Untung Rugi Membuka Bisnis Restoran Padang di Tahun 2023

0

Membuka bisnis restoran Padang masih menjadi pilihan yang menarik. Rasa makanan yang disukai banyak orang membuat pangsa pasarnya besar. Namun, seperti bisnis lainnya, bisnis restoran Padang juga memerlukan perencanaan dan manajemen yang baik serta upaya untuk meningkatkan daya tarik dan pengalaman pelanggan.

membuka bisnis restoran padang
imagesource : wowkeren

Oleh sebab itu, sebelum membuka bisnis restoran Padang pastikan memahami apa saja keuntungan dan kerugian membuka restoran padang. Hal ini penting sehingga anda bisa memahami potensi risiko yang harus ditangani, dan bagaimana cara mengelola restoran Padang sehingga keuntungannya bisa maksimal.

Keuntungan Membuka Bisnis Restoran Padang

Jumlah restoran Padang semakin banyak saja. Bahkan kini restoran Padang ada di seluruh daerah di Indonesia. Hal ini terjadi karena bisnis restoran atau rumah makan Padang memiliki beberapa keuntungan atau kelebihan, antara lain:

Pangsa Pasar yang Besar

Makanan di rumah makan Padang tergolong cocok dan disukai mayoritas orang di Indonesia. Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa pangsa pasarnya sangat besar. Apalagi jika rumah makannya mampu memberikan menu yang lezat dengan harga terjangkau. Hal ini menyebabkan anda bisa membuka restoran Padang di mana saja, tidak harus di tempat yang banyak orang Padangnya.

Modal Lebih Terjangkau

Dibandingkan berbagai jenis restoran lainnya, rumah makan atau restoran Padang tergolong membutuhkan modal yang lebih terjangkau. Oleh sebab itu, anda bisa mencoba membuka bisnis ini dengan membentuknya sebagai franchise yang juga terjangkau bagi pebisnis lainnya.

Tidak Harus Tempat yang Besar

Berbeda dengan kebanyakan jenis restoran lain yang omsetnya lebih banyak bergantung pada jumlah orang makan di tempat, rumah makan Padang justru mendapat lebih banyak omset dari pesanan bungkus dan pesanan online. Maka dari itu, dalam membuka bisnis restoran Padang tidak harus menyediakan tempat besar dengan banyak meja dan kursi.

Memiliki Beragam Model Bisnis

Restoran atau rumah makan Padang tidak harus menjadi restoran dine in (makan di tempat). Pemilik bisnis bisa membuat beberapa model bisnis sekaligus. Misalnya rumah makan yang menerima pesanan bungkus, menerima pesanan online, menerima jasa katering, dan beragam model bisnis lainnya.

Selain keuntungan atau kelebihan di atas, anda juga perlu memahami beberapa risiko yang harus dihadapi saat hendak membuka restoran Padang. Tahu risiko akan membantu anda mempersiapkan hal-hal yang dapat mencegah atau mengurangi risiko yang mungkin muncul.

Kerugian dan Risiko Membuka Bisnis Restoran Padang

Terdapat beberapa kerugian dan risiko membuka bisnis restoran Padang dibanding membuka jenis restoran lainnya. Beberapa kerugian dan risiko tersebut antara lain:

Persaingan

Restoran Padang memiliki tingkat persaingan yang tinggi. Di suatu area mungkin saja sudah ada 2-3 rumah makan Padang. Persaingan ini meliputi persaingan rasa makanan, porsi makanan, dan harga makanan. Hal ini tentu akan menyebabkan masalah dikemudian hari saat persaingan menjadi tidak sehat dengan saling banting harga.

Fluktuasi Harga Bahan Baku yang Tinggi

Bahan baku makanan-makanan sangat berfluktuasi. Harganya kadang naik terlalu tinggi sehingga dapat merepotkan pemilik usaha untuk menentukan harga. Oleh sebab itu, banyak pemilik rumah makan Padang yang mencoba menyelesaikan masalah ini dengan mencari suplier yang mampu memberikan harga terbaik karena merupakan suplier yang sekaligus merupakan produsen. Jika ingin mencari supplier terpercaya yang dapat memberikan penawaran harga bahan baku yang kompetitif, gunakan ralali tender. Info lebih lanjut klik di sini!

Harus Hitung Detail

Membuka restoran Padang harus teliti dalam perhitungan dan pembukuan. Harga bahan baku, pengolahan bahan makanan, biaya operasional bangunan, biaya gaji pegawai, dan risiko makanan yang tidak laku harus diperhatikan dengan seksama. Kesalahan sedikit saja dapat menyebabkan kerugian-kerugian yang tidak disadari.

Oleh sebab itu, pastikan untuk siap menghadapi risiko-risiko tersebut. Buatlah rencana bagaimana untuk mengatasi risiko tersebut agar tidak menyebabkan kerugian dikemudian hari.

Itulah beberapa keuntungan dan kerugian jika anda memilih bisnis restoran Padang dibandingkan jenis restoran lainnya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.