur akustik dan vibrasi, Anda dapat menggunakan jasa kalibrasi dari kalibrasi.com. Kalibrasi.com telah bekerja sama dengan mitra-mitra terakreditasi KAN yang memiliki kompetensi dan keandalan dalam melakukan kalibrasi pada alat-alat dalam ruang lingkup ini.

Beberapa mitra terakreditasi KAN pada ruang lingkup kalibrasi akustik dan vibrasi di kalibrasi.com antara lain:

  1. PT. Dinamika Kalibrasi Nasional
  2. PT. Trusur Unggul Teknusa
  3. PT. Mutuagung Lestari

(dan mitra terakreditasi lainnya)

Kesimpulan

Kesimpulannya, pengukuran akustik dan vibrasi merupakan hal penting dalam memantau kondisi mesin dan peralatan industri. Alat-alat ukur dalam ruang lingkup ini harus dikalibrasi secara berkala agar hasil pengukuran akurat dan dapat diandalkan.

Dengan menggunakan jasa kalibrasi dari kalibrasi.com dan mitra-mitra terakreditasi KAN, Anda dapat memastikan alat-alat ukur Anda berfungsi dengan tepat dan mendapatkan hasil yang akurat. Jangan ragu untuk mengisi form di bawah ini jika Anda membutuhkan penawaran jasa kalibrasi pada ruang lingkup ini.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.