Ruang Lingkup Kalibrasi Volumetrik dan Daftar Alat Ukurnya

0

Tahukah Anda semakin berkembangnya teknologi modern juga mendukung kemunculan peralatan ukur baru yang semakin beragam. Adanya keragaman alat ini menjadikan masing-masing fungsi alat tersebut harus dikelompokkan menjadi satu ruang lingkup kalibrasi. Seperti yang akan dibahas kali ini, yaitu ruang lingkup kalibrasi Volumetrik.

Kalibrasi volumetric adalah suatu proses untuk menetukkan kembali ketepatan dan keakuratan pengukuran pada suatu alat ukur yang memiliki fungsi untuk mengukur volume suatu benda atau cairan. Proses kalibrasi pada peralatan ukur di ruang lingkup volumetric harus dilakukan secara rutin untuk memastikan hasil pengukuran yang akurat dan terpercaya. 

Untuk melakukan kalibrasi dalam ruang lingkup volumetric Anda dapat percayakan kepada Kalibrasi.com yang menyediakan layanan jasa kalibrasi untuk bermacam jenis alat ukur volumetric yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Nah untuk lebih lengkapnya mengenai ruang lingkup kalibrasi volumetric simak penjelasan berikut ini!

Ruang Lingkup Kalibrasi Volumetrik

Prosedur kalibrasi untuk alat ukur volumetric sangat dibutuhkan mengingat peralatan volumetric sering kali digunakan untuk kepentingan mengukur volume atau kapasitas zat yang digunakan pada laboratorium dan medis. Maka dari itu hasil pengukuran yang dilakukan oleh alat-alat volumetric harus dapat menunjukkan kebenaran.

Peralatan volumetrik sendiri terdiri dari berbagai jenis peralatan gelas atau kaca yang digunakan untuk mengukur volume cairan. Bahan gelas atau kaca digunakan dalam prosedur kimia karena memiliki reaktifitas yang dapat diabaikan, dan berdaya tahan tinggi. Meskipun begitu bukan berarti peralatan yang serba kaca tidak akan mengalami kesalahan pengukuran.  

Oleh karenanya alat-alat dalam ruang lingkup volumetrik membutuhkan kalibrasi secara berkala untuk mempertahankan kepresisiannya dalam melakukan pengukuran. Pengukuran yang akurat dari alat volumetric sangat penting untuk proses pengukuran dan pengujian agar tidak menyebabkan kerugian dan memastikan keselamatan serta keamanan produk yang dihasilkan. 

Daftar Alat Ukur pada Ruang Lingkup Kalibrasi Volumetrik

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, alat ukur volumetric terdiri dari bermacam perangkat yang berbahan gelas atau kaca. Berdasarkan bentuk dan fungsinya perangkat volumetrik memiliki banyak macamnya. Nah apa sajakah peralatan ukur yang termasuk dalam ruang lingkup kalibrasi Volumetrik itu? Berkut daftar alat ukur pada ruang lingkup volumetric :

Sektor yang Menggunakan Alat Ukur pada Ruang Lingkup Volumetrik

Dari keseluruhan daftar alat ukur volumetri diatas serta mengingat alat ini digunakan untuk mengukur volume atau kapasitas suatu cairan dapat diketahui jika penerapan alat ukur volumetric sangat erat kaitannya dengan sektor medis atau kesehatan seperti rumah sakit, klinik dan juga laboratorium kesehatan.  

Di Dalam pemanfaatannya alat ukur volumetric juga banyak digunakan diberbagai bidang karena fungsinya yang sedemikian dibutuhkan seperti pada bidang kimia, farmasi, industri,lingkungan, otomotif dan pastinya penelitian. Maka dari itu perlunya alat volumetric dikalibrasi untuk menghindari hal-hal yang merugikan, dan lakukan kalibrasi pada jasa kalibrasi yang telah terakreditasi seperti Kalibrasi.com.

Mitra Terakreditasi KAN pada Ruang Lingkup Kalibrasi Volumetrik

Dari penjelasan sebelumnya Anda tahu bahwa perlu adanya kalibrasi pada ruang lingkup alat volumetric yang dilakukan oleh laboratorium kalibrasi yang sudah terakreditasi atau tersertifikasi. Semua jadi dapat dilakukan dengn mudah jika menggunakan jasa kalibrasi. Mencari jasa kalibrasi dalam ruang lingkup kalibrasi volumetric? Kalibrasi.com dapat menjadi solusinya.

Platform ini telah bekerja sama dengan mitra yang telah terakreditasi KAN sebagai laboratorium operasional kalibrasi yang  berkualitas dan berkompeten melakukan kalibrasi, berikut mitra yang menyediakan layanan kalibrasi dalam ruang lingkup volumetric diantaranya :

  • PT. Mutuagung Lestari
  • PT Qualis Indonesia
  • PT. Mandiri Transforma Global
  • PT Hilab Sciencetama

Kesimpulan 

Itulah penjelasan mengenai kalibrasi pada ruang lingkup kalibrasi volumetric yang sangat penting untuk memastikan ketepatan dan akurasinya alat ukur volumetric. Dengan berbagai jenis alatnya yang digunakan dalam berbagai sektor medis pada khususnya sudah sewajibnya alat ukur volumetric dilakukan kalibrasi secara berkala agar tidak menjadi penyebab hal-hal yang kurang baik. 

Maka dari itu untuk mendapatkan kepastian keakuratan akurasi dari alat ukur volumetrik pilihlah jasa kalibrasi yang telah berkompeten dari Kalibrasi.com Jika Anda membutuhkan penawaran jasa kalibrasi pada ruang lingkup kalibrasi Volumetrik Anda dapat mengisi form yang tersedia dibawah ini

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.