Berikut 5 Tujuan Kalibrasi Alat Laboratorium

0

Dari pembahasan tentang kalibrasi alat laboratorium sebelumnya, kita akan lanjut membahas tentang apa saja tujuan kalibrasi alat laboratorium secara rinci di artikel berikut ini.

Di dunia penelitian dan eksperimen, alat ukur memiliki peran penting dalam menghasilkan data yang valid dan dapat dipercaya. Untuk menjaga keakuratan alat ukur, setiap laboratorium harus melakukan kalibrasi secara rutin. Karena kebanyakan alat laboratorium digunakan juga untuk mengkalibrasi alat ukur lainnya sesuai dengan standar yang digunakan, apalagi kegunaan alat ukur tersebut dibutuhkan untuk hal penting seperti penelitian dan lain sebagainya. Mari kita pelajari lebih lanjut tentang tujuan kalibrasi Alat Laboratorium yang akan kita jabarkan menjadi 5 poin berikut ini.

Memastikan Alat Laboratorium Layak Digunakan

Tujuan kalibrasi Alat Laboratorium yang pertama merupakan suatu hal yang dapat memastikan alat laboratorium yang layak digunakan. Kalibrasi memeriksa dan menyesuaikan akurasi alat ukur sehingga sejalan dengan standar yang telah ditetapkan. Dengan demikian, alat ukur yang telah dikalibrasi dapat dipercaya dan diandalkan untuk memberikan hasil pengukuran yang akurat.

Untuk Mendapatkan Nilai Ketertelusuran Kalibrasi

Nilai ketertelusuran kalibrasi adalah poin penting lainnya dalam kalibrasi alat laboratorium. Melalui kalibrasi, kita dapat menentukan sejauh mana hasil pengukuran alat dapat ditelusuri kembali ke standar yang telah ditetapkan. Dengan demikian, kalibrasi memberikan jaminan bahwa hasil pengukuran alat dapat diandalkan dan dapat diterima oleh pihak berwenang.

Untuk Mendukung Sistem Mutu Peralatan Laboratorium

Kalibrasi juga mendukung sistem mutu peralatan laboratorium. Sistem mutu ini merujuk kepada standar dan prosedur yang telah ditetapkan untuk menjaga kualitas peralatan laboratorium. Dengan melakukan kalibrasi, laboratorium menunjukkan komitmennya untuk mematuhi standar ini dan memastikan bahwa peralatan laboratorium berfungsi sebagaimana mestinya.

Menjaga Kualitas Alat Laboratorium

Menjaga kualitas alat laboratorium adalah tujuan lain dari kalibrasi. Alat yang tidak dikalibrasi atau yang kalibrasinya tidak akurat dapat menghasilkan data yang tidak akurat, yang dapat mengganggu proses penelitian atau eksperimen. Oleh karena itu, kalibrasi penting untuk menjaga kualitas alat dan hasil pengukuran yang dihasilkannya.

Meningkatkan Kredibilitas Laboratorium

Tujuan kalibrasi alat laboratorium yang terakhir adalah untuk meningkatkan kredibilitas laboratorium. Laboratorium yang melakukan kalibrasi secara rutin menunjukkan komitmennya untuk keakuratan dan kualitas, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kepercayaan pihak lain, seperti klien, regulator, dan masyarakat ilmiah.

Dari pembahasan di atas, jelas bahwa tujuan kalibrasi alat laboratorium yang semuanya berkontribusi untuk memastikan bahwa alat ukur yang digunakan dalam laboratorium dapat memberikan hasil yang akurat dan dapat dipercaya. Dengan melakukan kalibrasi, laboratorium tidak hanya memastikan bahwa alat ukurnya layak digunakan, tetapi juga mendukung sistem mutu mereka, menjaga kualitas peralatan mereka, dan meningkatkan kredibilitas mereka.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.