3 Hal yang Mempengaruhi Hemat Borosnya Kapasitas Hardisk CCTV

0
Kapasitas Hardisk CCTV jual dvr cctv
Image: www.cameras-cctv.com

3 Hal yang Mempengaruhi Hemat Borosnya Kapasitas Hardisk CCTV – Bagaimana rasanya apabila baru membeli Hard Disk cctv sekitar 3 bulan yang lalu untuk dipasang di CCTV namun kapasitasnya sudah penuh, padahal kapasitas Hard Disk tersebut ialah 1 TeraBytes atau 1 TB. Dengan kapasitas 1 TB tersebut, secara teori bisa menyimpan sekitar 300 jam video dengan kualitas terbaik, akan tetapi baru berapa Minggu kapasitasnya sudah penuh, mengapa demikian  ?

Baca: 7 Cara Merawat DVR CCTV Agar Tidak Mudah Rusak

Kejadian seperti ini mungkin banyak terjadi pas sejumlah pengguna CCTV serta banyak pula yang bertanya mengapa Hard Disk kamera CCTV saya cepat penuh. Dalam artikel ini akan membahas mengenai penyebab borosnya Hard Disk penyimpanan rekaman Kamera CCTV.

Terdapat 3 hal yang menjadi faktor mengapa Hard Disk CCTV cepat penuh, antara lain gelap terangnya gambar, resolusi lensa, serta seberapa aktifnya aktivitas ruangan yang dipantau CCTV tersebut.

1.Gelap atau Terangnya Gambar

Mengenai gelap atau terangnya gambar menjadi penyebab yang bisa mempengaruhi Hard Disk CCTV cepat penuh. Sebaiknya setting lah kamera CCTV anda dengan modus Hitam Putih (grayscale). Sebab gambar dengan modus hitam putih akan lebih irit memori menyimpannya jika dibandingkan dengan gambar yang kaya warna.

2.Resolusi Lensa.

Tak hanya gambar saja yang menjadi penyebab permasalahan, namun resolusi lensa pun menjadi penyebabnya. Resolusi lensa kamera CCTV umumnya berukuran HD (1920 x 1080 pixel), ukuran HD 720p (1280 x 720 pixel), serta ukuran (960 x 576 pixel). Untuk menghemat Hard Disk pilihalah resolusi yang paling rendah, semakin besar resolusi tersebut maka akan semakin besar pula ukuran penyimpanannya.

3.Aktivitas dari Ruangan yang Diawasi Kamera CCTV

Kamera CCTV yang tersambung dengan Digital Vidio Recorder (DVR) untuk CCTV analog serta Network Vidio Recorder (NVR) untuk IP Caera akan beri sistem sensor Mode Motion (sensor gerak). Sensor Mode Motion ini berfungsi supaya kedua perangkat tersebut bisa optimal dalam merekam situasi ruangan sewaktu ada aktifitas di sekitar area yang dipantau.

Baca: Tips Memilih DVR untuk CCTV

Semakin banyak aktivitas pada ruangan yang dipantau, maka DVR atau NVR  pun akan semakin sering menyimpan hasil rekamannya ke dalam Hard Disk. Hal ini akan membuat kapasitas Hard Disk cepat penuh.

Untuk melihat berbagai DVR CCTV dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali. Ralali jual DVR CCTV dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.