Cara Download Akreditasi BAN-PT yang Mudah Bikin Urusan Kerja Makin Lancar

0

Salah satu persyaratan untuk mendaftar menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), yaitu dimana peserta mencantumkan sertifikat akreditasi prodi atau jurusan perguruan tinggi. Sertifikat Akreditasi ini sendiri biasanya disediakan oleh pihak kampus.

Cara mendapatkan akreditasi ini juga cukup mudah, karena sudah disediakan oleh lembaga pendidikan atau bahkan dengan cara mendownloadnya di situs terkait. Untuk selengkapnya berikut panduannya:

Cara Download Akreditasi BAN-PT Dengan Mudah

Cara Download Akreditasi BAN-PT Dengan Mudah

Mengunjungi dan Meminta Akreditasi Kampus

Untuk cara pertama sebelum mengetahui Cara Download Akreditasi BAN-PT, Anda dapat mengunjungi kampus tempat kuliah dahulu dan meminta disediakan akreditasi keperluan anda.

Biasanya pihak kampus menyediakan salinan atau softcopy akreditasi prodi yang anda butuhkan. Hal ini merupakan upaya kampus sebagai bentuk kepedulian terhadap karir lulusanya.

Namun biasanya diminta melengkapi beberapa persyaratan administrasi unum seperti menyediakan fotokopi ijazah secukupnya, fotokopy transkip nilai secukupnya, materai, pas foto. Jangan lupa untuk sekalian melegalisir akreditasi Anda. Soal biaya tidak perlu khawatir karena biaya murah, hanya puluhan ribu saja untuk perlembar sertifikat.

Melalui Mesin Pencarian Google

Di era serba modern dan instan membuat kita bisa menemukan segala kebutuhan hanya melalui internet. Cukup dengan mengetikkan kata kunci nama, jurusan Anda serta nama kampus Anda. Kemudian hasil pencarian menampilkan halaman yang berisi kumpulan sertifikat akreditasi jurusan yang ada di Fakultas anda.

Kini sudah banyak kampus yang menyediakan file akreditasi pada situs mereka. Meskipun sayangnya belum semua perguruan tinggi menyediakan kemudahan seperti ini.

Mengakses situs web bisa menjadi solusi lebih hemat, apalagi jika kampus anda berada diluar kota atau luar pulau, jadi tidak perlu repot repot datang ke kampus, tinggal klik pada situs. Namun, sebelum kami sajikan tata cara download akreditasi untuk anda, tidak ada salahnya mengetahui lebih jauh mengenai akreditasi perguruan tinggi,  Berikut ulasanya.

Sekilas Tentang Akreditasi Perguruan Tinggi

Akreditasi adalah penentuan standar mutu dan penilaian suatu lembaga pendidikan oleh pihak atau lembaga luar yang independen. Dalam pembukaan dalam buku naskah akedemik untuk Akreditas Institusi Perguruan Tinggi, menjelasakan akredasi adalah proses penilaian dan evaluasi yang dilakukan secara komprehensif dari komitmen suatu perguruan tinggi terhadap kapasitas dan mutu dalam penyelenggaraan Tridarma perguruan tinggi, sebagai dasar penentu kelayakan sebuah satuan dan program pendidikan.

Akreditasi dilakukan oleh tim asesor yang merupakan para pakar dibidang pengelolaan perguruan tinggi dengan biaya sepenuhnya ditanggung Pemerintah.

Pihak Pemberi Akreditasi Perguruan Tinggi

Pihak yang berhak memberi akreditasi yakni Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau disebut juga BAN-PT.  BAN-PT adalah satu-satunya lembaga di tanah air yang diberi wewenang oleh Kemenristekdikti untuk memberikan akreditasi terhadap seluruh perguruan tinggi baik perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta di Indonesia.

BAN-PT didirikan pada tahun 1994 yang ditugasi menyebarluaskan dan memperkenalkan Paradigma Baru dalam Pengelolaan Pendidikan Tinggi, meningkatkan mutu pendidikan tinggi, serta meningkatkan pengelolaan institusi secara efisien dan keberlanjutan. Untuk menjalankan kewenanganya, BAN-PT mengacu pada  UU no. 12 tahun 2012 Pendidikan Tinggi Permendikbud no. 59 tahun 2012 tentang Badan Akreditasi Nasional.

Manfaat Akreditasi Perguruan Tinggi

Manfaat Akreditasi Perguruan Tinggi

Untuk mendapatkan proyek

Perguruan tinggi yang terakreditasi A, dapat mengusulkan proyek untuk lembaganya senilai hingga jutaan bahkan miliaran rupiah. Besaranya berbeda dibanding perguruan tinggi dengan akreditasi B atau C.

Akreditasi sebagai Daya tarik Mahasiswa Baru

Akreditasi merupakan salah satu daya tarik bagi calon mahasiswa. Biasanya sebelum memilih kampus, calon mahasiswa akan mengecek terlebih dahulu akreditasi prodi atau perguruan tinggi.

Kampus terakreditasi A pasti lebih diminati dibanding yang B atau C. Sehingga kampus berlomba lomba meningkatkan kualitasnya agar mendapatkan akreditasi A. dengan demikian, nantinya banyak yang memilih kuliah di kampus tersebut. Kampus dengan jumlah mahasiswa banyak, juga turut mempercepat perkembangan kampus tersebut.

Mempermudah Lulusan dalam Dunia Kerja

Akreditasi juga bermanfaat bagi para alumni atau lulusan. Terutama ketika ingin bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau ingin bekerja di berbagai perusahaan swasta. Saat ini sudah banyak perusahaan mensyaratkan akreditasi kampus maupun prodi sebagai syarat melamar kerja.

Akreditasi A memiliki keunggulan lebih dibanding yang B dan C. Oleh karena itu, biasanya pihak kampus memberikan salinan atau fotocopy akreditasi kepada para lulusanya.

Cara Download Sertifikat Akreditasi BAN-PT

Cara Download Sertipikat Akreditasi BAN-PT

Setelah mengetahui lebih jauh mengenai akreditasi BAN-PT, anda dapat mengetahui Cara Download Akreditasi BAN-PT pada situs kampus. Berikut panduanya :

1. Akses website kampus anda. Jika setiap fakultas memiliki web, akseslah web fakultas itu.

2. Setelah mengklik web, anda diarahkan menuju menu utama situs web. Terdapat kata akdeditasi atau sertifikat pada menu utama di bagian web atas.

3. Jika anda menemukanya, silakan klik menu tersebut kemudian downloadlah sertifikat akreditasi yang anda perlukan.

4. Biasanya, sertifikat akreditasi jurusan yang anda  download berupa file PDF yang dapat anda cetak kapanpun.

5. Kini sudah banyak situs web perguruan tinggi yang sudah menyediakan sertifikat akreditasi jurusan berupa soft copy. Dapat diunduh dengam mudah oleh siapa saja yang membutuhkan.

Cara Cek Akreditasi Kampus di situs BAN-PT

Untuk mengetahui Akreditasi Kampus, baik swasta maupun kampus negeri, anda dapat mengaksesnya pada https://banpt.or.id/. Situs ini merupakan situs resmi milik Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Simak panduan Cara Download Akreditasi BAN-PT berikut ini :

1. Pertama, klik situs. Setelah diklik, muncul tampilan laman utama web.

Untuk mengetahui akreditasi Universitas, lihat bagian bawah. Pilihlah institusi untuk melihat akreditasi kampus / Universitas atau pilih program studi untuk melihat hasil akreditasi dari prodi.

2. Kedua, ketikan nama kampus yang akreditasinya akan dicek. setelah itu akan muncul status akreditasi mulai dari nomor SK, masa berlaku dan nilai akreditasinya. Untuk pengecekan akreditasi prodi, ketikan nama kampus dan program studinya.

Nah itulah tata cara download Sertifikat Akreditasi BAN-PT dan penjelasan lengkap mengenai Akreditasi Perguruan Tinggi. Semoga informasi ini bermanfaat.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar