Penjelasan, Jenis, dan Manfaat dari Sertifikasi Kalibrasi

0

Sertifikasi kalibrasi merupakan suatu proses yang mungkin cukup mudah dilakukan. Namun begitu ada tahapan yang perlu dilakukan. Seperti melakukan registrasi kepada pihak laboratorium penyedia layanan kalibrasi dan memberikan informasi tentang apa yang dibutuhkan dengan memberikan gambaran tentang alat ukur yang dimiliki. Nah sebenarnya apa sih sertifikasi kalibrasi ini? Dan seberapa penting sertifikasi ini bagi alat ukur? Mari kita simak penjelasan di artikel berikut ini.

Mengenal Tentang Sertifikasi Kalibrasi?

Sertifikasi kalibrasi merupakan proses validasi atau pengecekan yang digunakan untuk memastikan bahwa suatu perangkat mampu menghasilkan pengukuran yang akurat dan konsisten. Dalam proses ini, perangkat diuji dan disesuaikan sesuai standar pengukuran yang telah ditentukan. Selanjutnya, sertifikat dikeluarkan sebagai bukti dari keakuratan dan kualitas perangkat tersebut. Sertifikat ini juga membantu dalam menentukan interval kalibrasi yang tepat untuk perangkat.

Beberapa Jenis-jenis Sertifikasi Kalibrasi?

Sertifikasi kalibrasi terdiri dari banyak jenis namun kita akan membahas 2 jenis-jenis sertifikasi kalibrasi yang paling sering digunakan di Indonesia berikut ini.

Sertifikasi ISO

Sertifikasi ISO merupakan sertifikasi yang dikeluarkan berdasarkan standar internasional ISO/IEC 17025. Standar ini merujuk pada kompetensi laboratorium dalam melakukan pengujian dan kalibrasi.

Sertifikasi SNI

Sertifikasi SNI, atau Standar Nasional Indonesia, adalah sertifikasi yang berlaku di Indonesia dan dikeluarkan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN). Sertifikasi ini menjamin bahwa suatu produk atau layanan memenuhi standar kualitas yang ditetapkan oleh BSN.

Manfaat Dari Sertifikasi Kalibrasi

Sertifikasi kalibrasi memberikan sejumlah manfaat penting. Yang paling utama, sertifikasi ini memastikan bahwa perangkat pengukuran yang Anda gunakan akurat dan dapat diandalkan. Dengan demikian, hasil pengukuran yang Anda lakukan akan lebih akurat, sehingga dapat mengurangi risiko kesalahan dalam proses produksi atau operasi Anda.

Selain itu, sertifikasi kalibrasi juga memungkinkan perangkat Anda untuk dipantau secara berkala, sehingga segala bentuk penurunan kinerja atau kesalahan bisa segera terdeteksi dan diperbaiki. Hal ini penting untuk memastikan efisiensi dan keandalan operasional dalam jangka panjang.

Untuk lebih jelasnya tentang manfaat sertifikasi kalibrasi ini Anda bisa membacanya secara lengkap di artikel ini.

Ternyata Sertifikasi Kalibrasi Bisa Terlacak

Mungkin banyak dari kita yang tidak mengetahui bahwa sertifikasi kalibrasi bisa dilacak dengan ketertelusurannya. Ketertelusuran ini sangat penting dengan tujuan verifikasi terutama bagi industri dan sektor lain yang memerlukan tingkat akurasi dan keandalan yang tinggi. Tanpa memiliki ketertelusuran maka sertifikasi ini tidak bisa membuktikan bahwa pengukuran kalibrasi tersebut sudah benar dan sah. Maka untuk menjaga agar alat ukur sesuai dengan ketertelusurannya maka alat ukur tersebut harus dikalibrasi secara berkala.

Kesimpulan

Dengan demikian, sertifikasi kalibrasi memiliki peran penting dalam menjamin akurasi dan keandalan perangkat pengukuran. Sertifikasi ini juga membantu dalam menentukan interval kalibrasi yang tepat untuk memastikan performa perangkat yang optimal. Baik sertifikasi ISO maupun SNI, keduanya memiliki peran penting dalam memastikan bahwa perangkat Anda memenuhi standar kualitas yang ditentukan. 

Kemudian, kemampuan untuk melacak sertifikasi kalibrasi memberikan tingkat kepercayaan dan keamanan tambahan bagi pengguna perangkat tersebut. Bagi Anda yang ingin mengetahui proses sertifikasi kalibrasi secara lengkap bisa langsung klik link ini.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.