Konekto Tingkatkan Daya Saing UMKM Bersama PT MBN & Kemenkop

Konekto Tingkatkan Daya Saing UMKM Bersama PT MBN & Kemenkop

JAKARTA (25/05/2021), Konekto jembatani UMKM untuk “Go Digital” dengan kolaborasi bersama PT Mitra BUMDes Nusantara (MBN) dan KEMENKOP UKM melalui acara Signing Ceremony di Auditorium Gedung Kemenkop, selasa (25/5/2021).

Kementerian Koperasi dan UKM, Arif Rahman Hakim menjelaskan, untuk meningkatkan pertumbuhan pasar UMKM, upaya pemerintah antara lain; 1. Pengembangan basis Data Tunggal untuk seluruh pelaku usaha Mikro dan UMKM seluruh Indonesia; 2. Melalui kemitraan strategis; dan 3. Pendampingan UMKM; serta yang terakhir adaah Pengembangan usaha ekonomi produktif.

Era pandemi dan digitalisasi saat ini, membuat UMKM harus membangun dan mengembangkan jaringan bisnisnya melalui aplikasi digital. Hal ini bertujuan untuk memudahkan bisnis dan meningkatkan daya saing.

“Disini pelaku usaha mikro kecil di agregasi. Supaya mereka mempunyai daya saing yang bagus, artinya kemampuan produksinya lebih mudah untuk ditingkatkan, kemudian akses kepada pasar juga akan lebih luas,” jelas Arif Rahman Hakim.

Dalam kesempatan tersebut, Joseph Aditya selaku CEO Ralali.com memperkenalkan Konekto sebagai aplikasi digital yang membantu para UMKM untuk memperluas jaringan bisnisnya ke berbagai sosial media melalui fitur Etalase Toko Online.

“Di Ralali.com paling bantu dari sisi platform. Jadi, kami membantu PT MBN dan juga rekan-rekan yang lain untuk bisa membantu UMKM menjadi “Go Digital”, karena dengan “Go Digital” mereka dapat memperluas pasar,” jelas Joseph Aditya selaku CEO Ralali.com.

Ralali.com menjadi platform belanja kebutuhan bisnis pertama di Indonesia. Kerja sama ini dituangkan dalam MOU yang ditandatangani oleh KemenKop UKM dengan PT MBN, terkait pengembangan pemasaran produk serta pemberdayaan Koperasi dan UMKM.

“UMKM itu kan rata-rata kurang memiliki knowledge untuk menjadi perusahaan besar. Jadi, mereka biasanya individu, tidak punya PT, CV, dan kawan-kawannya. Nah, harapannya adalah Konekto itu bisa membuat profiling dari mereka, jadi mereka bisa bikin store,” tambahnya.

Joseph Aditya berharap Konekto nantinya bisa membantu memperluas pasar UMKM dan mendorong para bisnis mikro dan UMKM untuk lebih melek digital, serta mudah mengaplikasikannya. sehingga bisa menjalankan bisnis secara online tanpa harus tatap muka, .

Ayo Saling Membantu

Comments (0)
Add Comment