Penggunaan Teknik Kalibrasi Tepat untuk Mendapatkan Hasil Kalibrasi yang Akurat

0

Kalibrasi alat ukur merupakan sebuah proses yang pada dasarnya untuk mengetahui apakah alat ukur mengukur sesuai dengan standar. Alat ukur yang digunakan secara terus menerus tentu saja akan mengalami akurasi yang semakin menurun. Dengan menurunnya akurasi dari alat ukur, tentu saja akan merugikan dalam jangka panjang dan bahkan ada resiko keselamatan pekerjaan yang terancam.

Maka dari itu, kalibrasi alat ukur memang sangat penting. Akan tetapi, penggunaan teknik kalibrasi yang tepat juga harus Anda perhatikan. Dalam pelaksanaan kalibrasi, teknik kalibrasi menjadi faktor penentu untuk mendapatkan hasil kalibrasi yang akurat.

Bagaimana Teknik Kalibrasi yang Tepat?

Lantas, bagaimana untuk mengehtahui teknik kalibrasi yang tepat? Teknik, sering juga disebut dengan rekayasa, merujuk pada penerapan ilmu dan teknologi untuk menyelesaikan permasalahan manusia. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, teknik berperan dalam membuat berbagai aspek kehidupan manusia menjadi lebih mudah, ringan, dan cepat.

Secara mendalam, teknik kalibrasi dapat diartikan sebagai kumpulan gagasan yang dihasilkan dari studi khusus yang bertujuan untuk memfasilitasi kemudahan dalam menjalankan aktivitas kalibrasi instrumen. Biasanya, teknik dirancang secara rinci oleh para ahli di bidangnya guna memastikan efisiensi dan efektivitas dalam penggunaan teknologi tersebut.

Menjalankan kalibrasi alat ukur harus dengan teknik yang tepat. Untuk memastikan teknik yang tepat, ada beberapa poin yang harus diperhatikan.

Pemilihan Metode Kalibrasi yang Tepat

Yang pertama adalah dengan memilih metode kalibrasi yang tepat. Setiap alat ukur memiliki metode kalibrasi yang berbeda-beda bahkan pada satu ruang lingkup sekalipun memiliki metode yang berbeda. Dan lebih mengerucut lagi, terkadang metode kalibrasi dari satu alat ukur memiliki banyak sekali metode.

Metode yang dibuat memang sebenarnya ada para ahli yang berkecimpung di sana. Akan tetapi, memastikan mana metode yang paling benar, efisien, dan juga tepat adalah sebuah keharusan. Jadi, pilih metode kalibrasi yang paling tepat demi hasil kalibrasi yang benar dan bisa dipertanggung jawabkan. 

Menggunakan Cara Kalibrasi dengan Benar

Setelah memilih metode kalibrasi yang benar dalam teknik kalibrasi paling tepat, selanjutnya adalah bagaimana untuk melakukan kalibrasinya. Teknik kalibrasi ini akan ada pada fase penggunaan metode yang sudah dianggap paling benar. Apabila metode yang benar tidak diiringi dengan cara kalibrasi yang benar, maka semua itu akan sia-sia juga.

Sesuai dengan standar kalibrasi secara internasional, ISO 17025 sudah mengatur bagaimana cara kalibrasi yang benar, yaitu:

  1. Mempersiapkan peralatan kalibrasi sampai metode yang akan digunakan. Peralatan kalibrasi ini termasuk standar acuan yang sudah terkalibrasi juga.
  2. Pelaksanaan kalibrasi dengan melakukan pengamatan pada alat yang dikalibrasi. Lakukan pengamatan pada alat yang akan dikalibrasi dengan membersihkannya, atau membenarkan sensor yang bisa jadi bermasalah saat dilakukannya kalibrasi.
  3. Penghitungan data kalibrasi
  4. Penentuan ketidakpastian kalibrasi atau deviasi. Penentuan ini akan memberikan Anda data apakah alat ukur ini mengalami akurasi yang tidak sesuai dengan standar acuan atau tidak.
  5. Membuat laporan dari hasil kalibrasi yang didapatkan dari dokumentasi kalibrasi alat ukur. 

Kesimpulan

Selama penggunaan teknik kalibrasi yang tepat, hasil kalibrasi akan bisa dipertanggung jawabkan. Anda bisa memilih laboratorium kalibrasi yang terakreditasi Komite Akreditasi Nasional atau KAN agar bisa memberikan teknik kalibrasi yang terpercaya dan bisa diandalkan untuk industri Anda.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.