Ruang Lingkup Kalibrasi Kekerasan dan Daftar Alat Ukurnya

0

Dalam kehidupan sehari-hari, secara tidak sadar kita mungkin menggunakan pengukuran untuk menentukan suatu satuan yang berlaku untuk tujuan tertentu. Dalam dunia ini, pengukuran adalah aspek penting untuk berbagai hal termasuk untuk perindustrian ataupun bisnis dan juga macamnya juga banyak. Salah satu jenis pengukuran yakni pengukuran kekerasan yang juga memiliki tujuan yang tidak kalah penting dengan pengukuran lainnya.

Nah dari pengukuran kekerasan yang kita kenal sehari-hari ada istilahnya yakni hardness. Di mana hardness ini merupakan istilah pengukuran yang dilakukan untuk mengetahui sejauh mana resistansi suatu bahan atau material terhadap penetrasi indentor tertentu. Sederhananya, pengujian kekerasan merupakan tes cepat dan non destruktif yang digunakan untuk mengkarakterisasi material dan menentukan apakah mereka cocok untuk tujuan penggunaannya.

Ruang Lingkup Kalibrasi Kekerasan

Sama seperti alat ukur lainnya, bahwa alat ukur yang digunakan dalam ruang lingkup pengukuran kekerasan juga perlu dilakukan kalibrasi. Ruang lingkup kalibrasi kekerasan sangat penting untuk memastikan bahwa alat ukur tersebut bekerja dengan baik dan memberikan hasil pengukuran yang akurat dan valid. 

Setidaknya kalibrasi memberikan manfaat yang sangat dibutuhkan kepada lingkup kekerasan ini seperti:

  • Terhindar dari kesalahan pengukuran yang bisa berakibat fatal terutama bagi keselamatan pekerja.
  • Meningkatkan keakuratan hasil pengukuran dan produksi.
  • Dapat meningkatkan reputasi perusahaan dengan menggunakan alat ukur yang dikalibrasi secara rutin. 

Daftar Alat Ukur pada Ruang Lingkup Kalibrasi Kekerasan

Ada beberapa alat yang digunakan dalam ruang lingkup kalibrasi kekerasan, diantaranya adalah:

  • Jasa Kalibrasi Hardness Tester: layanan Jasa Kalibrasi Hardness Tester disediakan untuk mengkalibrasi jenis alat ukur hardness tester, alat ini digunakan untuk mengukur tingkat kekerasan pada suatu bahan maupun material.
  • Jasa Kalibrasi Durometer: jasa kalibrasi durometer dikhususkan untuk mengkalibrasi alat ukur durometer yang digunakan untuk memastikan hasil ukur kekerasan didasarkan pada mengukur kekuatan perlawanan dari penetrasi jarum ke dalam bahan uji di bawah beban pegas diketahui.

Sektor yang Menggunakan Alat Ukur pada Ruang Lingkup Kekerasan

Alat ukur kekerasan banyak digunakan di berbagai sektor industri. Diantaranya adalah sektor manufaktur, konstruksi, otomotif, hingga industri teknologi. Ruang lingkup kalibrasi kekerasan untuk alat ukur kekerasan sangat penting, dan sangat merekomendasikan untuk menggunakan jasa yang terpercaya seperti Kalibrasi.com.

Mitra Terakreditasi KAN pada Ruang Lingkup Kalibrasi Kekerasan

Adapun beberapa alasan mengapa Anda harus memilih jasa ruang lingkup kalibrasi kekerasan di Kalibrasi.com salah satunya yakni terakreditasi KAN. Kalibrasi.com sendiri merupakan perusahaan teknologi yang memusatkan layanan kalibrasi dalam satu wadah dengan ruang lingkup yang luas. Yang mana Kalibrasi.com memiliki mitra-mitra yang terakreditasi KAN sehingga setiap Anda bisa mendapatkan jaminan bahwa alat ukur Anda dikalibrasi dengan baik dan sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Kesimpulan

Dari bahasan di atas, kita dapat membahas tentang pentingnya pengukuran kalibrasi kekerasan. Pengukuran kekerasan sendiri sangat penting di berbagai jenis industri. Alat ukur yang digunakan dalam pengukuran kekerasan perlu dikalibrasi secara teratur untuk memastikan hasil pengukuran yang akurat dan sesuai dengan standar internasional. 

Bagi Anda yang ingin melakukan kalibrasi di ruang lingkup kalibrasi kekerasan, sangat direkomendasikan untuk memilih Kalibrasi.com sebagai partner Anda. Untuk memudahkan Anda dalam mengajukan permintaan kalibrasi di Kalibrasi.com, Anda bisa mengisi form di bawah ini.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.