Cara Aman dan Benar Memasang Kabel Listrik ke Steker

0
Cara memasang kabel listrik ke Steker jual steker
Image: kompas.com

Cara memasang kabel listrik ke Steker – Bagi yang awam atau yang kurang begitu mengerti mengenai instalasi listrik namun ingin belajar bagaimana cara menyambung kabel listrik ke steker, bacalah artikel ini lebih lanjut.

Terdapat sejumlah bentuk steker yang tersedia di pasaran namun prinsipnya tetap sama ialah bagaimana caranya supaya aliran listrik dari stopkontak bisa tersambung dengan steker yang kemudian listrik pun bisa diteruskan oleh steker ke kabel.

Baca: Arti dan Fungsi Warna Kabel Instalasi Listrik

Terdapat dua jenis steker yang biasa dipergunakan serta dijual di toko peralatan listrik ialah steker berbentuk pipi serta steker berbentuk agak bulat.

Steker berbentuk pipih.

Steker ini hanya bisa disambungkan dengan 2 buah kabel yang terdiri dari kabel fasa/api/positif serta kabel negatif/netral. Kabel yang dipasang pada steker jenis ini ialah kabel serabut.

Cara memasang kabel listrik ke Steker berbentuk pipih.

  • Langkah pertama yaitu kupaslah kedua kabel hingga terlihat kawat tembaganya dengan panjang sekitar 1 cm, selanjutnya pilihlah kawat tersebut supaya memudahkan ketika memasang ke steker.
  • Buka sekrup steker menjadi 2 bagian.
  • Lilitkan kedua kabel yang sudah dikupas tersebut ke konektor yang ada di dalam steker kemudian kencangkan sekrupnya.
  • Pasanglah kembali kedua belah steker serta jangan lupa pasang kembali baut atau sekrupnya.
Steker berbentuk bulat(plus ground).

Steker jenis ini berguna untuk memasang tiga buah kabel yang terdiri dari kabel positif (Kabel Hitam), kabel negatif( kabel biru) serta kabel grounding atau kabel arede (kabel kuning atau kabel strip hijau).

Cara memasang kabel ke Steker berbentuk bulat(plus ground).

  • Siapkanlah kabel yang hendak disambung, kupaslah bagian ujung ketiga kabel tersebut hingga kawat tembaganya terlihat dengan pajang sekitar 1cm.
  • Buka badan atau bodi steker, selanjutnya lepaskanlah plastik pengunci kabel dengan cara melonggarkan kedua sekrupnya.
  • Longgarkanlah bau konektor yang terdapat pada ujung belakang jari steker serta baut pada plat yang berada di bagian tengah.
  • Masukkanlah kawat tembaga kabel biru serta kawat tembaga kabel merah ke konektor yang berada pada kedua jari steker.
  • Sambungkanlah kawat tembaga kabel kuning ke konektor yang ada di tengah kemudian kencangkan sekrupnya.
  • Jika tak memakai kabel arde atau grounding namun ingin memakai steker agak bulat ini maka yang tersambung ke konektor hanya 2 buah kabel saja, yang dipasang konektor asi sedangkan untuk konektor yang berada di tengah diabaikan saja.

Jenis steker berbentuk bulat digunakan untuk kabel berjenis serabut maupun tunggal, jika hendak menggunakan kabel serabut untuk dipasangkan ke steker jenis ini maka pilihlah kawat tembaganya yang tebal serta tak mudah lepas, supaya tidak terjadi korsleting listrik.

Untuk melihat berbagai steker dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali. Ralali jual steker dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar