Sama Tapi Beda, Ini Perbedaan City Hotel dan Bisnis Hotel

0

Walaupun sama-sama hotel, namun city hotel berbeda dengan bisnis hotel. Perbedaan tersebut terletak pada beberapa hal. Mulai dari pengertian, konsep, target pasar, harga, fasilitas, dan berbagai aspek lainnya.

perbedaan city hotel dan bisnis hotel-min
imagesource : agoda

Memahami perbedaan antara city hotel dengan bisnis hotel ini sangat penting bagi orang-orang tertentu, misalnya:

  • Orang yang hendak membuka bisnis hotel
    Tahu perbedaan city hotel dan bisnis hotel akan menentukan mana bisnis yang cocok dijalankan pada suatu tempat.
  • Orang yang ingin memberikan fasilitas terbaik pada klien luar negeri
    Klien atau tamu penting suatu perusahaan tentunya perlu diberikan tempat tinggal di hotel. Oleh sebab itu, sangat penting untuk tahu sebaiknya tamu tersebut diberikan hotel yang seperti apa sehingga klien dapat tinggal di hotel dengan nyaman.
  • Mencari tempat menginap
    Saat anda sedang mencari tempat menginap, tahu perbedaan antara city hotel, bisnis hotel, dan jenis hotel lainnya akan membantu menentukan mana hotel yang tepat dengan fasilitas dan harga yang sesuai budget.

Oleh sebab itu, tanpa perlu berlama-lama yuk simak apa saja perbedaan-perbedaan tersebut.

Perbedaan Mendasar City Hotel dan Bisnis Hotel

City hotel adalah jenis hotel yang biasanya terletak di kota-kota besar dan menyediakan layanan untuk tamu yang bepergian untuk keperluan bisnis atau liburan. City hotel umumnya memiliki fasilitas seperti kamar yang nyaman, restoran, ruang pertemuan, dan fasilitas olahraga.

Sedangkan business hotel / bisnis hotel adalah jenis hotel yang didesain khusus untuk tamu yang bepergian untuk keperluan bisnis. Business hotel umumnya memiliki fasilitas seperti ruang pertemuan yang lengkap, fasilitas internet, dan layanan sekretariat. Business hotel juga umumnya terletak di dekat kawasan bisnis atau kantor. Business hotel juga seringkali lebih mewah dan memiliki tarif yang lebih tinggi dibandingkan city hotel.

Sebenarnya masih tampak sama karena city hotel dan bisnis hotel sama-sama ada di perkotaan. Keduanyapun bisa memiliki fasilitas yang sama. Lantas apa perbedaan antara kedua jenis hotel tersebut?

  1. Jaminan Akses Internet
    Di city hotel memang memberikan akses internet. Bahkan menggratiskan wifi di kamar. Namun tidak semua city hotel memiliki wifi, dan tidak ada jaminan akses internet akan cepat dan stabil.

    Sementara di bisnis hotel, pihak hotel menjamin akses internet yang cepat dan lancar di seluruh area hotel. Hal ini karena memang hotel didesign dan ditujukan untuk menunjang kerja setiap pebisnis yang menginap di hotel.
  2. Reservasi, Invoice, dan Faktur Pajak
    City hotel adalah tempat menginap dimana tamu dapat langsung datang dan membayar. Bisa juga dengan melakukan reservasi secara online dan pembayaran tunai secara online saat check in. City hotel tidak ada kewajiban memberikan penawaran dan  invoice kepada tamu atau kepada perusahaan yang memberikan fasilitas menginap. Juga tidak ada kewajiban harus bisa memberikan faktur pajak kepada tamu/perusahaan yang menyewa kamar/aula hotel.

    Beda halnya dengan bisnis hotel. Umumnya hotel bisnis bisa sigap memberikan invoice dan faktur pajak sesuai permintaan perusahaan yang melakukan reservasi. Oleh sebab itu, instansi pemerintah ataupun perusahaan-perusahaan besar akan memilih menggunakan bisnis hotel agar bisa mendapatkan invoice dan faktur pajak.
  3. Pegawai dan Layanan
    City hotel sebenarnya tidak berbeda dengan hotel-hotel berfasilitas baik kebanyakan. Hanya saja lokasinya ada di kota-kota besar. Pegawainya juga beragam. Ada yang memang sekolah perhotelan, ada juga yang merupakan anak magang, tidak sedikit juga hanya orang biasa yang kerja di hotel.

    Sementara itu, bisnis hotel lebih ketat dalam memilih pegawai. Ini karena bisnis hotel memang ditujukan untuk memberikan fasilitas menginap bagi orang-orang penting dalam suatu bisnis/usaha. Oleh sebab itu, pegawai dari satpam, resepsionis, room boy, hingga petugas kebersihannya adalah mereka yang sudah sangat terlatih dan memilik SOP kerja yang sangat ketat untuk memastikan bahwa para pegawai tidak memberikan perilaku atau gerak tubuh yang tidak baik bagi tamu.

Itulah perbedaan city hotel dan bisnis hotel yang paling mendasar. Semoga informasi ini membantu kita semua memilih mau buka hotel yang seperti apa, atau bisa membantu kita semua memilih besok liburan mau tinggal di hotel mana. Terimakasih.

Dapatkan Ebook - Ralali Business Solution

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.