Perhatikan Hal Ini saat Melepas das Memasang Ban

0
Perhatikan Hal Ini saat Melepas das Memasang Ban
Image: mobil.otomotifnet.com

Perhatikan Hal Ini saat Melepas das Memasang Ban – Kegiatan melepas dan memasang ban yang besar pada kendaraan berat yang dipakai di bidang pertambangan bisa berpeluang menyebabkan kecelakaan, entah itu yang berdampak kerusakan alat, cidera ringan bahkan bisa sampai kematian. Kegiatan yang bisa menyebabkan bahaya dalam bongkar pasang ban ialah Compresed Ar, Manual Handling, Ledakan ban, kebisingan serta lentingan rim.

Compressed Air

Bagian yang sangat bersisiko terhadap bahaya penggunaan udara bertekanan ialah bagian mata, sebab mata sangat rentan terhadap kecepatan angin yang bertekanan ataupun rentan terhadap material yang terlempar karena tekanan udara tersebut semisal debu, serpihan besi kecil, oli dan yang lainnya.

Untuk mengantisipasinya sebaiknya lakukanlah pengecekan pada alat pengukur tekanan tersebut. Pemeriksaan lebih baik dikerjakan oleh seseorang yang benar-benar kompeten di dalam pemeriksaan tekanan ban.

Manual Handling

Jangan sampai melakukan pengerjaan bongkar pasang ban seorang diri, di dalam pekerjaan bongkar pasang ban, unit besar akan berinteraksi dengan banyaknya beban yang berat semisal Velg dan ban,  Ban HD ataupun OHT adalah ban yang digunakan oleh truk besar yang berkapasitas lebih dari 100 ton tentunya tidak akan bisa diangkat oleh seorang diri saja, dan orang terkuat pun belum tentu bisa mengangkatnya. Pakailah alat mekanis khusus guna melakukan pengangkatan serta pemindahan ban.

Exploding Tyre

Ledakan ban terhadap unit besar ini menjadi suatu kondisi yang amat menakutkan, sejumlah kasus ledakan dibarengi dengan lengingan Velg ban. Di Indonesia pernah terjadi kecelakaan di salah satu kontraktor pertambangan batu bara karena meledaknya ban HD ketika pemompaan. 4 orang mekanik meninggal dunia karena terhantam lentingan Ring Velg. Pakailah baut serta ring yang asli (original), jangan pernah mengganti baut dan ring ataupun Spare Part dengan yang bajakan atau imitasi.

Noise

Para pekerja bisa terpapar kebisingan ketika melakukan perbaikan pada ban, kebisingan kerap diakibatkan karena pemakaian impct ataupun wrenches yang dipakai guna membuka serta mengencangkan baut. Pakailah alat pelindung untuk telinga (Eye Protecion) yang bertujuan untuk mengurangi kebisingan yang masuk ke dalam sistem pendengaran.

Bahaya-bahaya tersebut tentunya sangat mengancam keselamatan setiap pekerja, akan tetapi bahaya di dalam pekerjaan perbaikan ban dan pekerjaan yang lain tentunya bisa diminimalkan dengan mengikuti prosedur penggantian ban yang benar, serta memakukan pengecekan kelayakan peralatan dan perlengkapan yang dipakai.

Pakailah alat pelindung diri (APD) yang sesuai dengan standar ketika melakukan pekerjaan yang berisiko terhadap kecelakaan.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.