Ruang Lingkup Kalibrasi Massa dan Daftar Alat Ukurnya

0

Keakuratan adalah kunci karena anak timbangan digunakan untuk mengkalibrasi timbangan dan peralatan penimbangan lainnya, anak timbangan yang tidak akurat, pada gilirannya, akan memiliki efek tidak langsung dan akan menghasilkan kalibrasi massa yang tidak akurat. Seperangkat anak timbangan yang dikalibrasi memungkinkan kesalahan skala timbangan dinilai dan dikoreksi hingga akurasi tertinggi.

Maka dari itu, dengan kasus yang sering terjadi pada berbagai timbangan massa ini perlu adanya pembenaran apakan alat ukur di ruang lingkup kalibrasi massa ini bisa terpercaya dan juga sesuai dengan standar. Pastinya, setiap alat ukur massa akan mengalami penurunan akurasi seiring dengan berjalannya waktu dan juga dengan seringnya digunakan.

Apa saja yang menjadi alat ukur massa yang perlu untuk dilakukan kalibrasi secara rutin? Mari kita cari tahu di sini!

Ruang Lingkup Kalibrasi Massa

Berat sering dianggap sama dengan massa, namun ada perbedaan, yang penting untuk diperhatikan untuk tujuan kalibrasi:

  • Massa adalah ukuran jumlah materi yang membentuk objek.
  • Berat adalah gaya gravitasi yang bekerja pada benda.

Pada laboratorium kalibrasi yang bertugas untuk melakukan kalibrasi pada alat ukur massa, mereka akan menggunakan standar acuan yang sesuai dengan standar internasional. Biasanya, selama proses akan menggunakan standar ISO 17025.

Daftar Alat Ukur pada Ruang Lingkup Kalibrasi Massa

Untuk bisa lebih memahami tentang alat ukur massa dan pentingnya untuk mengkalibrasinya, Anda bisa melihat daftar alat ukur pada ruang lingkup ini yang wajib untuk dilakukan kalibrasi secara rutin:

  • Jasa kalibrasi timbangan mekanik
    Timbangan mekanik menjadi salah satu alat ukur massa yang sering digunakan di industri. Jadi, memilih jasa kalibrasi timbangan mekanik yang benar adalah sebuah keharusan.
  • Jasa kalibrasi timbangan analitic
    Selain timbangan mekanik, ada timbangan analitic. Jasa timbangan analitic ini biasanya digunakan di sektor seperti laboratorium.
  • Jasa kalibrasi timbangan digital
    Berbeda dengan timbangan mekanik, timbangan digital sebenarnya bisa melakukan kalibrasi dari menunya. Akan tetapi, dengan jasa kalibrasi timbangan digital di laboratorium kalibrasi terakreditasi bisa memberikan pengukuran yang lebih optimal.
  • Jasa kalibrasi timbangan gantung
    Jasa kalibrasi timbangan gantung merupakan kalibrasi untuk timbangan yang seringkali digunakan di sektor pertanian dan juga perkebunan.
  • Jasa kalibrasi timbangan bayi
    Untuk sektor seperti pelayanan kesehatan masyarakat, jasa kalibrasi timbangan bayi termasuk ke dalam ruang lingkup kalibrasi massa.
  • Jasa kalibrasi timbangan 1 ton
    Untuk timbangan dengan massa yang lebih besar, ada timbangan 1 ton. Timbangan ini sangat rentang adanya kesalahan pengukuran karena massa yang ditimbang sangat besar. Oleh karena itu dengan adanya jasa kalibrasi timbangan 1 ton ini sangat membantu.
  • Jasa kalibrasi anak timbangan
    Anak timbangan juga harus dilakukan kalibrasi agar nantinya pengukuran pada timbangan bisa sesuai dengan standar. Untuk lebih mudahnya bisa dengan menggunakan jasa kalibrasi anak timbangan yang profesional dan terakreditasi KAN.
  • Jasa kalibrasi anak timbangan E1
    Anak timbangan E1 ini dituntut untuk melakukan pengukuran yang presisinya tinggi. Jasa kalibrasi anak timbangan E1 digunakan untuk memastikan ketertelusuran antara standar massa nasional dengan nilai yang diturunkan, khususnya pada bobot kelas E2 yang memiliki tingkat ketelitian yang lebih rendah.
  • Jasa kalibrasi beban
    Untuk berbagai alat ukur beban lainnya, ini juga bisa termasuk ke dalam ruang lingkup kalibrasi massa. Selain itu, jasa kalibrasi beban ada untuk memudahkan dalam mengkalibrasikan alat ukur ini.
  • Jasa kalibrasi batching plant
    Untuk dunia konstruksi, alat pengukur berat seperti batching plant juga masuk ke dalam ruang lingkup kalibrasi massa. Maka dari itu dibutuhkanlah jasa kalibrasi batching plant untuk mempermudah proses.

Sektor yang Menggunakan Alat Ukur pada Ruang Lingkup Massa

Jika Anda bertanya apa saja sektor yang seringkali menggunakan alat ukur pada ruang lingkup massa, ini akan sangat banyak. Beberapa contoh sektor di antaranya:

Sektor yang menggunakan alat ukur dalam ruang lingkup massa meliputi:

  1. Industri Manufaktur
    Industri manufaktur menggunakan alat ukur massa untuk mengontrol dan memastikan kualitas produk yang dihasilkan, terutama dalam produksi barang-barang yang memiliki bobot tertentu.
  1. Laboratorium Kimia dan Farmasi
    Di laboratorium kimia dan farmasi, alat ukur massa digunakan untuk menimbang dan mengukur bahan kimia atau bahan obat dengan akurasi tinggi.
  1. Sektor Pertanian dan Peternakan
    Dalam sektor pertanian dan perkebunan, alat ukur massa digunakan untuk menimbang pakan ternak, hasil panen, dan bahan-bahan lain yang diperlukan dalam kegiatan pertanian.
  1. Industri Pangan
    Dalam industri pangan, alat ukur massa digunakan untuk mengukur bahan-bahan yang digunakan dalam proses produksi makanan, termasuk juga untuk mengontrol berat produk jadi.
  1. Sektor Transportasi
    Alat ukur massa digunakan dalam sektor transportasi, seperti untuk menimbang kargo dan muatan dalam kapal, truk, atau pesawat terbang.
  1. Sektor Kesehata
    Di rumah sakit atau fasilitas kesehatan, alat ukur massa digunakan untuk menimbang pasien atau obat-obatan dengan presisi.
  2. Energi Sektor
    Dan terakhir adalah energi sektor, alat ukur massa digunakan untuk mengukur berat bahan bakar, minyak, dan gas, serta digunakan dalam proses pengukuran dalam pembangkitan listrik.

Mitra Terakreditasi KAN pada Ruang Lingkup Kalibrasi Massa

Memilih jasa kalibrasi pada ruang lingkup massa memang sangat penting jika Anda berada di dalam sektor yang sudah disebutkan di atas. Anda pastinya memiliki alat ukur berat dan juga massa. Mempercayakan jasa kalibrasi ruang lingkup massa yang sudah mendapatkan akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional seperti Kalibrasi.com adalah terobosan yang paling tepat.

Kalibrasi.com merupakan platform online kalibrasi dengan ruang lingkup yang luas, termasuk massa. Semua mitra dari Kalibrasi.com yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia sudah mendapatkan akreditasi. Jadi, kompetensi dalam melakukan kalibrasi bisa terpercaya.

Kesimpulan

Ruang lingkup kalibrasi massa menjadi tanggung jawab untuk semua sektor. Apabila Anda ingin melakukan kalibrasi dengan berbagai penawaran menarik, pastikan Kalibrasi.com adalah pilihannya.

Anda bisa melakukan penawaran kalibrasi di Kalibrasi.com dengan mengisi form di bawah ini.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.