Strategi Menjalankan Bisnis Hotel agar Okupansi Tinggi

0

Okupansi adalah rasio antara jumlah kamar yang diisi dengan jumlah kamar yang tersedia dalam suatu periode waktu tertentu. Menghitung okupansi sangat penting dalam bisnis hotel karena memberikan informasi tentang seberapa baik hotel Anda sukses dalam menarik tamu untuk singgah dan menginap. Selain itu, tingkat okupansi hotel juga membantu anda membuat keputusan apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan pendapatan.

strategi menjalankan bisnis hotel
imagesource: ihg

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas dua hal. Hal pertama adalah keputusan apa saja yang bisa kita tentukan setelah mengetahui okupansi hotel. Hal kedua adalah mengetahui strategi terbaik apa untuk meningkatkan tingkat okupansi hotel.

Manfaat Tahu Tingkat Okupansi Hotel

Sebagai pemilik hotel, informasi tentang tingkat okupansi dapat digunakan untuk membuat keputusan yang penting dalam bisnis hotel, seperti:

Menentukan Harga Kamar

Tingkat okupansi yang tinggi dapat digunakan untuk meningkatkan harga kamar, sementara tingkat okupansi yang rendah dapat digunakan untuk menurunkan harga kamar.

Menentukan Jumlah Kamar yang Tersedia

Tingkat okupansi yang tinggi dapat digunakan untuk mengurangi jumlah kamar yang tersedia, sementara tingkat okupansi yang rendah dapat digunakan untuk menambah jumlah kamar yang tersedia. Hal ini akan membantu mengurangi biaya operasional.

Menentukan Fokus Pemasaran

Tingkat okupansi yang tinggi dapat digunakan untuk fokus pemasaran pada pasar domestik, sementara tingkat okupansi yang rendah dapat digunakan untuk fokus pemasaran pada pasar mancanegara.

Menentukan Strategi Pemasaran

Tingkat okupansi yang tinggi dapat digunakan untuk fokus pemasaran pada harga kamar, sementara tingkat okupansi yang rendah dapat digunakan untuk fokus pemasaran pada fasilitas dan layanan.

Sebagai pemilik hotel tentunya kita ingin tingkat okupansi tinggi. Namun jika masih rendah, tentunya ada beberapa strategi yang bisa dijalankan untuk meningkatkan tingkat okupansi hotel.

Strategi Menjalankan Bisnis Hotel

Inti dari strategi bisnis hotel ada 3. Pertama adalah bagaimana meningkatkan okupansi (keterisian) kamar hote. Kedua adalah bagaimana menurunkan atau menjaga biaya operasional tetap stabil. Ketiga adalah bagaimana memastikan tamu puas dengan layanan hotel. Hasil akhir dari 3 hal tersebut adalah peningkatan omset dan keuntungan bisnis hotel yang anda jalankan.

Ada beberapa strategi yang dapat anda gunakan, antara lain:

Lokasi Strategis

Memilih lokasi yang strategis sangat penting karena dapat meningkatkan jumlah tamu dan harga kamar. Pilih lokasi yang mudah dijangkau dan dekat dengan tempat wisata atau kantor. Pilih juga lokasi yang bebas banjir, daerah yang aman serta kondusif, dan memiliki nilai jual seperti pemandangan yang bagus.

Pemasaran yang Efektif

Memasarkan hotel Anda dengan baik sangat penting untuk meningkatkan jumlah tamu. Gunakan media sosial, website, dan iklan untuk meningkatkan brand awareness dan menarik tamu. Pastikan pemilihan foto-foto menampilkan estetika nyata kondisi kamar sehingga menambah keinginan orang untuk mencoba menginap di hotel anda. Selain itu, beritahukan juga keuntungan menginap di hotel anda. Misalnya ada layanan jemput dari bandara, dan ada makan gratis di pagi hari.

Menyediakan Fasilitas yang Unik

Menyediakan fasilitas yang unik dan menarik dapat meningkatkan harga kamar dan meningkatkan loyalitas tamu. Contoh fasilitas yang unik dan menarik misalnya hotel dapat direquest untuk memberikan tampilan kamar seperti apa (khususnya bagi tamu bulan madu). Fasilitas seperti kolam renang dengan atap, air kolam yang bebas kaporit, dan kolam yang lebih private dapat menjadi salah satu fasilitas unik yang dapat menarik lebih banyak tamu.

Meningkatkan Efisiensi Operasional

Mengurangi biaya operasional dengan mengoptimalkan penggunaan sumber daya manusia dan meningkatkan efisiensi penggunaan listrik serta air dapat meningkatkan keuntungan hotel. Namun perlu diperhatikan jangan sampai efisiensi ini justru menurunkan kenyamanan pengunjung ataupun dapat menyebabkan penurunan tingkat okupansi. Jika memang dapat menurunkan tingkat okupansi, carilah alternatif efisiensi lainnya.

Membangun Hubungan yang Baik dengan Tamu

Membangun hubungan yang baik dengan tamu dapat meningkatkan loyalitas dan meningkatkan kemungkinan tamu untuk menyarankan hotel anda kepada teman-temannya.Hal ini dapat menghemat biaya periklanan dan meningkatkan tingkat okupansi hotel. Apalagi jika temannya tersebut ternyata juga puas dengan layanan di hotel anda. Pastinya dia akan menceritakan pengalaman bahagia di hotel anda kepada teman-temannya yang lain.

Menjaga Harga Kamar yang Kompetitif

Menjaga harga kamar kompetitif dengan hotel lain di daerah yang sama dapat membuat hotel anda lebih menarik bagi tamu potensial. Tidak harus melakukan perang harga. Jika hotel anda memang memiliki nilai jual lebih maka anda bisa mencari peluang pada pangsa pasar tertentu yang tidak akan mempermasalahkan harga yang anda tawarkan.

Itulah beberapa strategi menjalankan bisnis hotel sehingga okupansi meningkat, biaya operasional tidak membengkak, dan tingkat kepuasan tamu semakin tinggi. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Dapatkan Ebook - Ralali Business Solution

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.