Mengenal Tentang Sertifikat Kalibrasi KAN

0

Kalibrasi pada alat ukur memang menjadi hal yang sangat penting apalagi untuk perusahaan dan industri di bidang kesehatan. Namun untuk melakukan kalibrasi dengan benar dan tidak sembarangan, karena ada aturan yang mengatur tentang kalibrasi tersebut. Makanya kebanyakan perusahaan atau laboratorium menyerahkannya ke laboratorium kalibrasi yang sudah terakreditasi KAN. Mengapa harus terakreditasi KAN? Dan apa sih yang membuat sertifikat kalibrasi KAN ini penting? Mari kita simak penjelasan selengkapnya di artikel berikut ini.

Mengenal Tentang KAN (Komite Akreditasi Nasional)

Sebelum kita masuk ke inti pembahasan, yaitu Sertifikat Kalibrasi KAN, penting bagi kita untuk mengenal apa itu KAN terlebih dahulu. KAN merupakan singkatan dari Komite Akreditasi Nasional ini adalah suatu lembaga pemerintah yang memiliki kewenangan pemberian akreditasi laboratorium dan badan sertifikasi.

Sertifikat yang dikeluarkan oleh KAN diakui oleh banyak negara di kawasan Asia Pasifik, berkat adanya perjanjian saling pengakuan atau Mutual Recognition Agreements.

Apa itu Sertifikat Kalibrasi KAN?

Sertifikat Kalibrasi KAN adalah suatu bukti resmi yang diterbitkan oleh KAN yang menyatakan bahwa suatu laboratorium atau alat ukur telah memenuhi standar tertentu. Sertifikat ini sangat penting karena menjadi jembatan yang menghubungkan alat ukur dengan standar yang digunakan untuk mengkalibrasinya. Melalui sertifikat ini, kita bisa melihat sejauh mana akurasi alat ukur kita dan seberapa besar ketidakpastian pengukurannya.

Prosedur Mendapatkan Sertifikat Kalibrasi KAN

Proses mendapatkan Sertifikat Kalibrasi KAN melibatkan beberapa tahapan penting yang harus dijalani oleh pihak yang mengajukan. Berikut adalah prosedur yang harus diikuti:

  • Melakukan registrasi online: Langkah pertama adalah dengan melakukan registrasi secara online melalui website akreditasi.bsn.go.id. Dalam proses registrasi ini, Anda perlu memasukkan alamat email dan mengisi data yang sesuai dengan ketentuan yang ada di dalam website.
  • Konfirmasi: Setelah melakukan registrasi, Anda akan menerima email yang berisi username dan password untuk login ke website. Cek dan pastikan bahwa Anda bisa login menggunakan username dan password tersebut.
  • Upload dokumen permohonan: Langkah berikutnya adalah mengupload dokumen permohonan kalibrasi untuk laboratorium yang Anda miliki. Proses ini membutuhkan kesabaran karena membutuhkan waktu hingga satu bulan sejak menerima email konfirmasi.
  • Uji kelayakan: Setelah dokumen Anda lengkap dan disubmit, staf KAN akan mengecek kelengkapan dan keabsahan dokumen Anda. Proses ini membutuhkan waktu sekitar enam bulan.
  • Pembayaran: Setelah dokumen Anda dinyatakan layak, Anda perlu melakukan pembayaran melalui Sistem Informasi PNBP Online atau SIMPONI. Anda perlu membayar biaya asesmen akreditasi sesuai dengan tarif yang ditentukan.
  • Melakukan kunjungan lapangan: Setelah pembayaran diterima, tim asesmen akan melakukan kunjungan lapangan untuk melihat langsung kondisi lokasi dan struktur laboratorium Anda.
  • Perbaikan dan verifikasi: Jika tim asesmen menemukan aspek yang perlu diperbaiki, mereka akan memberikan saran perbaikan. Anda perlu melakukan perbaikan tersebut dalam waktu dua bulan dan proses verifikasi dapat memakan waktu hingga tiga bulan.
  • Hasil: Setelah semua proses selesai, hasilnya akan dirundingkan oleh KAN Council. Hasil akhir akan dituangkan dalam surat keputusan yang berisi Sertifikat Kalibrasi KAN dan lampiran yang akan dikirimkan ke laboratorium kalibrasi Anda.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, sertifikat kalibrasi KAN merupakan syarat yang harus dipenuhi oleh suatu laboratorium kalibrasi yang ingin memiliki akreditasi yang diakui secara nasional maupun internasional. Adapun untuk mendapatkan sertifikat kalibrasi KAN ini merupakan suatu proses yang cukup mudah dengan mempersiapkan segala kebutuhan dan persyaratan dengan baik.  Dengan begitu Anda bisa memenuhi regulasi akreditasi untuk perusahaan maupun laboratorium kalibrasi Anda. Semoga membantu!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.