Pentingnya Sertifikasi SNI Dalam Dunia Kalibrasi

0

Dulu kita pernah membahas tentang sertifikasi kalibrasi, salah satunya jenisnya yakni Sertifikasi SNI. Nah apa sih itu sertifikasi menggunakan SNI?, sebelum kesana kita setidaknya mengetahui terlebih dahulu pentingnya sertifikasi pada proses kalibrasi. Sertifikasi kalibrasi pada dasarnya adalah dokumen yang informasi pada proses dan hasil kalibrasi pada alat ukur. Di mana dokumen ini juga bisa menjadi bukti bahwa alat ukur tersebut sudah dilakukan kalibrasi sesuai dengan standar yang berlaku salah satunya SNI. Diartikel kali ini kita akan membahas tentang pentingnya SNI untuk sertifikasi kalibrasi berikut ini.

Mengenal Tentang SNI?

Standar Nasional Indonesia (SNI) adalah jenis standar yang ditetapkan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN). Yang mana standar ini berlaku di seluruh wilayah Republik Indonesia dan juga dirumuskan oleh komite teknis yang berdiri dari berbagai pihak, termasuk juga pemerintah, industri, hingga para ahli yang berkompeten di bidangnya.

Secara umum, perusahaan atau industri yang menerapkan SNI dapat menjadikan acuan dalam aktivitas dan proses yang dilakukan termasuk sertifikasi dalam kalibrasi. Tetapi untuk mendapatkan pengakuan resmi bahwa suatu perusahaan atau industri tersebut sudah menerapkan SNI atau standar lainnya, diperlukan proses penilaian kesesuaian oleh pihak ketiga, yang disebut sebagai sertifikasi. 

Apa Maksud Dari Sertifikasi SNI Kalibrasi?

Sertifikasi SNI Kalibrasi adalah proses penilaian kesesuaian terhadap suatu aktivitas kalibrasi yang dilakukan oleh perusahaan atau laboratorium, berdasarkan standar SNI. Jika aktivitas kalibrasi sesuai dengan standar SNI, maka hasil dari kalibrasi tersebut akan sesuai dengan standar yang berlaku dan dapat diterima oleh berbagai pihak yang berkepentingan.

SNI ISO/IEC 17025:2017

SNI ISO/IEC 17025:2017 adalah standar SNI yang diterapkan pada laboratorium pengujian dan kalibrasi. Yang mana standar ini adalah serangkaian persyaratan universal yang ditetapkan untuk menjamin kompetensi laboratorium pengujian dan kalibrasi. Dalam sejumlah situasi, hasil pengujian atau kalibrasi yang berasal dari laboratorium yang belum mendapatkan akreditasi berdasarkan standar ini umumnya tidak akan diterima oleh pemasok dan otoritas yang berwenang. Jelas, ada berbagai manfaat yang didapatkan jika sebuah laboratorium memperoleh sertifikasi yang mengacu pada standar ini.

Alasan Kalibrasi Harus Sesuai Dengan SNI ISO/IEC 17025:2017

Ada beberapa alasan mengapa kalibrasi harus sesuai dengan SNI ISO/IEC 17025:2017, diantaranya:

  • Pertama, dengan menerapkan standar ini, laboratorium kalibrasi akan memiliki kompetensi yang diakui secara formal. Hal ini akan meningkatkan citra dan reputasi laboratorium tersebut. 
  • Kedua, standar ini memastikan konsistensi hasil pengukuran, sehingga dapat diterima oleh berbagai pihak yang berkepentingan. 
  • Ketiga, penerapan standar ini dapat menghindari penggandaan pengujian dan mengurangi limbah laboratorium.

Kesimpulan

Secara keseluruhan dari bahasan diatas kita dapat menyimpulkan bahwa Penerapan Sertifikasi SNI, khususnya SNI ISO/IEC 17025:2017, sangat penting dalam dunia kalibrasi. Dengan menerapkan standar ini, hasil kalibrasi akan memiliki kualitas yang konsisten dan dapat diterima oleh berbagai pihak yang berkepentingan. Selain itu, penerapan standar ini juga dapat meningkatkan citra dan reputasi laboratorium kalibrasi. Oleh karena itu, setiap laboratorium kalibrasi sebaiknya menerapkan standar ini dalam operasionalnya dalam tingkat nasional.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.