Ruang Lingkup Kalibrasi Fotometri dan Daftar Alat Ukurnya

0

Fotometri adalah metode untuk mengukur kandungan suatu zat dalam campuran dengan mengukur absorbsinya terhadap cahaya. Peralatan fotometri sangat penting dalam laboratorium klinik karena dapat mengukur intensitas cahaya suatu larutan. Banyak laboratorium klinik menggunakan alat ini untuk menentukan kadar zat dalam cairan tubuh seperti serum atau plasma. Prinsip dasar fotometri adalah mengukur penyerapan cahaya dari sinar dengan panjang gelombang tertentu oleh larutan atau zat warna yang dilaluinya.

Pengukuran fotometri akan dilakukan dengan menggunakan berbagai instrumen fotometri. Ada berbagai objek fotometri yang dilakukan pengukuran dengan instrumen berbeda-beda. Semua instrumen ini harus dilaksanakan kalibrasi untuk mendapatkan pengukuran yang akurat.

Ruang Lingkup Kalibrasi Fotometri

Ruang lingkup kalibrasi fotometri adalah sebuah proses yang sangat membantu untuk bisa memastikan keakuratan instrumen atau alat ukur yang digunakan dalam mengukur cahaya dan sifat-sifatnya, seperti intensitas atau warna. Pada ruang lingkup ini, terdapat berbagai peralatan yang harus dilaksanakan kalibrasi dengan interval tertentu dan juga dengan menggunakan metode yang bisa berbeda setiap instrumennya.

Daftar Alat Ukur pada Ruang Lingkup Kalibrasi Fotometri

Agar bisa memahami ruang lingkup kalibrasi fotometri, berikut ini adalah daftar alat ukur pada ruang lingkup fotometri yang perlu untuk Anda ketahui:

  • Jasa kalibrasi luxmeter
    Luxmeter adalah perangkat untuk mengukur kecerahan, khususnya, intensitas kecerahan yang tampak oleh mata manusia. Alat ukur ini masuk ke dalam ruang lingkup kalibrasi fotometri sesuai dengan tujuan penggunaannya, oleh karena itu penting dalam mencari jasa kalibrasi luxmeter yang tepat dan sesuai standar acuan.
  • Jasa kalibrasi LED meter
    Pernahkah Anda berpikir bahwa LED itu juga harus dilakukan pengukuran? Ini adalah tugas dari LED meter. Alat ukur ini digunakan untuk mengukur iluminasi. Hasil iluminasi akan muncul dalam tampilan pengukur cahaya sebagai Lux atau Footcandle. Lux dan Footcandle mengukur hal yang sama. Perbedaannya adalah footcandle adalah ukuran imperial, sedangkan lux adalah metrik. Untuk kalibrasinya bisa dicek di jasa kalibrasi LED meter.
  • Jasa kalibrasi light meter
    Light meter atau pengukur cahaya adalah alat yang digunakan untuk mengukur jumlah cahaya. Dalam fotografi, pengukur cahaya digunakan untuk menentukan eksposur yang tepat untuk sebuah foto. Selain itu, light meter juga akan berguna bagi industri untuk menentukan keterangan dari ruangan produksinya demi keselamatan dan juga kenyamanan dalam pekerjaan. Oleh karena itu pilihlah jasa kalibrasi yang tepat seperti di jasa kalibrasi light meter.
  • Jasa kalibrasi gloss meter
    Gloss meter merupakan alat ukur yang digunakan untuk mengukur pantulan cahaya. Alat ukur ini mengukur cahaya berdasarkan jumlah cahaya yang dipantulkan pada permukaan relatif terhadap standar referensi kaca yang dipoles, diukur dalam Gloss Units (GU). Untuk cara kalibrasi dan jasa terpercaya bisa cek di jasa kalibrasi gloss meter.
  • Jasa kalibrasi light box
    Light box atau kamera pembanding warna visual adalah peralatan untuk evaluasi visual produk, perbandingan sampel, perbandingan standar dan sampel, evaluasi perbedaan warna antara produk atau bahan, dan masih banyak lagi. Peralatan ini membakukan parameter pengaruh dalam evaluasi visual warna, khususnya, jenis pencahayaan dan latar belakang. Selengkapnya mengenai kalibrasinya dan jasa terakreditasi KAN bisa disimak di jasa kalibrasi light box.
  • Jasa kalibrasi suhu warna lampu tipe A
    Dan terakhir, kalibrasi di ruang lingkup fotometri adalah dengan melakukan kalibrasi untuk suhu warna lampu dengan jenis lampu tipe A. Selengkapnya langsung saja cek di Jasa kalibrasi suhu warna lampu tipe A.

Sektor yang Menggunakan Alat Ukur pada Ruang Lingkup Fotometri

Sektor yang menggunakan alat ukur pada ruang lingkup fotometri adalah sektor laboratorium, terutama laboratorium klinik dan laboratorium analisis kimia. Selain itu, sektor industri juga dapat menggunakan alat ukur fotometri untuk mengontrol kualitas produk dan memastikan keberadaan atau konsentrasi bahan tertentu dalam proses produksi.

Semua sektor tersebut memang memiliki kepentingan dalam penggunaan instrumen fotometri. Dengan pengukuran yang tepat, pastinya semua pekerjaan bisa dilaksanakan dengan lancar bukan?

Mitra Terakreditasi KAN pada Ruang Lingkup Kalibrasi Fotometri

Semua akan mudah apabila Anda mempercayakan Kalibrasi.com untuk urusan kalibrasi instrumen fotometri! Kalibrasi.com merupakan platform online kalibrasi terakreditasi dari Komite Akreditasi Nasional atau KAN. Kalibrasi.com bekerjasama dengan berbagai laboratorium kalibrasi terakreditasi KAN juga yang memiliki ruang lingkup beragam, salah satunya adalah ruang lingkup kalibrasi fotometri.

Untuk mitra terakreditasi KAN yang akan melaksanakan kalibrasi pada instrumen fotometri Anda adalah PT. Mandiri Transforma Global. 

Kesimpulan

Melaksanakan kalibrasi pada alat ukur yang ada di ruang lingkup fotometri memanglah sangat menguntungkan. kepercayaan Anda kepada Kalibrasi.com juga merupakan langkah yang tepat dalam memilih jasa kalibrasi di ruang lingkup kalibrasi fotometri.

Anda bisa mengisi form di bawah ini untuk melakukan penawaran kalibrasi instrumen fotometri yang Anda miliki dan dapatkan penawaran menarik lain yang menanti Anda!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.