Tips Membangun Usaha Cafe Sederhana dengan Modal Kecil

0

Memulai usaha cafe sederhana cukup menarik bagi banyak orang. Namun banyak yang urung karena takut bersaing dengan cafe lain. Terutama ketika harus bersaing dengan cafe-cafe lain yang lebih besar. Padahal dengan strategi yang tepat dan kerja keras, bisnis cafe bisa dibangun dengan modal yang terbatas dan bisa bersaing dengan baik dan sehat.

membangun-usaha-cafe-sederhana
imagesource : raficon

Ya, kunci utama dalam membangun bisnis apapun adalah keberanian, kemampuan memanajemen operasional, dan strategi marketing yang baik. Maka dari itu, sebenarnya membangun cafe sederhana dengan modal terbatas tidaklah menjadi masalah. Hal terpenting adalah mempelajari terlebih dahulu bagaimana membangun usaha cafe agar bisa sukses. Bukan justru mundur.

Tips Mengembangkan Usaha Cafe Sederhana

Membangun cafe itu sangat menggiurkan. Keuntungannya dalam 1 tahun bisa lebih dari 100 persen loh! Namun ada tantangan dalam membangun dan mengembangkan usaha cafe agar bisa sukses dan ramai. Berikut adalah beberapa cara untuk membangun bisnis cafe dengan modal seadanya:

Targetkan Pasar

Pertimbangkan untuk memulai bisnis cafe dengan target pasar yang spesifik seperti kantoran, sekolah, atau kampus yang berdekatan dengan lokasi bisnis anda. Jika memang tidak menemukan lokasi yang tepat, jangan memaksakan bisnis cafe. Jika memang menemukan lokasi yang tepat namun harga sewanya tinggi, ada baiknya juga untuk tidak memaksakan diri kecuali anda yakin biaya sewanya akan tertutupi dengan mudah. Jangan menggunakan asumsi cafe akan selalu penuh dalam memperkirakan apakah biaya sewa akan tertutupi.

Gunakan Bahan Baku Lokal

Gunakan bahan baku lokal yang tersedia di daerah anda untuk mengurangi biaya pembelian bahan baku. Terutama bahan baku yang butuh biaya transportasi besar.

Mulailah dengan Skala Kecil

Mulailah dengan bisnis cafe dengan skala kecil dan tambahkan menu baru sesuai dengan permintaan pelanggan. Dengan cara ini anda bisa melihat menu apa yang lebih laku sehingga penggunaan bahan yang tidak perlu bisa semakin dikurangi bahkan dihilangkan.

Konsentrasikan Pada Menu Utama

Fokuskan pada menu utama yang paling dicari pelanggan dan tambahkan variasi menu secara bertahap. Jangan langsung memberikan banyak pilihan menu makanan. Apalagi jika menu tersebut sebenarnya masih kurang bisa diterima orang-orang di sekitar.

Gunakan Tenaga Kerja Freelance dan Fresh Graduate

Gunakan tenaga kerja freelance untuk mengurangi biaya gaji pegawai tetap. Selain itu, menggunakan fresh graduate bisa menjadi solusi. Berikan pegawai pelatihan yang baik agar bisnis cafe anda semakin maju.

Promosikan Bisnis

Promosikan bisnis anda melalui media sosial dan word of mouth untuk meningkatkan brand awareness. Agar bisa mendapatkan promosi word of mouth, sediakan makanan dan suasana cafe terbaik. Dengan demikian pelanggan akan datang lagi dan merekomendasikan cafe anda ke teman dan keluarganya.

Jaga Kualitas Pelayanan

Berikan pelayanan yang baik dan fokus pada kualitas produk untuk memastikan kepuasan pelanggan. Selain itu, mintalah kritik dan saran dari pelanggan untuk dapat meningkatkan layanan.

Main di Pesanan Online

Era saat ini banyak juga orang yang ingin membeli makanan saja dari cafe anda karena makanan atau minumannya enak. Oleh sebab itu, berikan juga kemudahan bagi orang-orang untuk melakukan pesanan online.

Dengan cara-cara di atas, bisnis cafe bisa dibangun dengan modal yang terbatas dan menjadi bisnis yang sukses. Perlu diingat bahwa membangun bisnis cafe memerlukan komitmen dan kerja keras yang tinggi, namun hasil yang akan didapatkan sangat memuaskan.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.