Ini Dia Pelumas yang Bagus Untuk Mesin Industri

0
Ini Dia Pelumas yang Bagus Untuk Mesin Industri
Ini Dia Pelumas yang Bagus Untuk Mesin Industri

Produk pelumas, khususnya pelumas mesin industri terdiri dari beragam jenis. Keberagaman tersebut membuat sebagian orang menjadi bingung dalam menentukan pilihan. Setiap jenis produk pelumas menawarkan kelebihan tersendiri yang begitu menggiurkan, sehingga memilih salah satu yang terbaik menjadi sangat sulit dilakukan. Agar tidak salah pilih, berikut ini tips memilih pelumas untuk mesin industri.

Memilih Pelumas Untuk Mesin Industri

Ketahui Spesifikasi Pelumas Mesin

Cara yang paling mudah menentukan pelumas mana yang tepat untuk mesin industri adalah membaca buku petunjuk mesin itu sendiri. Carilah bagian yang berhubungan dengan spesifikasi pelumas yang dibutuhkan, ataupun bisa tanyakan langsung kepada ahlinya.

Sejumlah pakar akan mengetahui jelas teknologi mesin industri yang dipergunakan serta bisa mereferensikan spesifikasi pelumas yang terbaik. Perlu diketahui, pelumas yang terbaik bukanlah berdasarkan harga ataupun merek, melainkan dari spesifikasi pelumas yang dibutuhkan oleh mesin tersebut.

Kekentalan Pelumas

Dalam memilih pelumas, perhatikanlah kekentalannya. Misalnya SAE 30, SAE 40 dan lainnya. Kode tersebut adalah aspek kekentalan pelumas yang diukur pada temperatur kerja mesin, mulai dari 0 hingga 98,9 derajat celcius. Kekentalan oli yang dipengaruhi pergantian temperatur disebut tipe single grade. Semakin rendah angka SAE pelumas tersebut, maka akan semakin encer. Sementara, jenis pelumas yang kekentalannya tidak dipengaruhi oleh perubahan temperatur disebut multigrade.

Sertifikasi API

Perhatikanlah sertifikasi API atau American Petroleum Institute. Sertifikasi ini menguji mutu produk pelumas dan hingga kini tetap menjadi rujukan dunia. Untuk mempunyai sertifikasi API, setiap produk pelumas mesti melakukan serangkaian pengujian laboratorium serta pengujian pada mesin. Hanya pelumas yang lolos uji saja yang akan memperoleh sertifikasi ini.

Rating

Terakhir, perhatikanlah ranting pelumas tersebut. Biasanya ranting pelumas ditandai dengan huruf alfabet mulai dari A hingga L. Pelumas dengan ranting A menandakan mutu pelumas tersebut paling rendah, sedangkan L paling tinggi.

Untuk melihat bermacam pelumas, kunjungi Ralali.com. Ralali.com jual pelumas murah terlengkap dengan varian merk, tipe, dan harga yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar