5 Strategi Pemasaran untuk Usaha Cafe Kecil Kecilan

0

Membuka usaha cafe kecil kecilan bisa loh menghasilkan untung besar. Apalagi jika pemasarannya baik dan viral. Sudah pasti pelanggan akan terus menerus datang. Baik itu yang akan makan di tempat, maupun yang ingin bawa pulang makanan atau minuman dari cafe.

usaha cafe kecil kecilan
imagesource : trafoz

Tetapi masalahnya, masih banyak yang berpikiran bahwa pemasaran itu harus mengeluarkan uang besar. Banyak juga yang takut setelah melakukan iklan, ternyata cafe tetap sepi. Hal ini terjadi karena memang belum memahami bagaimana strategi pemasaran yang baik dan benar.

Strategi Pemasaran untuk Usah Cafe Kecil Kecilan

Cafe saat ini merupakan tempat yang digandrungi anak-anak muda. Namun saat ini cukup banyak cafe yang telah buka. Tentunya harus ada suatu daya tarik sehingga cafe anda akan menjadi pilihan untuk anak-anak muda tersebut. Oleh sebab itu, perlu pemasaran yang baik untuk menjangkau para pelanggan. Berikut adalah 5 strategi pemasaran untuk usaha cafe skala kecil yang sedang anda rintis:

Promosi Melalui Media Sosial

Gunakan platform media sosial untuk mempromosikan cafe Anda. Buat akun media sosial dan upload foto-foto menu dan suasana cafe Anda. Bagikan pembaruan dan berikan diskon pada pelanggan setia.

Media sosial bukan hanya facebook dan instagram loh. Masukkan juga bisnis ke google map dan isi bisnis anda yang sudah terdaftar ke google map dengan menu-menu yang tersedia, kontak reservasi, dan hal-hal penting lainnya. Tuliskan juga promo-promo apa saja yang sedang ada di cafe anda.

Kerjasama dengan Toko Lokal

Kerjasama dengan toko lokal seperti toko buku, toko kopi, dan toko musik dapat membantu Anda menjangkau audiens baru. Tawarkan diskon pada pelanggan toko terkait jika mereka membeli menu dari cafe Anda.

Acara Komunitas

Buat acara komunitas seperti sesi pemutaran film, pameran buku, atau workshop kopi untuk membantu menarik perhatian masyarakat. Ini akan membantu Anda membangun hubungan dengan pelanggan potensial, khususnya dari suatu komunitas.

Namun sangat disarankan untuk tidak terlalu terlihat butuh komunitas tersebut. Jangan sampai demi mengundang komunitas tersebut maka anda memberikan diskon berlebihan, bahkan memberikan beberapa promo gratis yang nantinya akan merugikan. Cara yang bisa anda lakukan adalah dengan membuat suatu ruangan khusus yang bisa direservasi untuk acara-acara komunitas. Trik ini sangat sukses loh karena ternyata banyak komunitas yang kesulitan mencari tempat kumpul yang dapat mengakomodir jumlah mereka.

Pemasaran Lokal

Buat pemasaran lokal dengan menempatkan iklan di surat kabar lokal, majalah, dan spanduk. Ini akan membantu Anda menjangkau audiens yang berada di lingkungan sekitar cafe Anda. Eh tapi kan iklan bayar ya? Eitsss ada triknya loh agar usaha cafe kita bisa muncul di surat kabar atau majalah lokal.

Kuncinya adalah dengan membuka cafe kecil, tapi unik dan kekinian. Keunikan tersebut dapat menjadi daya tarik bagi banyak orang. Setelah itu, anda tinggal menghubungi beberapa surat kabar atau majalah lokal untuk membahas bisnis anda. Banyak loh surat kabar dan majalah yang akan dengan senang hati mengulas suatu bisnis yang baru buka namun memiliki konsep yang sangat menarik dan unik.

Loyalitas Pelanggan

Buat program loyalitas untuk memotivasi pelanggan untuk kembali ke cafe Anda. Berikan diskon atau hadiah untuk pelanggan setia yang sering datang. Ini akan membantu Anda mempertahankan pelanggan dan menarik pelanggan baru.

Cara menarik loyalitas pelanggan bisa dengan memberikan kupon. Nantinya, pelanggan bisa menukar beberapa kupon untuk menjadi suatu menu makanan. Agar lebih menarik, pastikan menu makanan tersebut hanya bisa dibeli melalui kupon tersebut. Wuiiih seru tuh pastinya!

Dengan memperhatikan strategi-strategi di atas, Anda dapat membantu mempromosikan cafe Anda dan membangun basis pelanggan yang setia. Terus berinovasi dan mencoba hal baru untuk terus meningkatkan pengalaman pelanggan dan mempertahankan mereka datang kembali.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.