Mengenal Sertifikasi ISO Dalam Kalibrasi

0

Kalibrasi merupakan suatu proses yang penting untuk memastikan alat ukur agar tetap akurat dan konsisten dalam melakukan pengukuran terutama bagi industri dan perusahaan. Namun melakukan kalibrasi merupakan suatu prosedur yang harus dilakukan sesuai aturan dan pastikan bahwa dilakukan di laboratorium yang terakreditasi. Maka dari itu sertifikasi kalibrasi sangat penting untuk memastikan kalibrasi dilakukan sesuai standarnya. 

Maka dari itu di artikel kali ini kita akan membahas tentang pengetahuan tentang sertifikasi ISO yang menjadi salah satu sertifikasi kalibrasi yang penting untuk Anda yang bergerak di bidang kalibrasi. Mari kita mulai dengan memahami apa itu sertifikasi ISO sebelum kita melanjutkan pembahasan lebih lanjut.

Mengenal Apa Itu Sertifikasi ISO

Sertifikasi ISO adalah sebuah pengakuan atau sertifikat yang menunjukkan bahwa suatu perusahaan telah mematuhi standar internasional. Sertifikasi ini tidak dapat didapatkan dengan mudah; perusahaan harus melalui berbagai audit dan seleksi ketat oleh badan sertifikasi. Sertifikasi ISO berfungsi sebagai bukti yang menunjukkan bahwa suatu perusahaan telah memenuhi standar kualitas tertentu, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan dari berbagai pihak, termasuk investor, pemasok, karyawan, dan pelanggan. Selain itu, sertifikasi ISO juga membantu meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Sertifikasi ISO Dalam Kalibrasi

Di dunia kalibrasi, standar ISO juga memainkan peran penting. Sebagai contoh, setiap proses kalibrasi atau pengujian biasanya mewajibkan pesertanya memiliki sertifikasi ISO 17025:2017 yang diakui oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) dan internasional. Laboratorium yang telah memenuhi standar ISO 17025 biasanya juga telah memenuhi persyaratan ISO 9001, karena standar ini mencakup panduan teknis dan manajemen yang sejalan dengan standar ISO 9001:2015.

ISO/IEC 17025:2017

ISO/IEC 17025:2017 adalah standar internasional yang diterapkan untuk laboratorium pengujian dan kalibrasi. Standar ini menggarisbawahi kebutuhan laboratorium untuk menunjukkan bahwa mereka beroperasi secara efektif dan mampu menghasilkan hasil pengujian dan kalibrasi yang valid. 

Implementasi ISO 17025 memungkinkan laboratorium menentukan apakah personilnya telah melakukan pekerjaan sesuai prosedur dan meminimalisir risiko. Standar ini juga dapat membantu laboratorium meningkatkan sistem manajemen, citra, kepuasan, dan kepercayaan pelanggan, serta memberikan keuntungan dalam pemasaran jasa laboratorium.

Kriteria Laboratorium Untuk Mendapatkan ISO 17025

Mendapatkan sertifikasi ISO 17025 bukanlah hal yang mudah. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh laboratorium, seperti:

  • Memiliki ruangan dan lingkungan laboratorium lengkap.
  • Memiliki personil ahli di bidang kalibrasi.
  • Memiliki penerapan prosedur yang sesuai dengan regulasi.
  • Memiliki alat yang tertelusur.
  • Memiliki kemampuan terhadap kalibrasi yang akurat dan dapat dibuktikan dengan uji banding di laboratorium lainnya.
  • Sudah memiliki akreditasi dari KAN atau Komite Akreditasi Nasional.

Kesimpulan

Dari bahasan diatas, kita membahas bahwa Sertifikasi ISO memiliki peran penting dalam banyak aspek, termasuk dalam dunia kalibrasi. Dengan memiliki sertifikasi ISO, terutama ISO 17025, laboratorium kalibrasi dapat menunjukkan kredibilitas dan profesionalismenya, serta menjamin kualitas pengujian dan kalibrasi yang mereka lakukan. Oleh karena itu, memiliki sertifikasi ISO merupakan langkah penting bagi laboratorium untuk mempertahankan kredibilitas dan kepercayaan mereka di mata pelanggan dan masyarakat secara luas.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.