Tahukah Kamu Perbedaan Pengusaha & Entrepreuner?

0

Iniloh Perbedaan Pengusaha dan entrepreneur ?

Banyak yang mengira pengusaha dan entrepreneur itu sama. Ya memang sekilas seperti dua kata yang memiliki arti yang serupa ya.

Namun seorang pengajar di School of Business Management, Institut Teknologi Bandung, Dwi Larso, Ph.d, mengatakan kalau keduanya memiliki perbedaan tipis yang terkadang sulit dipisahkan. Nah loh jadi bertanya – tanya kan kamu yang mana nih? Atau apa sih perbedaannya? Temukan perbedaanya disini 

Tujuan

Perbedaan pengusaha dan entrepreuner
Source: Pixabay

Buat kebanyakan pengusaha, bisnis berarti memberi keuntungan, membuat keuangan lebih stabil, dan ujung-ujungnya ya financial freedom. Namun ada juga beberapa pelaku bisnis juga yang lebih fokus pada pekerjanya dan kepuasaan pelanggan mereka.

Berbeda dengan entrepreneur yang ingin merintis bisnis untuk memberikan perubahan pada lingkungan sekitar. Biasanya entrepreneur akan menjalankan usaha pilihannya dengan passion, dan mengedepankan proses bukan hanya hasil.

 

Ide

Ide anti mainstream
Source: Pixabay

Perbedaan yang mencolok antara pengusaha dan entrepreneur lainnya adalah jika yang satu sisi membuat bisnis dari ide atau produk yang sudah ada, seperti waralaba atau ritel atau nggak jarang juga mereka mengikuti trend bisnis yang sedang naik daun.

Lain dengan entrepreneur yang adalah penemu dan pencipta produk dengan ide orisinil. Orang-orang ini rela memberikan waktu, uang, hingga tenaga untuk menghasilkan gagasan baru, dan ide yang unik.

Risiko

Berani Mengambil resiko
Source: Pixabay

Tidak ada keberhasilan yang bisa dicapai tanpa pengorbanan, dan selalu ada risiko di balik keputusan yang akan diambil. Hal yang sama juga berlaku dalam dunia bisnis.

Bedanya disini adalah jika pengusaha selalu melakukan perhitungan dalam urusan bisnis. Berbanding terbalik dengan entrepreuner yang suka mengambil risiko dan mencoba hal-hal anti mainstream.

Nggak peduli waktu dan uang yang mereka keluarkan untuk mengejar mimpi mereka. Apa yang dilakukan selalu dipenuhi dengan semangat, dan cinta. Hmm, Tak heran jika orang-orang seperti ini bisa mencapai kesuksesan yang lebih besar.

BACA JUGA: Merasa cocok jadi pebisnis, kenali 7 tandanya berikut ini

Waktu

Time Manajemen
Source: Pixabay

Bagi seorang pengusaha waktu adalah uang. Dia akan selalu menggunakan waktu sebaik mungkin, dan memastikan tidak ada pekerjaan atau kegiatan yang tertunda. Sebaliknya entrepreuner suka bekerja, mengulik sesuatu hingga mendetail, dan membutuhkan waktu lebih lama untuk menyempurnakan produknya.

Definisi Sukses

Menuju kesuksesan
Menuju kesuksesan

Hasil dan kebahagiaan orang-orang sekitarnya seperi karyawan, pelanggan, investor dan komunitas merupakan definisi sukses seorang pengusaha. Namun jika kamu menanyakan apa arti kesuksesan pada si entrepreuner, mereka akan menjawab proses dan perjalanan, yang memberi kepuasaan tersendiri pada diri mereka.

Sikap Saat Bekerja

Bisnis yang menguntungkan
Bisnis yang menguntungkan

Perbedaaan pengusaha dan entrepreuner yang terkahir akan dintunjukan dari sikap mereka saat bekerja. Kalau pada umumnya pengusaha akan bertindak wajar dan mementingkan kepentingan-kepentingan lain yang yang bisa menguntungkan. Berbeda dengan entrepreuner sejati yang fokus pada bisnisnya dan tenggelam di dalamnya.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.